Kelebihan Kekurangan Nissan March Indonesia, 2011 – 2013

CaruserMagz.com – Nissan March masuk ke Indonesia pada akhir tahun 2010. Mobil small hatchback ini cukup fenomenal,pada tahun pertama kehadirannya, mobil ini langsung bertebaran di jalan ibukota dan kota-kota provinsi.

 
Selain karena kompetitor di kelas ini baru ada Daihatsu Sirion dan Suzuki Splash, tampilan eksterior Nissan March cukup manis dan unik dibanding design exterior mainstream di Indonesia.

 
Disinilah jelinya Designer Nissan yang selalu membuat mobil yang tidak mengikuti arus mainstream sehingga disukai pembeli mobil yang ingin tampil beda. Hal ini bisa juga dilihat pada Nissan Juke yang sedemikian ekstrim keanehan eksteriornya.

 
Nissan March pertama ini diproduksi dari akhir 2010 hingga akhir 2013. Jadi mobil ini hanya tersedia di showroom-showroom mobil bekas atau pemakai yang ingin menjual mobilnya.

 
Meskipun sebagai mobil bekas, mobil ini masih cukup up-to-date bagi pembeli-pembeli pemula, tidak terkesan jadul-jadul amat. Sebagai bahan rujukan bagi anda yang ingin membeli mobil bekas Nissan March generasi 2011 – 2013 ini, berikut kelebihan dan Kekurangannya.

 

KELEBIHAN / KEUNGGULAN

 
Kabin dan bagasi yang Lapang. Ini adalah kelebihan yang paling diandalkan Nissan March pada persaingan kelas small hatchback ini. Nissan March hanya kalah dari Toyota Etios Valco mengenai kelegaan kabinnya. Sedangkan Mitsubishi Mirage, Suzuki Splash, Honda Brio Satya dan Kia Picanto, tidak dapat mengalahkan kelegaan kabin dan bagasi Nissan March. Leg room dan headroom bahkan masih cukup lapang bagi orang dengan tinggi badan 180an cm sekalipun.

Tampilan Eksterior yang manis (relative: selera), eksterior mobil ini banyak disukai kaum hawa, namun tidak sedikit kaum pria menyukainya. design yang mengambil konsep membulat dan aerodinamis.

Design Ekterior yang aerodinamis membuat mobil ini cukup stabil dibawa pada kecepatan tinggi, meskipun mobil ini sebenarnya lebih tinggi dari sedan pada umumnya.

Ban yang cukup lebar membuat daya cengkramnya ke jalan cukup baik jika dibandingkan competitor terdekatnya (Mitsubishi Mirage).

Kursi yang empuk. Busa kursi Nissan March mempunyai karakteristik lembut dan menambah kenyamanan baik sopir maupun penumpang. Juga sudut kemiringan kursi baris ke dua cukup memadai untuk menambah kenyamanan penumpang.

Adanya fitur pengaturan ketinggian lingkar kemudi (tilt steering) dan ketinggian kursi pengemudi. Sehingga mobil ini tetap nyaman dikemudikan oleh orang yang tinggi atau pendek. Fitur ini tidak ditemui pada mobil-mobil lcgc.

Fitur audio yang memadai. Head unit sudah double din dan dilengkapi koneksi USB, pemutar CD dan radio, serta ditunjang empat speaker yang cukup memadai.

Display Instrument cukup lengkap. Di balik lingkar kemudi, sudah ada speedometer dan tachometer analog serta MID yang memuat berbagai informasi yang diperlukan pengemudi seperti: konsumsi bahan bakar, jumlah kilometer yang masih bisa di tempuh dan odometer.

Visibilitas yang luas. Karena mobil ini cukup tinggi, sehingga visibilitas baik di kursi baris pertama maupun ke dua cukup memadai. Pilar A yang kecil juga berkontribusi pada kecilnya blind spot pada posisi sopir saat akan berbelok di tikungan.

Suspensi yang empuk. Sudah menjadi karakter khas mobil-mobil Nissan, suspensi yang memanjakan penumpang melekat pada brand image Nissan. Dibanding kompetiornya, suspensi Nissan March adalah yang paling nyaman.

Handling yang cukup baik. Berdasarkan review oleh majalah automotive ternama (www.autobild.co.id), Dalam hal kenikmatan pengendalian, Nissan March adalah yang terbaik setelah Honda Brio.

Fitur-fitur yang sudah cukup lengkap. Jika dibandingkan dengan mobil-mobil LCGC, Nissan March sudah jauh lebih lengkap. Power windows pada keempat pintu, electric mirror, Pada Type XS (tertinggi) sudah dilengkapi dengan Pengaturan AC digital, system pengereman ABS-EBD dan Air Bag, sudah dilengkapi wiper belakang yang tidak dimiliki Suzuki splash dan lcgc, dan lain-lain.

Suara mesin yang cukup mantap/halus pada putaran bawah. Sehingga jika dibawa di perkampungan atau di perumahan, cukup elegan dan tidak membuat kebisingan.

Peredaman suara yang cukup baik, sehingga suara-suara dari luar tidak begitu mengganggu penumpang.

Kepraktisan ruang penyimpanan yang cukup banyak, terutama di kabin baris pertama. Seperti double globebox, 4 cupholders dan space untuk barang-barang kecil di konsol tengah.

 

KEKURANGAN / KELEMAHAN

 
Getaran mesin yang cukup kuat pada kecepatan tinggi. Mesin Nissan March merupakan mesin tiga silinder berkapasitas 1200 cc. hal ini sudah menjadi karakteristik mesin tiga silinder. namun di kelas small hatchback bermesin tiga silider, getaran mesin Nissan March adalah yang terhalus dan lebih mantap dibandingkan kompetitornya dan LCGC. Jika anda mengingikan mesin yang lebih halus, Suzuki splash, Honda brio dan etios valko lebih halus karena bermesin empat silinder.

Kepraktisan kabin belakang ada kekurangan, yaitu tidak adanya cup holder di doortrim. Cup holder untuk penumpang kabin belakang hanya ada satu di konsol tengah. Hal ini bisa diatasi dengan menambah cupholder yang digantung digantung di bagian belakang kursi depan. Namun hal ini juga terjadi pada competitor small hatchback yang lainnya.

Ada gejala limbung saat melahap tikungan pada kecepatan tinggi. Hal ini adalah konsekuensi dari suspensi yang empuk. Namun dalam hal ini, Nissan March lebih baik dari Mitubishi Mirage dan Kia Picanto.

Head rest kursi bagian belakang terlalu pendek dan tidak dapat diatur ketinggiannya, karena menyatu dengan sandaran kursi. Head rest ini cukup nanggung dan hanya seperti gundukan pada sandaran kursi. Untuk orang dengan ketinggian di atas 160 cm, makan head rest ini tidak begitu berguna, kecuali mau duduk setengah tiduran.

Menurut reviewer dari majalah-majalah automotif ternama, head rest yang tidak memadai dapat mengakibatkan cidera leher jika mobil ditabrak dari belakang secara tiba-tiba atau jika sopir melakukan pengereman mendadak. Namun ini bukan masalah bagi keluarga yang penumpang belakangnya lebih banyak anak-anak. Kekurang ini sudah diperbaiki oleh Nissan pada March terbaru yang mulai dipasarkan pada 2014.

Head Rest Nissan March

Demikianlah poin-poin kelebihan dan kekurangan Nissan March (2011-2013) yang berhasil kami rangkum, mungkin masih ada kelebihan dan kekurangan yang belum kami tuliskan. Namun dibanding kompetitornya Nissan March cukup unggul, hingga pernah dinobatkan menjadi The best small hatchback pada tahun 2011.

 

KESIMPULAN

 
Nissan March generasi ini masih cukup layak dipertimbangkan untuk dibeli oleh pembeli pemula dengan budget terbatas. Terutama bagi anda yang mengutamakan kenyamanan bagi semua penumpang dan kelegaan kabin. Kelebihan-kelebihan Nissan March masih cukup sepadan untuk ditebus dengan budget yang setara dengan membeli lcgc baru tapi berfitur minim.

 
Baca juga: Pilih LCGC baru atau Small Hatchback Bekas

 
Semoga informasi ini berguna bagi anda yang sedang mencari informasi dan mempertimbangkan membeli Nissan March generasi 2011 – 2013.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

8 thoughts on “Kelebihan Kekurangan Nissan March Indonesia, 2011 – 2013

  • July 20, 2017 at 11:44 am
    Permalink

    Udah dibandingin sama march sejenis yang lain mas/mbak? Kalau beda, berarti itu cacat produksi. Ketiban apes namanya.. hehe

    Reply
  • July 20, 2017 at 11:42 am
    Permalink

    sy punya yg keluaran 2011 beli ny pas 2012 manual tp ga nyaman pake dr awal kopling sm mobil ny terasa berat pdhl beli nya baru, udah bbrp kali komplain tp katnya emang gitu ��

    Reply
  • May 16, 2016 at 12:04 am
    Permalink

    Small hatchback lainnya juga demikian. yang punya cup holder di pintu belakang adalah LCGC agya ayla..

    Reply
  • May 16, 2016 at 12:01 am
    Permalink

    Benar, untuk masalah headrest di kursi belakang pada nissan march facelift 2014 memang sudah diperbaiki, hal tersebut sudah kami informasikan pada ulasan di atas, lihat kalimat terakhir pada pembahasan kekurangan point 4. jadi tidak perlu di klarifikasi.. 🙂

    Reply
  • May 15, 2016 at 11:57 pm
    Permalink

    Nissan march enak sih bener bantinganya empuk super irit pula tapi agak kesiksa bagi penumpang yg dibelakang karna slot minum kurang.

    Reply
  • May 15, 2016 at 11:57 pm
    Permalink

    Enak sih nissan march empuk tp sedikit mengklarifikasi, march yg tahun 2014 headrest belakangnya sudah bisa lepas pasang, fungsi dari headrest lepas pasang tersendiri ialah guna memecahkan kaca pada keadaan darurat.

    Reply
  • January 9, 2016 at 9:00 am
    Permalink

    keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. thanks komentarnya mas andri.

    Reply
  • January 9, 2016 at 8:43 am
    Permalink

    terimakasih mas. lengkap banget reviewnya, sangat membantu yang lagi cari inpo untuk beli mobkas. kalo dibandingkan, bagusan marc apa mitsubishi mirage ya?

    Reply

Tulis Komentar