Interior Mitsubishi Xpander, Apa saja Kelengkapan dan Fitur serta Plus-Minusnya

CaruserMagz.com – Jika pada perkenalan sebelumnya Mitsubishi Xpander hanya boleh dilihat eksteriornya, pada peluncuran resmi di GIIAS 2017, akhirnya interiornya diungkap. Desain interior Mitsubishi Xpander memang tidak seatraktif eksteriornya yang sporty, tapi lebih kalem layaknya kabin mobil MPV. Bahkan ada aura Toyota Innova pada dashboard, khususnya center-cluster.

 

Mitsubishi Xpander (awalnya sering ditulis Expander) adalah low MPV yang sangat menggoda. Tampilan eksterior-nya dapat dibilang terlalu mewah untuk ukuran MPV murah, karena lebih beraroma SUV 7-seater dengan fascia depan mirip Mitsubishi Pajero Sport dengan wajah Dynamic Shield Design.

 

Namun eksterior nantinya akan lebih dinikmati oleh orang di luar mobil yang melihatnya berlari anggun di jalan raya, sedangkan kenikmatan sejati bagi pemilik mobil adalah interiornya. Tak ada guna tampilan mobil super mewah di luar, jika di dalamnya menggenaskan, sempit, brisik atau berkesan sangat murahan.

 

Maka kenyamanan dan keindahan interior seharusnya juga menjadi hal utama yang dipertimbangkan dalam memilih mobil idaman. Untuk itu, kami ingin berkontribusi memberikan ulasan atau review tentang interior Mitsubishi Xpander yang telah resmi diluncurkan di GIIAS 2017.

 

Kelegaan Kabin

 

Mitsubishi mengklaim bahwa MPV-nya ini memiliki kabin terlapang di kelasnya, dengan total panjang kabin 2.840 mm dan lebar 1.410 mm. Hal tersebut didapat berkat dimensi yang juga tergolong besar, yaitu 4.475 x 1.750 x 1.700 mm untuk panjang x lebar x tinggi.

 

Saking leganya, kursi baris kedua diberi fitur sliding ke samping untuk membuat ruang akses antara baris kedua dan ketiga, walau akses tersebut tidak bisa dilewati orang.

 

Itu artinya dari segi kelegaan kabin, Xpander akan menjadi juara, mengungguli Avanza, Xenia, Mobilio dan Ertiga. Penumpang low MPV ini tidak akan mengalami penderitaan akibat ruang kaki yang sempit seperti pada kursi belakang Ertiga dan Grand Livina.

 

Pelipatan Kursi

 

Salah satu kelebihan dari interior Xpander adalah pola pelipatan kursinya yang praktis. Kursi belakang bisa dilipat ke depan, menghasilkan ruang bagasi yang rata lantai dan lebih luas. Sedangkan kursi baris kedua, juga dilipat ke depan, menyambung sudut kemiringan pelipatan kursi belakang. Pola pelipatan ini, sama dengan kursi Suzuki Ertiga.

 

Pelipatan ini lebih praktis dan mudah bagi pengguna mobil, tidak seperti kursi Honda Mobilio dan Avanza yang masih dengan pelipatan gaya lama, membuat ruang kabin nampak tidak rapi saat kursi dilipat.

 

Desain Interior

 

Kabin Xpander ternyata tidak seatraktif eksteriornya yang sangat sporty. Desain dashboard, doortrim dan kursi lebih terasa ini adalah MPV, karena lebih kalem. Apalagi dengan warna cerah beige yang mendominasi interior.

 

Dashboard-nya dibuat sedikit berundak, mengingatkan kita pada Honda Freed. Namun center clusternya punya aksen silver yang seolah menyambung dari konsol tengah. Model center-cluster ini mengingatkan kita pada Toyota Innova terbaru, apalagi ditambah tampilan kenop-kenop putar pengaturan AC.

 

Lingkar kemudi dibuat sama dengan setir Mitsubishi Mirage dan Outlander Sport, namun cluster-meter di balik lingkar kemudi terlihat atraktif karena mirip dengan Pajero Sport.

 

Hal yang menarik adalah kehadiran center arm-rest pada kursi baris kedua, yang bisa dilipat saat tidak diperlukan atau butuh space untuk penumpang di tengah. Bagusnya arm-rest tersebut memberi ruang akses ke baris ke tiga saat digunakan, tidak seperti pada Ertiga.

 

Hal yang kami agak sayangkan adalah posisi tuas rem tangan yang seperti ketinggian, sehingga sejajar dengan tuas transmisi walau saat dinon-aktifkan. Menurut kami, itu mengganggu pemandangan, namun mungkin bisa berguna bagi pengemudi yang hobi meletakkan tangan di tuas transmisi manual, jadi rem parkir itu bisa mengurangi kebiasaan buruk pengemudi mobil manual.

 

Hal kedua yang kurang kami sukai adalah warna aksen kayu pada dashboard dan doortrimnya. Menurut kami motif kayunya terlihat murahan karena warna yang cerah. Jika saja aksen wood tersebut dibuat lebih gelap seperti yang ada pada Toyota Fortuner, akan terlihat lebih mewah dan mahal.

 

Warna Interior

 

Ada dua pilihan warna interior, yaitu motif two tone hitam-beige dan full hitam. Sayangnya konsumen tidak bisa memilih warna yang dia inginkan untuk interior, karena warna full hitam hanya ada pada tipe Sport. Sedangkan tipe lainnya, konsumen harus puas dengan warna dominan beige yang cerah.

 

Padahal warna full-black terlihat lebih elegan, karena pembalut kursi juga bermotif hitam agak abu-abu dan tidak ada motif kayu yang terlihat murahan itu. melainkan diganti dengan trim carbon fiber artificial, sehingga terlihat lebih mewah seperti yang ada pada mobil-mobil Eropa. alangkah bagusnya jika warna full black ini juga disediakan untuk tipe ultimate.

 

Ergonomi dan Ketebalan Kursi

 

Desain kursi yang semi-bucket dan terlihat tebal pada Xpander menjanjikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Sandaran kursi yang menebal pada sisi sampingnya memberi ergonomi yang baik seolah memeluk tubuh penumpangnya. Desain kursi ini lebih bagus dari milik Avanza dan Mobilio.

 

Pengaturan Setir

 

Mitsubishi Xpander punya keunggulan dari semua competitor dalam hal setirnya, karena satu-satunya low MPV yang punya tilt dan telescopic steering. Setirnya bisa dinaik-turunkan dan dimaju-mundurkan untuk mencari posisi mengemudi yang paling nyaman.

 

Akses ke Kabin Belakang

 

Akses ke kursi baris ke tiga cukup praktis, karena kursi baris kedua bisa dilipat penuh layaknya pada Toyota Avanza, yaitu dengan fitur one-touch-tumble yang cukup menarik satu tuas, kursi dapat dilipat penuh ke depan. Sehingga memudahkan penumpang masuk ke kabin belakang.

 

Kapasitas Bagasi

 

Bagasi Expander tergolong luas untuk ukuran low MPV, berkat dimensinya yang panjang. Kami belum mendapat informasi mengenai ukuran pasti dari bagasi mobil ini. akan kami update informasinya di artikel ini jika sudah kami dapatkan.
Kepraktisan Ruang Penyimpanan

 

Ruang penyimpanan di kabin Mitsubishi Xpander sudah sangat memadai, total ada 16 cupholder, yaitu 2 di konsol tengah, 3 di masing-masing doortrim dan 2 di kabin belakang.

Untuk ruang penyimpanan, berikut detailnya:
5 tempan penyimpanan berpenutup: 
1 glove-box di dashboard,
1 tempat koin seperti glove-box kecil di sisi kanan bawah setir.
1 di konsol tengah dengan penutup sliding.
1 penyimpanan kecil di konsol tengah depan.
1 Laci di bawah kursi penumpang depan.

Tempat penyimpanan terbuka:
1 di konsol tengah depan
2 di masing-masing sisi samping konsol tengah depan.
1 di masing-masing doortrim, jadi total ada 4.
1 kantung di belakang kursi pengemudi
2 kantung di belakang kursi penumpang depan.
2 di masing-masing sisi samping kabin belakang.

Ruang Bagasi:
2 penyimpanan terbuka di sisi kiri dan kanan.
1 penyimpanan tertutup di sisi kanan, di bawah pilar C, untuk tempat tools kit.
penyimpanan tertutup di bawah lantai bagasi.

 

Pendingin Kabin (AC)

 

Kelebihan pada Xpander ini salah satunya adalah sudah tersedia AC double blower untuk semua varian. Namun dalam hal tampilan panel AC, memang tidak sebagus  Mobilio yang sudah digital, melainkan masih menggunakan kenop putar manual.

 

Fitur Entertainment (Head Unit)

 

Head unit tersedia 2 pilihan disesuaikan dengan variannya, yaitu HU 2DIN pada tipe standard dan berupa monitor layar sentuh untuk tipe ultimate. HU touch screen tersebut sudah punya konektifitas Bluetooth dan USB, juga sudah terhubung dengan kamera mundur. Fitur infotainment ini juga sudah didukung oleh steering switch untuk mengatur pilihan lagu, channel radio dan volume audio. Ada juga tombol pengaturan konektifitas dengan smartphone yang disebut bluetooth telephony switch.

 

Speaker

 

Untuk mendukung kualitas suara yang bagus, Mitsubishi menyediakan 4 speaker yang masing-masing diletakkan di doortrim, ditambah 2 tweter di pilar-A.

 

Visibilitas

 

Visibilitas atau pemandangan ke luar mobil pada Xpander sangat baik, berkat body-nya yan tinggi, memungkinkan kaca yang lebar. Kaca samping dan depan terasa luas berkat kaca depan yang landai.

 

Power Socket

 

Mitsubishi juga memikirkan budaya gadget yang makin menjajah manusia di era ini, sehingga listrik bagi gadget jadi seperti nyawa bagi pemiliknya. Agar penumpang Xpander tidak harus menderita karena kehabisan battery gadget, Xpander menyediakan socket power di setiap kabin, satu di bawah center-cluster, 1 di konsol tengah untuk baris kedua dan 1 di kabin belakang.

 

Keyless System

Tipe Sport dan Ultimate sudah dilengkapi system keyless, yaitu tombol engine start-stop dan token yang cukup dikantongi untuk membuka pintu dan menghidupkan mesin.

 

Seat Belt / Sabuk Pengaman

 

Telah disediakan sabuk pengaman 3-titik untuk setiap penumpang, termasuk untuk penumpang tengah baris kedua yang bisa ditarik dari atap sebelah kanan. Namun semuanya belum menggunakan seatbelt dengan height-adjuster seperti pada Suzuki Ertiga.

 

Airbag

 

Fitur keselamatan aktif untuk kondisi darurat ini sudah menjadi standar untuk semua tipe. Mitsubishi menyediakan 2 kantung udara di kabin depan.

 

Demikian ulasan kami tentang interior Mitsubishi Xpander ini. Semoga bisa memuaskan sobat yang membutuhkan informasi tentang kabin low MPV ini. Jika sobat punya info tambahan, silahkan disampaikan pada kolom komentar.

 

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

3 thoughts on “Interior Mitsubishi Xpander, Apa saja Kelengkapan dan Fitur serta Plus-Minusnya

  • March 6, 2018 at 3:29 am
    Permalink

    Comes in very handy when entering/exiting car, also leaves dash looking less cluttered with magnet.

    Reply

Tulis Komentar