Mitsubishi Mirage Indonesia, Mobil Mungil dengan Fitur Berlimpah

CaruserMagz.com – Salah satu mobil small hatchback yang mengakomodir kebutuhan spesifikasi dan fitur-fitur yang berlimpah adalah Mitsubishi Mirage.

 
Mobil small-hatchback imut ini diperuntukkan untuk orang-orang muda yang dinamis, khususnya di perkotaan yang padat, alias jalannya sering macet.

 
Jika dulu pertimbangan kebanyakan orang membeli mobil adalah faktor fungsional dan kenyamanan saja, maka sekarang masyarakat modern khususnya kaum muda yang mengingankan kemudahan-kemudahan yang tidak hanya fungsional namun juga memberikan prestise. Sehingga fitur menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen untuk memutuskan mobil yang mana yang akan mereka beli.

 

Secara keseluruhan, design eksterior Mirage nampak biasa-biasa saja atau bisa dibilang cukup ketinggalan mengingat pada masa sekarang design mobil makin futuristik. Namun design yang simple tersebut memberi nilai tersendiri di mata konsumen. “Simple outside, but nice inside”. Design yang bermotif membulat tersebut dibuat agar mobil ini sangat aerodinamis dan faktor keamanan bagi pejalan kaki jika terjadi kecelakaan.

 

Mobil ini diproduksi di Thailand dan mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2012. Pada awalnya mobil ini dibuat tiga varian, yaitu Type GLX (bertransmisi Manual), GLS (Automatic) dan Exceed (Automatic dengan fitur terlengkap).

 
Pada tahun 2015, Mitsubishi melakukan facelift dengan penambahan fitur yang lebih banyak pada mobil ini dan menambahkan satu varian baru yang diclaim lebih stylist (bergaya), yaitu type Sporty yang merupakan type GLS dengan penambahan berbagai aksesoris sehingga nampak lebih jantan.

 

Spesifikasi umum Mitsubishi Mirage:

 
Dimensi:

Panjang   :  3,71 meter
Lebar      :  1,66 meter
Tinggi     :  1,51 meter
Jarak antar poros ban (Wheelbase)  : 2,45 meter
Ground Clearance : 16 cm
Berat Kosong : 865 kg (type otomatis) – 830 kg (type manual)

 
Mesin & Performance:

Type mesin   : 1,2 Liter, 3 silinder DOHC–12 valve
Tenaga          : 77 DK (Horse Power)
Torsi Max     : 10,2 kgm pada 4000 RPM
Transmisi      : Manual 5MT – Otomatis CVT

 
Bahab Bakar:

Kapasitas Tanki Bahan Bakar : 35 liter
Konsumsi Bahan Bakar  :  +12 km/liter (Dalam Kota)  –  +22 km/liter (di jalan tol).

 

Sfesifikasi umum tersebut ada pada semua type Mitsubishi Mirage, sedangkan untuk fitur-fitur, ada yang sama pada semua type dan ada pula yang hanya pada type tertentu saja. Fitur-fitur tersebut antara lain:

 

Sektor Keamanan (Safety):

 
System pengereman ABS+EBD (Antilock Braking System), yang menjaga agar ban depan tidak terkunci saat mengerem secara mendadak.

Body dengan logam berkekuatan tinggi (high tensile metal), Mitsubishi mengklaim bahwa body Mirage mampu melindungi penumpang dalam kondisi kecelakaan berat.

SRS-Air Bags, pada Mirage yang di produksi pada tahun 2012 – 2014, Air Bags tersedia untuk pengemudi saja dan pada type GLS dan Exceed. Sedangkan untuk type GLX, fitur Air bags tidak disediakan.

High mounth stop lamp, fitur ini utuk memberi tanda pengereman yang lebih jelas pada pengemudi mobil lain di belakang.

 

Fitur dan Spesifikasi Eksterior:

 

Design Mitsubishi Mirage yang Aerodinamis

Design Aerodinamis, yang memberi kestabilan pada mobil. Mitsubishi melakukan uji wind thunnel untuk meminimalkan hambatan udara pada mobil ini.< Lampu kabut (Fog Lamp)

Spion Elektrik (Electric Miror), Pada Mirage keluaran tahun 2012-2014, spion belum dapat dilipat secara otomatis.

Velg Alloy 14 inc.

Antenna Luar di bagian belakang.

Rear Spoiler, untuk menambah aerodinamis, fitur ini tidak tersedia pada type GLX (manual).

Wiper kaca belakang, untuk membantu visibilitas kea rah belakang mobil. Fitur ini tidak ada pada beberapa competitor Mitsubishi Mirage.

 

Fitur dan Spesifikasi Interior

 

Interior Mitsubishi Mirage
Double Din Head Unit ( audio system) yang sudah dilengkapi CD Palyer, Radio, USB Port.

Pengaturan AC Digital untuk semua type, ini merupakan kelebihan Mitsubishi Mirage di banding kompetitornya. Satu-satunya kompetitor yang memiliki fitur ini adalah Nissan March, itu pun hanya pada type tertingginya.

Multy Information Display (MID) yang memuat banyak informasi penting, seperti: Rasio pemakaian bahan bakar, jumlah kilometer yang masih bisa ditempuh, Pengingat waktu service, dan indicator-indikator lainnya.

Keyles Operation system (KOS), termasuk tombol start-stop engine. ini merupakan fitur unggulan pada Mitsubishi Mirage.

Fitur Pengatur ketinggian setir (Tilt Steering) dan Pengatur Ketinggian Kursi Pengemudi (Seat Adjuster). Sehingga dapat disesuaikan dengan tinggi badan pengemudi.

Kursi yang tebal dengan kontur yang lembut dan cukup ergonomis. bentuk kursi yang semibucket membuat penumpang merasa nyaman.

Akomodasi ruang penyimpanan dan cup holder sangat mencukupi,  terutama pada kabin depan.

Kabin yang lega baik di baris pertama maupun baris ke dua. ruang kaki dan ruang kepala masih cukup memadai untuk penumpang dengan tinggi badan 180 cm.

Bagasi yang cukup memadai.

Warna Interior elegan, Door trim dan dashboard dua tone, hitam dan Putih Ivory. Ini merupakan fitur pembeda antara type exceed dengan yang lainya yang hanya satu tone warna, yaitu hitam saja.

 

Penambahan Fitur pada Mirage Facelift 2015

 

Facelift yang dilakukan Mitsubishi pada tahun 2015 tidak hanya perubahan pada bagian eksterior, namun juga dibarengi dengan penambahan fitur yang cukup banyak, antara lain:

 
Antena Pendek (Short Type Antena), Antena yang dipindah posisi dari depan ke bagian belakang dan diganti typenya menjadi lebih pendek.

Spion Lipat Otomatis (Retractable Back Mirror) ditambah lampu seins pada Spion, pada Mirage tahun 2012-2014, spion tidak bias dilipat otomatis dan lampu seins tidak ada pada spion.

Penambahan aksen chrom pada panel audio system, membuat interior mobil ini terasa lebih mewah.

Ukuran ban diperbesar,  dari 14 inc diganti dengan 15 inch serta dengan design velg alloy yang lebih sporty.

Penambahan Lampu Indikator Transmisi, fitur ini sangat membantu pengemudi dalam mengetahui posisi tranmisinya.

Penambahan ruang penyimpanan di bawah setir, pada Mirage sebelumnya space penyimpanan ini tidak ada.

 

 
Lampu penerangan ruang bagasi, fitur baru ini sangat membantu terutama di malam hari.

Dual SRS-Airbags (Type Exceed), pada edisi sebelumnya hanya ada single airbags.

 

Penambahan Varian Mirage Sporty

Sedangkan facelift pada bagian eksterior lebih banyak dilakukan untuk varian baru, yaitu type Sporty. Berikut perbedaan ekterior pada type sporty:
 

Perubahan pada bagian depan, Wajah Mitsubihi Mirage Sporty dibedakan dari type lain dengan grille yang dibuat seolah-olah lebih lebar. Namun sebenarnya ini hanya permainan warna saja.

Paling mencolok adalah tersematnya LDR yang menghiasi fog lamp, membuat tampilan mobil ini lebih macho.

Penambahan Side Visor langsung pada type sporty (bukan aftermarket).

Penambahan strip sticker yang ditarik dari lampu depan hingga ke bagain belakang. Sehingga dari samping dapat dibedakan bahwa mobil tersebut adalah type sporty.

Penambahan body kits yang menambah aura sporty pada bagian depan, samping dan belaka

Muffler cutter dengan aksen chrome.

 

Harga

 

Setelah membahas Sfesifikasi dan fitur, selanjutnya bagaimana dengan harga? berikut harga Mitsubishi Mirage pada akhir 2015:

 

Tahun
GLX
GLS
Sporty
Exceed
2015 (baru)
2014
2013
2012
157
110-120
105-115
100-110
168
110-125
120-130
110-120
174
N/A
N/A
N/A
179
130-140
125-135
120-130

 

Demikian spesifikasi, fitur, dan harga Mitsubishi Mirage. Semoga artikel ini membantu sobat yang sedang mencari informasi mengenai mobil ini. Bagi sobat yang masih remaja, tentunya cukup keren jika punya tunggangan dengan fitur selengkap ini. Bagi keluarga muda, mobil ini juga cukup layak untuk dipertimbangkan, terutama bagi sobat yang tinggal diperkotaan yang padat.

 

Mitsubishi Mirage bekas juga masih layak dipertimbangkan untuk sobat beli, karena umurnya pastinya belum terlalu uzur ditambah ketahanan mobil sekarang yang sudah baik.

 

Bagi sobat yang masih bimbang memilih mobil hatchback mana yang akan sobat beli, mungkin mau Membandingkan Small Hatchback dengan LCGC, silahkan sobat baca juga.

 
Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

4 thoughts on “Mitsubishi Mirage Indonesia, Mobil Mungil dengan Fitur Berlimpah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *