Kelebihan Kekurangan Ban Radial, Alasan Memilih Ban Radial

CaruserMagz.com – Ada dua jenis utama ban mobil, yaitu ban radial dan ban bias. Perbedaan kedua jenis ban tersebut ada pada core design atau pola alur dan bahan penguat ban. Dinamakan ban radial, karena alur lapisan-lapisannya diatur secara radial atau 90 derajat terhadap arah putaran ban.

 

Ban radial pertama kali dikembangkan oleh Michelin pada tahun 1946, awalnya dikomersialkan oleh Michelin untuk mesin pertanian. Namun pada perkembangannya justru ban radial menjadi lebih dominan baik untuk kendaraan alat berat maupun kendaraan penumpang.

 

Jika pada ban biasa, lapisan ban dibuat sama untuk semua sisi, maka ban radial lebih memfokuskan kekuatannya pada area ground yang bersentuhan dengan jalan, sedangkan sisi samping dibuat lebih fleksibel untuk mendapatkan daya pegas dan kenyamanan.

 

Ada banyak kelebihan ban radial yang membuatnya lebih disukai dan lebih populer untuk berbagai jenis kendaraan. Namun ada juga beberapa kekurangan atau kelemahan dari ban radial ini. Berikut daftarnya:

 

 

KELEBIHAN BAN RADIAL

 

1. Bagian sisi samping lebih fleksibel – Memberi kenyamanan pada penumpang mobil. Tidak seperti ban biasa yang bagian sampingnya lebih keras membuat ban lebih kaku.

 

2. Membantu lebih menghemat bahan bakar – Karena alur lapisan ban searah dengan arah perputaran ban, energi dari mesin tersalurkan dengan lebih efisien pada ban, berkat grip ban yang lebih smooth pada jalan.

 

3. Ban radial lebih kokoh menahan kondisi jalan yang tidak rata – Lagi-lagi karena alur ban yang tidak kontras dengan alur putaran, ban radial tidak cepat rusak di medan jalan yang hambatannya lebih tinggi.

 

4. Mobil terasa lebih bertenaga – Karena ban radial mentransfer energi dengan baik ke jalan. Hal inilah yang juga berkontribusi pada kehematan bbm.

 

5. Menghasilkan lebih sedikit panas pada kecepatan tinggi – Karena penyaluran energi dari ban ke jalan yang lebih smooth, gesekan ban dan jalan diminimalisir.

 

6. Menghasilkan traksi yang lebih baik – daya cengkeramnya lebih baik ke jalan.

 

7. Menghasilkan getaran yang lebih minim – karena fleksibelitas yang baik pada sisi samping.

 

8. Laju kerusakan dan pemadatan lebih lambat – karena kontur lapisannya yang dibuat kokoh pada sisi ground ban.

 

9. Bagian ban yang kontak dengan jalan lebih kuat – merupakan karakteristik ban radial karena desain serat dan kawat baja-nya.

 

10. Meningkatkan stabilitas mobil – Karena ban radial dirancang untuk mendapatkan kontak yang maksimum dengan jalan.

 

11. Mengabsorbsi hentakan lebih baik dari ban biasa – sisi samping ban berfungsi seperti shock breaker.

 

12. Memaksimumkan load kapasitas mesin – karena struktur ban yang lebih kuat.

 

13. Usia pakai lebih lama – sehingga membantu menghemat budget penggantian ban.

 

14. Mengurangi biaya operasional – karena membantu lebih menghemat bbm dan lifetime yang lebih lama.

 

15. Biaya perawatan ban yang lebih murah.

 
Baca juga:
Ciri Ban sudah harus Diganti
Mengapa Pake Nitrogen untuk Ban lebih baik dari Udara Biasa
 
 

KEKURANGAN BAN RADIAL

 

Kekurangan ban radial jauh lebih sedikit dibandingkan berbagai kelebihannya. Namun sebaiknya kita mengetahuinya agar kita tidak menganggap kekurangan tersebut sebagai tanda ban tidak normal. Berikut beberapa hal yang jadi kelemahan ban radial:

 

1. Ban radial lebih brisik – karena tread-nya lebih keras dari ban biasa.

 

2. Ban radial punya sabuk baja yang kurang bersahabat dengan kondisi jalan yang banyak benjolan tajam.

 

3. Bagian sisi samping tidak sekokok ban biasa, sehingga lebih rentan jika mengalami kontak yang keras dengan benda keras seperti trotoar jalan atau lainnya.

 

Apakah ban radial lebih bagus?

 

Dengan berbagai kelebihannya, tentu ban radial lebih bagus dari ban bias. Karena ban radial punya kekuatan, fleksibilitas baik yang memberi kenyamanan, daya tahan dan kemampuannya menyerap hentakan dengan jalan.

 

Memang ban radial lebih mahal, namun itu sepadan dengan kualitas dan kelebihan-kelebihannya, sehingga dalam waktu lama, sebenarnya ban radial lebih menghemat biaya. Karena ban ini membantu menurunkan konsumsi bbm dan usia pakai yang lebih lama.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *