Inggris Larang Mobil Diesel dan Bensin Mulai Tahun 2040

CaruserMagz.com – Negeri Britania Raya atau sering disebut United Kingdom (UK) akhirnya mengikuti jejak Prancis terkait penjualan mobil berbahan bakar minyak. Yakni target waktu pelarangan mobil diesel dan bensin.

 

Kerajaan Inggris tersebut telah mengeluarkan pengumuman bahwa mereka akan melarang penjualan mobil bensin dan diesel mulai tahun 2040, untuk memperbaiki kualitas udara dari polusi yang makin menggila.

 

Seperti dilaporkan The Guardian (25/7), pemerintah Inggris mengatakan bahwa pelarangan ini juga termasuk untuk mobil hybrid, karena masih menggunakan mesin bakar. Jadi kemungkinan Inggris hanya membolehkan mobil listrik sepenuhnya (Electric Vehicles).

 

Menurut juru bicara pemerintah, program ini akan membantu mengatasi masalah kesehatan masyarakat negara tersebut. Kementrian terkait mengatakan bahwa polusi udara telah mengakibatkan penurunan produktivitas senilai £ 2,7 miliar setiap tahunnya.

 

“Kualitas udara yang buruk adalah risiko lingkungan terbesar terhadap kesehatan masyarakat di Inggris dan pemerintah bertekad untuk mengambil tindakan tegas dalam waktu sesingkat mungkin,”

 

“Itulah sebabnya kami menyediakan dewan dengan dana baru untuk mempercepat pengembangan rencana lokal, sebagai bagian dari program ambisius £3 miliar untuk membersihkan udara kotor di sekitar jalan kami,” ujar juru bicara pemerintah Inggris.

 

Rancangan program ini akan diumumkan pada akhir bulan Juli 2017. Sebelum menerapkan pelarangan tersebut, Inggris akan menerapkan beberapa langkah lain untuk meningkatkan kualitas udara, termasuk memperbaiki sarana transportasi umum dengan mesin yang lebih bersih. Pelarangan penjualan mobil diesel dan bensin akan sepenuhnya diberlakukan mulai tahun 2040.

 

Pemrograman ulang lampu lalu lintas juga termasuk dalam rencana lokal, dengan memberi dana pada dewan sebesar £255 juta, untuk membantu mempercepat usaha tersebut. Skema penghancuran kendaraan tua yang ditargetkan juga diharapkan ada dalam program ini.

 

Ada juga usulan untuk memberlakukan Clean Air Zone dengan denda yang dikenakan pada kendaraan tua dan paling berpolusi. Namun pemerintah menginginkan pembebanan pajak yang lebih tinggi sebagai solusi terakhir, ketimbang menghukum pengendara.

 

Dengan jumlah kendaraan yang terus meningkat, UK dan Eropa menjadi belantara asap yang kian parah. Sehingga sangat wajar pemerintah mereka mengambil langkah ekstrim, demi kelangsungan hidup peradabannya.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

One thought on “Inggris Larang Mobil Diesel dan Bensin Mulai Tahun 2040

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *