Nico Rosberg Mundur dari F1 setelah Juarai GP 2016

CaruserMagz.com – Hanya berselang 5 hari dari keberhasilannya meraih gelar juara dunia balapan Formula One (F1) pada Minggu 27 November 2016 yang lalu di GP Abu Dhabi, Nico Rosberg membuat pengumuman yang mengejutkan dunia. Pembalap Jerman berusia 31 tahun tersebut memutuskan mengundurkan diri dari ajang F1.

 

Padahal Rosberg baru saja perpanjang kontrak dengan Mercedes-AMG pada 22 Juli 2016 yang lalu, untuk musim balapan 2017 hingga 2018.

 

Perpanjangan kontrak tersebut diumukan pada Jumat pagi, tepat sebelum free praktis GP Hungaria. Keputusan Rosberg mundur ini sangat mengejutkan bagi fans dan penggemar F1 pada umumnya.

 

Sejak saya berumur enam tahun saya punya mimpi yang jelas, yaitu menjadi juara dunia F1 dan itu sangat jelas dalam pikiran saya, apa pun yang bisa saya pikirkan, saya telah mencapainya. Saya akan ingat selamanya. Saya telah mencapai mimpi masa kecil ini sekarang, jadi saya tidak mau mengejar lebih banyak komitmen lainnya, ” Ungkap Rosberg dalam pernyataan resminya.

 

Saya telah mendaki gunung itu, saya berada di puncak, saya rasa ini (keputusan) yang tepat,” ujar Rosberg.

 

Rosberg ingin membuat sejarah hidupnya tetap manis, bekerja keras sampai limit terakhir yang dia bisa, menggenggam kesuksesan gemilang dan tak seorangpun memaksanya melepaskan gelar juara dunia tersebut.

 

Rosberg mengungkapkan hal itu dalam pernyataanya, “Lewat kerja keras, rasa sakit, pengorbanan, ini adalah tujuan saya. dan sekarang saya berhasil meraihnya.”

 

Sebelumnya 2 kali dia gagal meraih gelar juara dunia pada musim tahun 2014 dan 2015 yang lalu. Dia selalu kalah dari rekan setimnya, Lewis Hamilton dan hanya dapat menjadi runner up pada 2 musim yang menyakitkan baginya itu. Seakan tak ingin lagi dikalahkan oleh Hamilton, Rosberg memilih tetap menjadi juara dunia selamanya karena tak akan pernah dikalahkan lagi.

 

Musim ini, saya katakan kepada anda, ini cukup berat. Saya membalap seperti orang gila di setiap arena setelah mengalami banyak kekecewaan dalam dua tahun terakhir. Hal itu memotivasi saya pada tingkat yang saya tak pernah alami sebelumnya,” Ujar Rosberg.

 

Rosberg mengungkapkan rasa terimakasih pada Istrinya: “Saya tidak dapat menemukan kata-kata cukup untuk berterima kasih kepada istri saya Vivian, dia telah menjadi luar biasa. Dia mengerti bahwa tahun ini adalah salah satu pertandingan besar, kesempatan kami untuk melakukannya, dan menciptakan ruang bagi saya untuk mendapatkan pemulihan penuh di sela setiap balapan, menjaga putri kami setiap malam, mengambil alih ketika terjadi hal-hal yang sulit dan menempatkan  kejuaraan sebagai prioritas pertama.”

 

Keputusan Nico Rosberg untuk mundur ditanggapi positif oleh Toto Wolff, petinggi tim Mercedes, meskipun ia mengaku terkejut dengan keputusan Rosberg tersebut. “Ini adalah keputusan yang berani dari Nico, dan membuktikan pribadinya yang kokoh.” Ujar wolff. “Kejernihan Rosberg membuat saya menerimanya saat dia memberi tahu,” Tambah Wolff.

 

Rosberg menyatakan bahwa satu-satunya hal yang ia sesalkan dari keputusannya ini adalah menempatkan timnya pada posisi yang sulit untuk mempertahankan gelar juara tim konstruktor. Karena Toto Wolff mengatakan bahwa dia tidak berminat mengganti Rosberg dengan pembalap papan atas lainnya, itu artinya kemungkinan besar Lewis Hamilton hanya akan didampingin pembalap junior di tim Mercedes-AMG pada musim 2017 mendatang.

 

Itu artinya juga, satu kursi kosong di Mercedes-AMG berpeluang didapatkan pembalap junior seperti Pascal Wehrlein, Esteban Ocon atau bahkan Rio Haryanto. Menarik dinantikan, siapa yang akan menjadi rekan setim Hamilton di Tim F1 terbaik tersebut.

 

Nico Rosberg menyatakan bahwa dia tidak akan kembali ke balapan Formula-1 di masa depan, “Saya telah memutuskan untuk mengikuti kata hati saya. Saya ingin menyebut ini suatu hari dan pergi ke hal-hal lain dan saya rasa ini benar bagi saya. Sekarang, saya hanya di sini untuk menikmati momen ini. Ada waktu untuk menikmatinya beberapa minggu ke depan, untuk merefleksikan musim dan menikmati setiap pengalaman yang datang dengan cara saya. Setelah itu, saya akan mengubah persimpangan berikutnya dalam hidup saya dan melihat apa yang telah ada untuk saya,” Ujar Rosberg.

 

Nico Rosberg memulai debutnya di F1 pada GP Bahrain tahun 2006, bersama tim Williams yang finish pada urutan ke-tujuh. Anak dari juara dunia F1 tahun 1982, Keke Rosberg tersebut berhasil mengikuti jejak ayahnya, setelah 10 tahun berlaga di F1.

 

Selama karirnya dia telah membalap di 206 race, 23 race diantaranya berhasil dimenangkannya dan total podium yang dia raih sebanyak 57 kali. Rosberg adalah pembalap Jerman ke-tiga yang berhasil menjadi juara dunia F1 setelah Michael Schumacher dan Sebastian Vettel.

 

Salam AutoSport!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar