Tampang Mitsubishi Xpander Akhirnya Diumumkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

CaruserMagz.com – Low MPV dari Mitsubishi akhirnya resmi diperkenalkan ke publik pada Senin, 24 Juli 2017 jam 10:00 WIB di salah satu hotel ternama di Jakarta. Launching resmi ini dihadiri petinggi MMC Jepang, yaitu Kyoda Kondo selaku Presiden Direktur PT MMKSI dan juga Takaaki Kishii, Chief Product Specialist Product Strategy Division MMC Jepang.

 

Meskipun demikian, belum secara jelas disebut bahwa nama MPV baru ini adalah Expander. Pihak PT MMKSI masih menyebutnya Small MPV Mitsubishi. Begitupun mengenai spesifikasi detail, fitur dan harga, juga belum secara lengkap diumumkan. Mungkin untuk membuat penampilannya di GIIAS 2017 nanti tetap spesial dan punya makna kejutan.

 

Spesifikasi

 

Dalam perkenalan tersebut, beberapa informasi mengenai spesifikasi telah diumumkan. Antara lain adalah dimensinya yang berukuran Panjang x Lebar x Tinggi = 4.475mm x 1.750mm x1.700mm. Ini jauh lebih besar dari pesaing utama yang diincar, yaitu Toyota Avanza yang berukuran PxLxT = 4.190mm x 1.660mm x 1.695 mm. panjang keseluruhan kabin MPV ini berukuran 2.840 mm dan lebar 1.410mm.

 

Itu artinya dibanding Toyota Avanza, Mitsubishi Expander ini akan lebih panjang 28,5 cm, lebih lebar 9 cm dan lebih tinggi 0,5 cm. Itu adalah selisih yang cukup signifikan, sehingga jelas Expander akan punya kabin yang lebih lega dalam hal ruang kaki, ruang bahu dan ruang kepala. Begitupun kapasitas bagasi sepertinya akan sangat lega.

 

Informasi lainnya adalah ground clearance yang ternyata 205 mm, yang artinya lebih tinggi 0,5 cm dari GC milik Avanza. Hal ini sesuai dengan kabar sebelumnya yang beredar dan cocok dengan tongkrongan Expander yang beraroma crossover. Kabar baik selanjutnya adalah ukuran velg yang 16 inci, ini akan menunjang penampilan MPV ini, jadi lebih gagah dari kompetitornya yang hanya 14 dan 15 inci.

 

Mesin dan Roda Penggerak

 

Mengenai dapurpacu, MPV ini ditenagai mesin 1.500cc 4-silinder yang dihubungkan ke roda depan sebagai penggerak dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Itu artinya mobil ini akan sama dengan Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga yang berpenggerak roda depan (FWD).

 

 

Interior

 

Interior MPV Mitsubishi ini beraksen warna two-tone, yaitu hitam dan beige. Bagian atas dashboard dan door trim berwarna hitam, dan bagian bawahnya beige. Warna kursinya full beige, mengingatkan kita pada interior Suzuki Ertiga.

 

Interior Mitsubishi Expander

 

Fitur hiburan sudah dilengkapi monitor layar sentuh yang tetap menyediakan tombol fisik. Sedangkan pengaturan AC masih menggunakan kenop putar, bukan AC digital. Palang setirnya mengingatkan kita pada setir Mitsubishi Mirage, tumplek sama. Hal yang terlihat bagus adalah layar MID-nya yang tidak lagi seperti layar kalkulator.

 

Ruang kabin baris kedua dan ketiga tergolong sangat lega untuk ukuran low MPV, bahkan kursi baris kedua punya fitur sliding ke samping hingga menyediakan celah jika disliding maksimal. Untuk akses ke baris ketiga, MPV ini menggunakan system one-touch tumble seperti pada Toyota Avanza, sehingga sangat praktis dan memudahkan akses.

 

Hal yang bagus lagi adalah kursi baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata lantai untuk menghasilkan ruang bagasi yang maksimal.

 

Harga

 

Mengenai harga, resminya akan diumumkan pada gelaran GIIAS 2017, namun diinformasikan bahwa akan berkisar antara 189 hingga 246 juta rupiah, untuk 6 varian yang tersedia. Dari segi harga tersebut, maka benar seperti perkiraan kami bahwa pada varian tertinggi mobil ini akan menantang segmen low SUV, seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar