Mazda Sematkan Teknologi Listrik di Semua Mobilnya pada 2035

CaruserMagz.com – Mazda ingin semua mobilnya berteknologi listrik pada 2035 – Riwayat mesin bakar (combustion engine) pada industri otomotif makin mendekati ajalnya.

 
Banyak negara-negara di dunia mulai mengumumkan target waktu pelarangan mobil berbahan bakar minyak, termasuk Indonesia yang mulai berani bersuara mengikuti negara-negara Eropa seperti Prancis dan Inggris.

 
Ya, setiap teknologi ada masa kejayaan dan masa tenggelamnya. Apalagi dengan makin cepatnya perkembangan teknologi, membuat lompatan perubahan makin singkat.

 
Kita tidak tahu akan seperti apa teknologi di berbagai bidang dalam 5 atau 10 tahun ke depan, jika mengingat 10 hingga 15 tahun ke belakang, semua kenyataan yang kita saksikan sekarang masih berupa hayalan atau hanya ada di film fiksi ilmiah.

 
Namun bagi pelaku bisnis teknologi, mereka tentu sudah mengetahui akan seperti apa masa depan industri mereka, karena setiap tahapan perubahan adalah hasil rancangan mereka sendiri. Banyak faktor yang terus mendorong perkembangan teknologi, seperti persaingan bisnis yang kian ketat, masalah lingkungan hidup yang makin terancam kelestariannya atau tuntutan kemudahan hidup bagi masyarakat modern.

 
Pelarangan mesin berbahan bakar minyak baru dideklarasikan oleh pemerintah beberapa negara. Namun ternyata kampanye tersebut mulai mendapat sambutan dari industri otomotif.

 
Adalah Mazda, pabrikan mobil mewah asal Jepang yang memberikan pernyataannya pada Global Tech Forum di Frankfurt, Mazda mengumumkan bahwa mulai tahun 2035, semua mobil Mazda akan berteknologi listrik dan autonomous dalam berbagai cara. Itu artinya 5 tahun lebih cepat dari target beberapa Negara di Eropa untuk melarang mesin bakar, yaitu tahun 2040.

 
Namun pengimplementasian teknologinya dalam produk komersil akan bertahap, antara lain dalam bentuk mobil mild-hybrid, plug-in hybrid dan mobil yang sepenuhnya berpenggerak tenaga listrik (Fully Electric Vehicles). Namun Mazda tidak punya rencana untuk mengembangkan teknologi Fuel-Cell (Mobil Cell Hidrogen).

 
Baca juga: 5 Mobil Terbaru Mazda Indonesia 2017

 
Berikut tahapan pengembangan produk mobil listrik Mazda:
2019: Penyematan teknologi Mild-Hybrid pada mobil-mobil terbaik Mazda dan peluncuran mobil Mazda all-electric battery EV untuk pertama kali. Model all electric vehicle yang juga dilengkapi pilihan bermesin rotary range extender tersebut akan diperkenalkan pada tahun 2018.

 
2021: Peluncuran model dengan teknologi plug-in hybrid. Regulasi di beberapa negara konsumen utama Mazda menjadi alasan mengapa mobil Full Electric lebih dulu diluncurkan dari plug-in hybrid.

 
Dalam tahapan peralihan ke teknologi full electric di tahun 2035, Mazda masih akan mengembangkan teknologi mesin bakarnya. Pada tahun 2019, Mazda berencana meluncurkan mesin bensin super efisien dengan nama SKYACTIV-X. Teknologi mesin tersebut diklaim menghasilkan peningkatan torsi hingga 30% dengan konsumsi bahan bakar lebih hemat 20%.

 
Selain itu, Mesin Diesel Mazda juga masih akan dikembangkan, generasi baru dari SKYACTIV-D direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2020.

 
Autonomous car juga dalam pengembangan oleh Mazda, direncanakan pada tahun 2020, Mazda sudah mulai melakukan uji jalan mobil automonous mereka, dengan target sistem autonomous tersebut sudah tersedia pada tahun 2025.

 
Alasan paling besar dari peralihan teknologi mesin bakar ke sumber tenaga listrik adalah masalah lingkungan hidup yang kian terancam dengan polusi udara akibat emisi pembakaran minyak. Berbagai kota besar di Eropa makin mengkhawatirkan tingkat racun di udaranya, karena jumlah mobil berbahan bakar minyak kian membengkak.

 
Dengan beralih ke teknologi listrik, permasalahan polusi udara bisa difokuskan ke industri pembangkit listrik saja. Belum lagi listrik juga bisa dihasilkan dari sumber yang bersih dari polusi, seperti dari tenaga surya, panas bumi dan lain sebagainya. Sedangkan mobil-mobil di jalan raya tidak lagi mengeluarkan emisi dan juga tidak lagi menghasilkan kebisingan.

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

2 thoughts on “Mazda Sematkan Teknologi Listrik di Semua Mobilnya pada 2035

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *