KIA All New Picanto 2017 Generasi ke-3 Debut Global di Geneva Motor Show

CaruserMagz.com – KIA All New Picanto generasi ke-3 resmi diluncurkan untuk pasar Eropa pada ajang Geneva Motor Show 2017. Small hatchback cantik asal pabrikan Korea Selatan ini rencananya akan mulai dijual di Eropa pada quartal ke-2 (Q2) 2017.

 

Seperti yang telah beredar di media sebelum peluncuran resmi ini, penampilan KIA Picanto mengalami ubahan cukup signifikan dan menjadi lebih kekinian. Sehingga banyak yang menyebutnya sebagai perubahan yang evolusioner.

 

Perubahan desain tersebut dipimpin langsung oleh pusat desain KIA di Namyang, Korea Selatan dan disupport oleh pusat desain KIA di Frankfurt, Jerman.

 

 

Secara dimensi, KIA Picanto baru ini tidak berbeda dengan generasi sebelumnya, yaitu 3595 x 1595 x 1485 mm untuk panjang x lebar x tinggi. Panjang keseluruhan sama persis dengan All New Picanto Picanto lama, namun wheelbase menjadi lebih panjang 15 mm. Penambahan wheelbase ini akan berdampak positif pada kelegaan kabin, khususnya ruang kaki pada baris kedua.

 

Eksterior

 

Perubahan yang nampak jelas pada tampilan eksterior All New Picanto 2017 ini antara lain: keseluruhan wajah yang berubah menjadi lebih stylist seperti bentuk lampu utama, grill tiger nose yang terintegrasi dengan lampu, grill radiator trapezoidal dan foglamp housing yang vertical. Jeroan lampu depan dan belakang terlihat lebih modern dengan LED dan Projector headlight. LED berbentuk huruf C pada lampu belakang membuat New Picanto ini lebih mudah dikenali.

 

Kia Picanto generasi baru 2017
KIA All New Picanto pada Geneva Motor Show 2017 – Foto oleh IndianAutosBlog
Hal yang baru lainnya adalah shark fin antenna pada bagian atas belakang mengikuti style kekinian dan desain velg yang dulunya 5 spoke dirubah menjadi 4 spoke, walau dengan bentuk yang mirip dengan All New Picanto generasi pertama.

 

Interior

 

Perubahan revolusioner juga terjadi dibagian dalam KIA New Picanto 2017. Bentuk dashboardnya mengikuti tren hatchback modern seperti pada KIA Rio 2017 dan Mazda-2, yaitu keberadaan monitor touchscreen 7-inchi, yang seperti ditegakkan di center cluster. Infotainment system tersebut mensupport Apple-CarPlay dan Android-Auto.

 

Kia new Picanto generasi baru 2017 interior dashboard
Kia new Picanto 2017 dashboard

 

Dashboard dinaikkan hingga 15 mm lebih tinggi dari versi sebelumnya, sehingga didapatkan ruang kaki penumpang depan yang lebih lega, hal ini wajar saja untuk mengakomodir postur tubuh orang Eropa yang rata-rata cukup tinggi. Kapasitas bagasi juga menjadi lebih luas, yaitu bertambah menjadi 255 liter dari Picanto lama yang hanya 200 liter. Dengan melipat kursi baris kedua, kapasitas bagasi mencapai 1.010 liter.

 

Hal menarik lainnya antara lain lingkar kemudi yang terlihat lebih stylist dengan balutan kulit dan berbagai tombol control seperti audio, tombol untuk mengangkat telpon yang terkoneksi, MID control dan lain sebagainya. AC digital otomatis dengan tombol control ala kokpit pesawat juga membuat suasana mewah. Tampilan MID dan clustermeter dibalik lingkar kemudi nampak lebih stylist dan modern.

 

Bahan interior berkualitas tinggi juga terlihat jelas menjadi pakem KIA sejak dulu. Pada doortrim sudah diberi kombinasi warna two-tone, layaknya pada dashboard dan sekeliling tuas transmisi.

 

Mesin

 

KIA Picanto 2017 ini ditawarkan dengan 3 pilihan mesin. Mesin paling kecil adalah mesin 1-liter MPI Naturally Aspirated Petrol yang menghasilkan tenaga maksimal 67 PS dan torsi 96 Nm. Untuk tipe menengah masih dengan kapasitas seperti versi lama, yaitu 1,25-liter MPI Naturally Aspirated Petrol engine bertenaga maksimum 84 PS dan torsi 122 Nm. Kedua tipe tersebut disediakan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

 

Pada tipe tertinggi, ditenagai mesin 1.0-liter T-GDI berteknologi turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 100 PS dan torsi hingga 172 Nm. Pada tipe ini hanya tersedia transmisi manual 5-percepatan. Namun Picanto bermesin turbo ini akan mulai dijual lebih telat, yaitu pada quartal terakhir 2017.

 

Belum ada berita dari KIA Motor Indonesia, apakah Picanto generasi ke-tiga ini akan segera masuk ke Indonesia. Kemungkinan besar Picanto ini juga akan mengaspal di Indonesia, mengingat ini adalah mobil KIA terlaris di Indonesia.

Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

One thought on “KIA All New Picanto 2017 Generasi ke-3 Debut Global di Geneva Motor Show

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *