Harga Daihatsu Sigra diperkirakan Antara 102 hingga 144 Juta Rupiah untuk 6 Varian

CaruserMagz.com – LCGC berkapasitas 7 penumpang keluaran Astra Daihatsu Motor (ADM), Daihatsu Sigra yang dikabarkan sebagai kembaran Toyota Cayla, terdeteksi harga jualnya sebelum ditambah pajak di situs Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta, seperti yang kami screenshot di atas. Walau tidak tertulis secara jelas bahwa nama mobil baru Daihatsu tersebut adakah Daihatsu Sigra, dari kapasitas mesin dan rentang harga, aroma LCGC tercium kuat.

 

Dari data di atas, dapat kita ketahui bahwa Daihatsu Sigra akan mempunyai 4 tipe, yaitu D, M, X dan R. Tipe D dan M adalah varian paling rendah, hanya memiliki transmisi manual dan bermesin 1000cc.

 

Sedangkan tipe X dan R, bermesin 1200cc dan masing-masing akan ada pilihan transmisi manual dan otomatis. Sehingga ada total 6 varian Daihatsu Sigra.

 

Harga yang diumumkan tersebut merupakan harga jual dari pabrikan sebelum ditambah nilai pajak dan kemungkinan biaya-biaya lain. Artinya harga jual sesungguhnya akan lebih tinggi. Lalu berapakah harga jual akhir ke konsumen, atau sering disebut harga on the road (OTR)?

 

Kami memperkirakan harga tersebut dari kenyataan selisih antara NJKB dan Harga OTR berbagai tipe Daihatsu Ayla, karena sama-sama berada di segmen LCGC, sehingga persentase pajaknya kurang lebih akan sama.

 

Apabila kita lihat kenaikan harga OTR Daihatsu Ayla, ada pola konsisten pada tipe-tipe rendah hingga menengah, yaitu peningkatan harga sebanyak 29%.

 

Namun ada kenaikan yang signifikan pada tipe tertinggi, yaitu sebesar 36%. Mungkin tipe tertinggi punya faktor-faktor lain. Karena nilai pajak biasanya dihitung dengan persentase terhadap NJKB, maka menurut kami perkiraan dengan selisih persentase lebih mendekati kondisi real.

 

Berikut perbedaan harga NJKB dan OTR pada Daihatsu Ayla:
Persentase Selisih NJKB vs OTR Daihatsu Ayla
Persentase Selisih NJKB vs OTR Daihatsu Ayla
Apabila selisih persentase tersebut diaplikasikan pada NJKB Daihatsu Sigra, maka kami memperkirakan harga OTR Daihatsu Sigra akan seperti pada table berikut:

 

Perkiraan Harga OTR Daihatsu Sigra
Perkiraan Harga OTR Daihatsu Sigra

Dari selisih persentase NJKB dan OTR Daihatsu Ayla, dapat diperkirakan harga OTR Daihatsu Sigra seperti pada tabel di atas.

 

Berdasarkan perkiraan kami tersebut, harga tipe D yang termurah adalah 102 juta. untuk tipe M selisih 9 juta dari tipe D, yaitu 111 juta.

 

Sedangkan tipe 1.2 X dan 1.2 R sebagai tipe menengah bertransmisi manual adalah masing-masing 119 dan 124 juta rupiah.

 

Untuk tipe bertransmisi otomatis, kami memperkirakan harganya dengan rentang berdasarkan perbedaan persentase tipe AT pada Ayla yang mencapai 36%.

 

Pada kemungkinan harga yang lebih murah, tipe X AT kemungkinana pada rentang 130 hingga 137 juta rupiah, sedangkan tipe termahal R AT, perkiraan kami adalah 137 – 144 juta rupiah.

 

Namun bisa saja harga jual ke konsumen akan lebih murah dari perkiraan kami tersebut, hingga di bawah 100 juta rupiah. Misalnya pada tipe D yang banyak pengurangan fitur. Apalagi biasanya ada diskon-diskon promosi yang berkisar 1 hingga 7 juta rupiah, seperti yang terjadi pada Agya dan Ayla.

 

Menurut kami harga tersebut cukup masuk akal, karena Daihatsu Sigra dan Toyota Cayla merupakan mobil berkapasitas 7 penumpang, meskipun berlabel LCGC. Selisi harga hingga 17 Juta dari Daihatsu Ayla tersebut cukup worthed untuk tambahan kapasitas penumpang yang lebih banyak, untuk 2 orang anak-anak.

 

Untuk tipe tertinggi, harga 144 juta memang terasa tinggi untuk mobil LCGC, namun sekali lagi perlu sobat ingat, itu merupakan tipe tertinggi dengan fitur terlengkap. Apalagi mengingat harga Daihatsu Ayla Elegan yang mencapai 130 Juta, rasanya uang tambahan 14 juta untuk tambahan baris ketiga adalah cukup murah.

 

Pada tipe tertinggi, dikabarkan nuansa LCGC tidak akan begitu terasa, karena sudah dilengkapi AC double blower, fog light, wiper belakang, velg alloy, spion elektrik dengan tambahan lampu sein, high mount stop lamp dan handle pintu model tarik yang nampak cukup premium, dibanding Ayla yang masih memakai model ungkit seperti pada mobil-mobil angkutan umum.

 

Apalagi wajah Daihatsu Sigra ini, diisukan akan mirip dengan mobil konsep Daihatsu UFC-3 yang elegan. Walaupun menyandang gelar LCGC, semoga Daihatsu Sigra dan Toyota Cayla ini tidak nampak murahan dari segi desain dan kualitas interior.

 

Pada tipe D yang merupakan varian terendah, kemungkinan akan banyak pengurangan fitur, jika melihat Daihatsu Ayla, fitur-fitur yang tidak akan ada adalah AC Double blower atau bahkan tidak ada AC sama sekali, Power windows, Head unit double din atau mungkin tidak ada head unit sama sekali dan biasanya tidak ada cup holder di doortrim, spoiler belakang juga tidak akan ada, serta spion elektrik dan fog light tentunya akan disunat dari tipe terendah ini. Sedangkan untuk tipe M, kemungkinan masih ada fitur-fitur tertentu tetap ada, sehingga membedakannya dari tipe D.

 

Semua perbedaan fitur tersebut tentunya adalah sebagai konsekuensi dari perbedaan harga, hal tersebut juga merupakan strategi penjualan Astra agar mobil ini terjangkau oleh banyak kalangan, sehingga Daihatsu Sigra dan Toyota Cayla dapat menjadi pengganti duo low MPV Avanza-Xenia yang sudah naik kelas menjadi mobil agak mewah dan tidak bisa lagi disebut mobil rakyat dari segi harganya.

 

Demikian perkiraan kami terhadap harga Daihatsu Sigra, berdasarkan informasi dari Situs Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta. Semoga prediksi tersebut tidak jauh melenceng dari harga resmi sebenarnya yang akan diluncurkan pada Agustus mendatang.

 

Semoga artikel ini membantu sobat yang sudah berniat memboyong LCGC 7 penumpang saingan Datsun Go+ Panca ini, khususnya dalam menyiapkan budget hingga 2 bulan ke depan. Namun perlu kami ingatkan lagi, bahwa ini hanyalah perkiraan berdasarkan analisa kami, harga resmi nantinya akan dikeluarkan ATPM setelah peluncurannya.

 

Bagaimana dengan harga Toyota Cayla?

 

Berdasarkan data yang kami bahas di atas, kami juga memperkirakan harga kembaran sigra ini, yaitu Toyota Cayla. Harga tersebut dapat diperkirakan dari perbedaan antara harga Daihatsu Ayla dan Toyota Agya pada tipe yang berada pada kelas yang sama. Hasil perkiraan tersebut dapat sobat baca pada artikel kami berikut ini: Perkiraan harga Toyota Cayla

 

 

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar