Beda Toyota All New Rush Tipe G dan TRD Sportivo

CaruserMagz.com – Toyota All New Rush generasi kedua pada awal peluncurannya disediakan dalam 2 tipe, yaitu Tipe G dan TRD Sportivo. Masing-masing tipe tersebut tersedia dalam 2 pilihan varian berdasarkan transmisi, yaitu manual dan matic. Sehingga total ada 8 varian Toyota New Rush 2018. Artikel ini menjelaskan pada poin-poin apa saja beda New Rush tipe G dan TRD Sportivo.

 
Toyota All New Rush tipe G merupakan tipe standar atau termurah, sedangkan tipe TRD Sportivo adalah tipe termewah atau termahal. Namun demikian, kedua tipe ini memiliki fitur yang banyak dan value for money yang tergolong tinggi.

 
Perbedaan antara Rush tipe G dan TRD Sportivo hanya pada bagian-bagian tertentu, khususnya aksesoris dan fitur. Sebagai tipe termewah, Rush TRD Sportivo memiliki beberapa kelengkapan dan fitur yang tidak diberikan pada tipe G.

 

Beda Eksterior New Rush Tipe G dan TRD Sportivo

 
Baik tipe G maupun tipe TRD Sportivo sudah memiliki tampilan eksterior yang menarik. Beberapa hal kedua tipe ini sama, seperti garnish krom gelap pada grill depan, lampu full Advanced LED pada head lamp ditambah positioning LED, Integrated LED Rear Combination Lamp. Bagian yang berbeda dari eksterior tipe G dan TRD antara lain:

 

TRD Underguard

Pada Tipe TRD Sportivo, ada Tough Front TRD Underguard dan Sturdy Rear TRD Underguard, yaitu bahan beraksen silver pada bagian bawah bumper depan belakang yang berfungsi sebagai bumper protector. Bagian ini dibuat dari bahan yang kuat dan ada tulisan TRD dan list merah, sehingga menambah kesan sporty. Bagian ini tidak ada pada New Rush tipe G.

 

Side Body Moulding dan Sticker TRD Sportivo

New Rush tipe TRD Sportivo mudah dikenali dari sisi samping dengan hadirnya Striking Side Moulding berwarna hitam pada bagian tengah pintu samping. Selain membuat mobil terlihat lebih sporty, body moulding ini juga berfungsi melindungi pintu dari benturan dengan pintu mobil lain di parkiran. Hal lain yang membedakan adalah adanya sticker full hitam bertuliskan “TRD Sportivo” di bawah body moulding tersebut.

 

Tombol Smart Entry

New Rush tipe TRD Sportivo punya tombol kecil berwarna hitam pada handel pintu depan, yang merupaka smart entry system. Karena tidak ada lagi anak kunci dan pengguna mobil ini tidak perlu lagi menekan tombol remote untuk membuka pintu, cukup mengantongi smart entry device, lalu menekan tombol kecil tersebut.

 

Beda Desain dan Ukuran Velg

Kedua tipe memiliki sepatu yang berbeda, baik dari segi desain spoke, ukuran velg maupun ukuran ban-nya. Tipe TRD Sportivo punya ban berukuran 215/60-R17 (Velg 17 inci), sedangkan ban tipe G berukuran 215/65-R16 (velg 16 inci).

Beda Velg New Rush Tipe G dan TRD Sportivo
Beda Velg New Rush Tipe G dan TRD Sportivo

Desain velg tipe G adalah velg yang sama dengan Rush TRD Sportivo generasi sebelumnya, sedangkan New Rush TRD diberi velg dengan desain yang benar-benar baru, seperti pada gambar di atas.

 

Foglamp Housing

Pada tipe TRD Sportivo, rumahan lampu kabut dibalut housing dari plastik hitam, sehingga wajah Rush TRD terlihat lebih berotot, sedangkan pada tipe G bagian tersebut lebih simpel seperti yang ada pada Daihatsu Terios.

 
Baca juga: Fitur Safety All New Rush Tetapkan Standar lebih Tinggi di Kelasnya

 

Beda Interior Rush G dan TRD

Pada beberapa bagian, kedua tipe New Rush ini punya fitur dan kelengkapan interior yang sama, seperti, start-stop engine button, kamera parkir, pengaturan setir dan kursi pengemudi. Namun sebagai tipe tertinggi, TRD Sportivo punya beberapa kelebihan sebagai berikut:

 
Dashboard Soft Touch – Tipe TRD Sportivo dibuat lebih mewah dengan baluran bahan soft touch pada dashboardnya, sedangkan tipe G berbahan plastik biasa. Bahan soft touch ini juga ada pada doortrim tipe TRD Sportivo.

 
Head Unit – Kedua tipe sudah diberikan head unit layar sentuh, namun pada tipe TRD Sportivo HU sudah lebih canggih dengan berbagai fitur dan konektifitas seperti Bluetooth, navigasi, mirroring dan lain sebagainya.

 
Panel AC Digital – Tipe TRD Sportivo sudah dilengkapi panel AC digital dan otomatis, sedangkan tipe G masih dengan panel biasa.

 
Power Shocket – Pada New Rush tipe G, hanya ada 1 power shocket di kabin depan saja, sedangkap pada tipe TRD Sportivo, sudah disediakan pada setiap baris kabin.

 
Speaker – Tipe G dilengkapi 6 speaker (4 speaker dan 2 tweeter), sedangkan tipe TRD Sportivo memiliki 8 speaker (6 speaker ditambah 2 tweeter).

 
Tampilan Cluster Meter – Tipe TRD Sportivo punya cluster meter di balik lingkar kemudi yang terlihat lebih mewah dan modern.

 
Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Toyota All New Rush

 
Itulah beberapa perbedaan Toyota All New Rush tipe G dan TRD Sportivo pada eksterior dan interiornya. Perbedaan tersebut lebih kepada aksesoris dan fitur yang bersifat estetika serta infotainment. Sedangkan untuk fitur keselamatan dan performa, tidak ada beda pada kedua tipe New Rush ini. Keduanya punya standar yang tinggi untuk keselamatan, seperti adanya 6-airbag, VSC, HSA, Rem ABS+EBD dan Peringatan EBS.

 
Dengan perbedaan berbagai fitur dan kelengkapan tersebut, tentunya akan menyebabkan perbedaan harga. Namun sayangnya harga resmi dari Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios baru akan diumumkan pada awal 2018.

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *