Daihatsu Perkenalkan Mobil Konsep DN-Multisix Pembunuh Xpander, apakah ini Avanza-Xenia Masa Depan?

 

CaruserMagz.com – Menyaksikan kehadiran para kompetitor Avanza-Xenia di segmen low MPV seperti Xpander dan Mobilio, kita kira raksasa Astra Daihatsu-Toyota diam saja, karena seperti tak ada riak janji dari sang pabrikan mengenai akan seperti apa generasi selanjutnya duo MPV terlarisnya. Namun ternyata kita salah, tim desainer ADM terus bekerja menyiapkan generasi masa depan mobilnya.

 

Gelaran GIIAS 2017 menjadi ajang dipamerkannya hasil kerja tim desainer tersebut, Daihatsu memperkenalkan penampakan sebuah mobil konsep yang diberi nama DN Multisix Concept. Konsep ini merupakan MPV, membuat nalar kita tentu bertanya, apalagi kalau bukan calon bentuk baru dari si kembar Xenia dan Avanza di masa depan.

 

Hanya saja, jika kita lihat fascia depannya. hmm.. kami sedikit bingung, ini mobil Daihatsu ataukah Honda. Wajahnya mengingatkan kita pada Honda HR-V dengan solid wings-nya. Tapi lampu utamanya ada nuansa Xpander, yaitu menyipit tajam seperti lampu senja Xpander.

 

Bumper trapezoidal di bawah ditambah kisi-kisi udara di sisi samping bumper membuat wajah mobil ini seperti huruf X. Apakah terinspirasi dari Dyinamic Shield Design milik Xpander? Entahlah.. Ini jadi seperti mobil Honda yang di-Mitsubishi-kan. Tapi eh.. ini kan Daihatsu!!

 

Belum cukup disitu, kami menyaksikan aroma bokong dan pilar-C milik Honda Mobilio di mobil konsep ini. di bagian samping, jika saja kaca pada pintu baris kedua berundak, maka akan sangat mirip dengan Mobilio.

 

Lampu belakangnya mengingatkan kita pada lampu milik Honda BR-V. Jadi ini seperti konsep gado-gado dari berbagai saingan Avanza-Xenia. Seandainya mobil konsep ini dikeluarkan pabrikan China, mungkin langsung dibully gerombolan anak alay.

 

Penampakan Depan-Belakang Daihatsu DN-Multisix Concept - GIIAS-2017
Penampakan Depan-Belakang Daihatsu DN-Multisix Concept – GIIAS-2017

 

Hal yang terlihat menarik dari DN-Multisix Concept ini adalah desain velg yang terlihat gagah dan twin exhaust pipih di sisi kiri dan kanan bumper belakang. Selain itu, nampaknya dimensi mobil ini lebih besar dari Avanza dan Xenia.

 

Tongkrongan mobil konsep ini lebih beraura SUV ketimbang MPV, hal itu terlihat dari ground clearance yang terlihat tinggi dan bentuk belakang yang lebih gagah.

 

Namun petinggi Daihatsu tidak berani menyatakan bahwa ini adalah model untuk Xenia dan Avanza masa depan. Menurut Pradipto Sugondo, ‎Research & development Division Head PT ADM (10/8), pihaknya akan melakukan research dan survey pasar terlebih dahulu, baru diputuskan apakah ini akan menjadi next gen Xenia atau membuka segmen baru.

 

Sesuai namanya DN-Multi-six, mobil ini berkonfigurasi untuk 6-penumpang, bukan 7-penumpang seperti Xenia. Hal itu terjadi karena kursi baris kedua berdesain captain-seat sehingga hanya untuk 2 orang penumpang saja.

 

Dalam perkenalannya disebutkan juga bahwa mobil ini akan ditenagai mesin 1.500cc dan berpenggerak roda depan. Bukan roda belakang seperti Avanza. Jadi ada juga kemungkinan ini merupakan segmen baru karena banyak juga perbedaannya dengan duo Avanza-Xenia.

 

Apakah Avanza-Xenia akan naik kelas lagi seperti Toyota Innova, kemudian pertarungan segmen low MPV diamanahkan  pada versi produksi dari mobil konsep ini? Kita hanya bisa menebak-nebak, tentu Astra Group lebih tahu apa rencana mereka.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

2 thoughts on “Daihatsu Perkenalkan Mobil Konsep DN-Multisix Pembunuh Xpander, apakah ini Avanza-Xenia Masa Depan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *