9 Juta Unit Mobil Hybrid Toyota Terjual secara Global hingga Akhir April 2016

CaruserMagz.com – Mobil Hybrid Toyota – Mobil hybrid mungkin masih cukup asing di pasar otomotif negara kita, khususnya pada masyarakat awam. Mobil listrik atau hybrid masih merupakan kendaraan yang terlalu mahal bagi konsumen otomotif tanah air. Selain itu, infrastruktur yang masih sangat minim untuk memfasilitas mobil-mobil hybrid masih menjadi faktor utama.

 

Mungkin masih banyak yang bertanya, apa pengertian Hybrid? Teknologi Hybrid pada kendaraan adalah penggunaan tenaga listrik dengan memamfaatkan cell bateray layaknya bateray pada handphone. Namun karena digunakan untuk menggerakkan mobil, tentunya dibuat dengan kapasitas yang jauh lebih besar.

 

Ide teknologi hybrid ini awalnya adalah isu pencemaran lingkungan atau polusi udara akibat emisi gas beracun dari teknologi mesin pembakaran bahan bakar fosil (combustion engine) pada kendaraan. Mamfaat teknologi listrik pada kendaraan tentunya akan mengurangi polusi udara di jalan raya dan mengurangi kebisingan suara mesin secara signifikan.

 

Struktur Mesin dan Cell Listrik Toyota Hybrid
Struktur Mesin dan Cell Listrik Toyota Hybrid

 

Penggunaan teknologi hybrid pada mobil membantu mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil, karena listrik dapat dihasilkan tidak hanya dari bahan bakar fosil, tapi juga dari sumber daya terbarukan seperti pembangkit tenaga matahari, angin, air dan panas bumi.

 

Toyota Motor Corporation (TMC) telah mengambil peran yang besar pada perkembangan aplikasi teknologi hybrid di dunia otomotif selama bertahun-tahun. Mobil hybrid pertama yang dibuat Toyota adalah Hybrid EV Coaster, diluncurkan pada bulan Agustus 1997, tiga bulan sebelum Prius pertama diluncurkan ke pasar otomotif dunia.

 

Toyota baru saja mengumumkan bahwa penjualan kumulatif perusahaan kendaraan hybrid secara global telah mencapai 9,014 juta unit per tanggal 30 April, 2016. Bahkan penjualan 1 juta unit terakhir secara global didapatkan hanya dalam waktu 9 bulan.

 

Menurut perkiraan Toyota Motor Corporation, keberhasilan penjualan 9.014.000 unit kendaraan Toyota hybrid di seluruh dunia telah membantu mengurangi emisi gas CO2 sekitar 67 juta ton, di lain sisi juga telah menghemat 25 juta kiloliter bensin.

 

Toyota telah memperbanyak lineup mereka untuk 33 model mobil penumpang hibrida dan satu plug-in hybrid (PHV) dijual di lebih dari 90 negara. Toyota menambahkan lebih banyak varian mobil hybridnya, seperti: MPV Toyota Sienta Hybrid dan ‘ikon hybrid Toyota’ Prius generasi keempat di Amerika Serikat. Corolla, Levin dan juga meluncurkan hybrid lis RAV4 di China.

 

Untuk menambah luasnya penjualan mobil-mobil hybridnya, TMC telah mengumumkan kampanye pengurangan atau penghapusan kerusakan lingkungan yang diakibatkan emisi bahan bakar kendaraan dengan “Toyota Environmental Challenge 2050”. untuk mencapai tujuan tersebut, Toyota menargetkan penjualan mobil hybrid tahunan sebanyak 1,5 juta unit sampai ke 15 juta unit pada tahun 2020.

 

Semoga perkembangan teknologi yang ramah lingkungan ini bisa berkembang di Negara kita. Inovasi dan efisiensi pada industri otomotif sangat memungkinkan suatu saat kota-kota dinegara kita bebas dari polusi udara dan polusi suara di jalan raya.

 

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar