Datsun Cross Diluncurkan 18 Januari 2018, LCGC SUV Pertama di Indonesia

CaruserMagz.com – Mobil SUV Datsun pertama akan segera meluncur di Indonesia. Pihak Datsun Indonesia sudah memastikan tanggal peluncuran Datsun Cross pada kamis 18 Januari 2018. Ya Namanya ternyata “Datsun Cross” bukan Datsun Go Cross seperti yang banyak diperkirakan media sebelumnya. Embel-embel “Go” dihilangkan, kemungkinan untuk menegaskan bahwa mobil ini benar-benar berbeda dari pendahulunya yang bergenre MPV dan hatchback.

 
Eiichi Koito, selaku President Director of PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dalam siaran resmi, menegaskan bahwa Datsun Cross merupakan mobil dengan segmen baru di Indonesia. Jadi diharapkan dia belum punya saingan di pasar otomotif Indonesia.

 
”Datsun Cross akan mengawali perjalanan baru dari segmen baru Datsun di Indonesia,” kata Eiichi Koito (2/1/18).

 
Masih menurut Kioto-san, Datsun Cross ini dibuat berdasarkan ekspektasi konsumen Indonesia yang menginginkan mobil yang stylist, fungsional dan merupakan wujud komitmen Datsun pada pelanggannya di Indonesia.

 
“Mobil ini adalah wujud semangat baru brand value Datsun yang ‘unstoppable’, dan juga komitmen Datsun kepada pelanggan Indonesia,” kata Koito. ”Datsun Cross akan menjadi partner yang sesuai untuk gaya hidup pelanggan baru kami,” tambahnya.

 
Melihat dari tongkrongannya, mobil yang pertama kali dipamerkan sebagai konsep Datsun Go-Cross ini memang tergolong SUV atau crossover. Hal itu terlihat dari berbagai aksesoris khas SUV dan ground clearance-nya yang tinggi.

 

Perkiraan Harga

 
Uniknya mobil ini akan menjadi SUV 7-seater murah pertama di Indonesia, dengan level harga yang bersaing dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Karena menurut Kioto, Datsun Cross akan tetap berada di skema LCGC yang mendapat subsidi dari Pemerintah.

 
Kabar baiknya, Datsun juga akan menyediakan versi non-LCGC dari Datsun Cross, sehingga bagi konsumen yang menginginkan mobil ini dengan standar dan fitur lebih tinggi, bisa memiliki SUV 7-seater yang tetap tidak semahal brand lain.

 
Belum ada rilis resmi mengenai harga Datsun Cross, namun beberapa tenaga penjual telah memberikan bayangan perkiraan harga. yaitu berkisar 150 jutaan rupiah untuk tipe manual dan 170 jutaan untuk varian matic sebagai tipe termahal. Harga resmi kemungkinan akan diumumkan saat peluncuran pada 18 Januari 2018.

 
Jika perkiraan itu benar, makan Datsun Cross akan menjadi mobil Datsun termahal, bahkan lebih mahal dari pesaing paling dekatnya yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang berada pada rentang harga Rp. 110 – 150 jutaan.

 
Calon konsumen yang berminat pada mobil ini sudah bisa booking pemesanan di setiap diler resmi. Datsun Cross bisa menjadi alternative pilihan menarik karena segmennya baru, yaitu SUV 7-seater LCGC, berbeda dari Calya – Sigra yang merupakan MPV.

 

Perbedaan Datsun Cross dari  Go+ Panca

 
Jika kita perhatikan lebih detail, versi konsep Datsun Cross adalah Datsun Go+ Panca yang dipermak menjadi crossover. Garis-garis desainnya sama persis. Perbedaannya pada ukuran, pernak-pernik di wajah  dan aksesoris khas SUV pada bagian depan dan belakang.

 
Kabar baiknya mobil ini disebut akan memiliki banyak fitur kekinian, kabin yang lebih lapang dan kualitas interior yang lebih baik dari Datsun Go+ Panca. Artinya akan ada improvement signifikan jika dibandingkan dengan LCGC MPV 7-seater yang selama ini banyak dikeluhkan penggunanya sendiri. Semoga saja janji-janji itu benar dan tidak mengecewakan pemiliknya kelak.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *