Perkiraan Harga Toyota Calya untuk 4 Varian

CaruserMagz.com – Menyambung posting kami sebelumnya, mengenai “Perkiraan Harga Daihatsu Sigra“, kami ingin memperkirakan harga On The Road (OTR) dari Toyota Calya. Karena banyak pembaca yang menanyakan kisaran harga Toyota Calya pada komentar posting-posting kami yang membahas LCGC 7 penumpang calon pesaing Datsun Go+ Panca tersebut.

 

Pada posting kami sebelumnya, kami memperkirakan harga jual Daihatsu Sigra berdasarkan harga NJKB yang bisa dilihat pada situs Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta.

 

Kami menghitung penambahan harga OTR Sigra untuk pajak dan biaya-biaya lain, berdasarkan data historical perbedaan NJKB dan OTR pada Daihatsu Ayla, yang kami temukan ada penambahan konsisten sebesar 29% pada OTR Ayla dibanding NJKB-nya.

 

Hasil dari perkiraan tersebut adalah seperti pada tabel berikut:

 

Perkiraan Harga Daihatsu Sigra
Perkiraan Harga Daihatsu Sigra

Untuk lebih jelas dari mana persentase penambahan harga karena pajak dan biaya-biaya lain yang kami tulis 29% dan 36%, sobat bisa membaca artikel kami sebelumnya, yaitu: “Kisaran Harga Daihatsu Sigra“.

 

Lalu bagaimana dengan harga Toyota Calya? kami memperkirakan harga Toyota Calya berdasarkan hasil perkiraan kami terhadap harga Daihatsu Sigra di atas, lalu membandingkan harga OTR antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Selisih harga antara Agya dan Ayla kami anggap dapat menjadi dasar perbedaan harga antara Calya dan Sigra.

 

Pada perkiraan harga Sigra berdasarkan NJKB, kami mengambil selisih berdasarkan persentase, begitu juga pada perbedaan antara Calya dan Sigra, kami juga menemukan pola yang konsisten, yaitu perbedaan harga rata-rata sebesar 9%. Tabel berikut menggambarkan hasil penelusuran kami.

 

Selisih harga OTR Toyota Agya vs Daihatsu Ayla
Selisih harga OTR Toyota Agya vs Daihatsu Ayla

Berdasarkan dua data tersebut, kami memperkirakan harga Toyota Calya akan lebih mahal dari Sigra pada kelas yang sama, seperti pada Agya dan Ayla yang kami deskripsikan pada tabel di atas. Bisa ada dua kemungkinan selisih harga tersebut, yaitu sebesar 10 juta rupiah atau bisa juga Calya lebih mahal 9% dari Sigra.

 

Kami meringkas hasil perkiraan tersebut pada tabel berikut:

 

Perkiraan Harga Toyota Cayla
Perkiraan Harga Toyota Cayla

Kita anggap saja Calya tipe E berada satu kelas dengan Sigra tipe X, dan Calya tipe G sejajar dengan Sigra tipe R. Dengan menaikkan harga 4 varian sigra tersebut sebanyak 9%, bisa kita perkirakan harga Toyota Calya akan berkisar 130 hingga 149 juta rupiah.

 

Mungkin banyak sobat pembaca akan mengatakan itu harga yang mahal untuk seekor LCGC, tapi perlu kita ingat, ini adalah produk raksasa otomotif Toyota Astra. Seperti yang kita saksikan, apapun yang dijual oleh Toyota selalu lebih laris dibanding kompetitor-kompetitornya, sehingga Toyota tidak akan menganggap harga yang mereka tawarkan terlalu mahal. Faktor jaringan dealer dan service serta ketersediaan dan harga spare part yang ramah pada dompet konsumen masih menjadi benteng kokoh Toyota dibanding pabrikan lainnya.

 

Menurut kami, harga seperti itu cukup masuk akal, jika dibandingkan dengan harga Toyota Agya yang ada sekarang. Apalagi jika kita lihat harga Honda Brio Satya yang mencapai 130 juta, walau hanya supermini berkapasitas 5 penumpang. Maka Toyota Calya mempunyai value for money yang jauh lebih besar karena kapasitas penumpangnya.

 

Jika benar harga Toyota Calya seperti yang kami perkirakan di atas, mungkin Calya menjadi tidak kompetitif untuk bersaing dengan Datsun Go+ Panca karena harga yang terpaut jauh. Namun Astra masih punya Daihatsu Sigra tipe D dan M yang cukup bersaing dengan Datsun Go+ baik dari sisi harga maupun fitur.

 

Dari segi harganya, Toyota Calya dapat saja memberangus pasar Small Hatchback seperti Nissan March, Suzuki Celerio, KIA Picanto dan Honda Brio, apalagi jika perkiraan kami pada artikel kami sebelumnya “kehadiran duo LCGC 7 penumpang ini“, mengenai fiturnya adalah benar. Calon konsumen Daihatsu Xenia standard dari kalangan keluarga muda, juga akan banyak yang mempertimbangkan Toyota Calya, karena fiturnya yang lengkap layaknya Low MPV non-LCGC.

 

Demikianlah perkiraan CaruserMagz.com mengenai harga OTR Toyota Calya. Perlu kami ingatkan lagi bahwa artikel ini hanyalah perkiraan berdasarkan analisa terhadap data-data yang ada, tidak ada jaminan perkiraan kami ini akan tepat 100%, namun kami berharap setidaknya mendekati kondisi sebenarnya. Sehingga tulisan kami ini bermamfaat bagi sobat pembaca, khususnya yang sudah ingin membeli Toyota Calya atau Daihatsu Sigra.

 

Selamat memilih mobil idaman sobat dan Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar