Mercedes AMG Project One, Hypercar Hybrid Bermesin F1 1000 HP

CaruserMagz.com – Mercedes akan memperkenalkan mobil sport hybrid barunya pada Frankfurt International Motor Show 2017, yaitu Mercedes AMG Project One yang diklaim sebagai mobil road legal pertama yang menggunakan powertrain jet darat Formula-1.
 
Mercedes sepertinya ingin menunjukkan, bukan hanya Ferrari dan Lamborghini yang bisa membuat mobil hypercar bertenaga hingga 1000 hp. Apa gunanya Mercedes AMG merajai ajang Formula-1 jika tidak menghadirkan mobil sport super cepat. Untuk itu, Mercedes Benz merancang Project One yang mengadopsi teknologi mobil F1 dalam sebuah sportcar yang bisa dikendarai di jalan raya.
 
Tenaga hypercar ini akan dimuntahkan dari mesin hybrid yang mirip dengan W08 F1, yang meliputi mesin 1.6-liter V6 yang dikombinasikan dengan 4 motor listrik.
 
Di depan ada dua motor listrik yang mampu berputar hingga 50.000 rpm sementara hypercar pada umumnya hanya 20.000 rpm, motor ke-tiga terintegrasi dengan mesin turbo, sedangkan motor ke-empat diintegrasikan langsung dengan dengan mesin bakar.
 

 
Masing-masing motor di depan menghasilkan tenaga hingga 160 hp (120 kW), Motor yang terintegrasi dengan combustion engine juga menghasilkan 160 hp, sedangkan motor listrik pada turbocharger menghasilkan 120 hp (90 kW), combustion engine-nya sendiri menghasilkan sekitar 400an hp, sehingga total tenaga yang dikumpulkan dari kombinasi tersebut adalah 1.000 hp.
 
Mercedes mengklaim bahwa turbo lag tidak ada lagi, bahkan dengan rancangan ini respon mesin jadi lebih cepat dibanding mesin naturally aspirated V8. Hal ini menjadi mungkin berkat sistem turbocharger-nya disupport oleh motor listrik, selain itu torsi awal disediakan motor listrik.
 

 
Road legal hypercar ini diklaim mampu melewati kecepatan 350 km/jam (217 mph), sedangkan untuk performa akselerasi, AMG Project One ini mampu menuntaskan 0 hingga 200 km/jam hanya dalam waktu 6 detik saja. Itu bukan 100 kpj, tapi catat, 200 kpj!
 
Tenaga buas tersebut disalurkan ke roda belakang melalui all-new automated 8-speed manual transmission yang dikembangkan khusus untuk Project One ini. Gearbox dioperasikan secara hidrolik  dengan pilihan mode otomatis dan manual, dimana mode manual dioperasikan melalui paddleship.

 
Untuk platform digunakan bodi monocoque serat karbon berkekuatan tinggi, dengan mesin dan transmisi terintegrasi juga memiliki fungsi menampung beban, karena keduanya benar-benar mendukung suspensi belakang.
 
Di dalam kabin ada sepasang layar hi-definition display berukuran 10 inci. Sedangkan lingkar kemudi dibuat flat pada bagian atas dan bawahnya, dengan tombol-tombol kontrol untuk mode mengemudi dan pengaturan suspensi, layar geser LED dan airbag. Ada juga AC, power window dan rear-view camera, karena tidak ada kaca untuk melihat kebagian belakang secara langsung.
 

 
Mercedes AMG Project One ini hanya dibuat sebanyak 275 unit untuk konfigurasi setir di sebelah kiri. Sedangkan harganya sekitar 2,7 Juta US Dollar (sekitar 36 Milyar Rupiah). Gilanya, semua unit tersebut sudah ludes terjual bahkan sebelum model prototipe-nya dipajang di Frankfurt Motor Show.
 
Namun lebih gilanya ternyata calon pemilik hypercar ini harus menunggu hingga 18 bulan ke depan, sekedar untuk melihat contoh versi produksinya, sedangkan waktu tunggu terima unitnya mungkin lebih lama lagi.
 
Pertanyaannya, adakah orang Indonesia yang membeli mobil ini? Toh harganya gak mahal-mahal amat (red:sok kaya), kan cuma 36 milyar, masih kalah sama LaFerrari Aperta yang katanya hingga 133 milyar rupiah. Tapi mungkin para juragan Indonesia yang suka menghambur-hamburkan uang tetap belum bisa memesan mobil ini, karena belum ada versi setir sebelah kanan.

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *