Ini Perubahan Besar pada Datsun Go/Go+ Facelift yang akan Rilis Tahun 2017

CaruserMagz.com – Hai pecinta otomotif, khususnya Sobat yang sedang berencana membeli Datsun Go/Go+ Panca. Apakah Sobat masih menunggu-nunggu kabar tentang Facelift yang akan dilakukan Nissan pada Datsun Go/Go+? karena pada tahun 2016, beberapa mobil akan mendapatkan facelift sehingga akan lebih menarik bagi konsumen otomotif Tanah air.

 

Apakah Nissan Indonesia ada rencana melakukan Facelift pada mobil LCGC yang sudah mulai ramai di jalanan Nusantara ini? kabar tentang improvement pada Datsun Go/Go+ selalu keluar dari pihak Nissan dalam banyak pemberitaan di media nasional.

 

Misalnya akan adanya tipe otomatis, akan disematkannya berbagai fitur kekinian dan lain sebagainya. Namun diujung pernyataannya, pihak Nissan selalu mengatakan hal-hal tersebut masih dalam tahap studi, masih menunggu aspirasi masyarakat dan pengguna Datsun Go/Go+.

 

Dari informasi yang kami dapatkan di beberapa media otomotif India, Nissan India telah mengeluarkan pernyataan bahwa Datsun Go/Go+ India akan mendapatkan facelift pada tahun 2017. masih cukup lama ya Sobat, kelamaan nunggu bagi yang ngebet pengen punya Datsun Go. Sudah keburu ketinggalan oleh kemajuan mobil-mobil yang lain. tapi itu di India, siapa tahu di Indonesia lebih cepat lho.

 

Indiatimes.com merilis berita tentang Datsun Go facelift yang diberi nama Go-NXT, dengan gambar seperti di atas. Dari gambar tersebut, tidak ada perubahan dibandingkan dengan Datsun Go yang sudah ada sekarang.

 

Ternyata memang Nissan India berencana tidak melakukan ubahan apapun pada eksterior Datsun Go. Perubahan ini dilakukan lebih untuk mengakomodir feedback pengguna Datsun Go, dibanding untuk membuat mobil ini tampak berbeda dari versi sebelumnya.

 

hal ini terungkap dari pernyataan Arun Malhotra, Managing Director Nissan Motor India. “Melalui Datsun Go NXT ini, kami menawarkan beberapa fitur yang menambah kenyamanan, fungsionalitas dan kepraktisan, Kami yakin perubahan ini cukup untuk membuat Datsun Go lebih menarik.” Apa saja perubahan pada Datsun Go ini? berikut daftarnya:

 

Velg Alloy Lebih Besar

 

Sebagaimana kita ketahui, bahwa keluhan pengguna Datsun sejak awal keluarnya mobil ini adalah mengenai bannya yang terlalu kecil, yaitu 13 inch saja. Ban yang terlalu kecil tersebut seakan merampas keanggunan design ekterior Datsun Go/Go+ yang banyak dikatakan sebagai LCGC tercantik saat ini. Sobat mungkin sering mendengar atau membaca sindiran untuk mobil ini, seperti orang yang sudah berpakaian rapi dan anggun, tapi memakai sandal jepit yang tipis. Sehingga banyak sekali pengguna Datsun Go/Go+ yang segera mengganti velg dan bannya tak lama setelah membeli mobil ini.

 

Pada facelift yang direncanakan Nissan India, Datsun Go NXT akan langsung dipasangkan sepatu Alloy yang lebih besar, minimal 14 inch. Diharapkan mobil ini menjadi lebih stabil pada kecepatan tinggi dengan ban yang lebih lebar dan velg yang lebih besar.

 

Glovebox dilengkapi Penutup

 

Pada umumnya globebox pada dashboard mobil dilengkapi dengan tutup, sehingga apapun barang yang diletakkan disana, tidak mengurangi kerapian interior mobil. Walau tidak banyak dikeluhkan pengguna Datsun, hal ini banyak diungkapkan sebagai kekurangan pada interior Datsun Go.

 

Globebox yang tidak Berpenutup pada Datsun Go/Go+

 

Akan seperti apa globebox Datsun Go NXT tersebut, belum ada rancangan design yang dirilis oleh Nissan India.

 

Sound Sistem Baru

 

Konsep awal Datsun Go yang lebih mengutamakan fungsionalitas untuk menekan harga, menyebabkan sound systemnya dibuat seadanya dengan single din, tanpa kemungkinan untuk modifikasi menjadi double din. Walaupun fungsionalitas sudah tercapai, namun fungsi tersebut menjadi terbatas dan tidak dapat mengakomodir keinginan pengguna Datsun Go.

 

Hal ini akan diperbaiki oleh Nissan India dengan menggantinya menjadi double din, menyematkan CD player dan tetap mengakomodir akses dengan AUX dan USB. Nissan India juga mempertimbangkan koneksi Bluetooth dan Navigasi Satelit (SatNav) sudah build in pada Datsun Go NXT ini.

 

Perubahan pada Dashboard

 

Nissan India telah menyatakan bahwa airbags akan disematkan pada semua tipe, minimal pada driver side. Ornamen chrom akan disematkan pada konsol tengah sekitar unit head dan ventilasi AC, kemungkinan handle pintu juga akan dibuat dengan sentuhan chrom. Selain itu, warna dan material dashboard akan diperbaiki. Warna beige dipertimbangkan untuk mengganti warna abu-abu dan dashboard dengan dua warna akan tetap dipertahankan.

 

Display Instrument yang Baru

 

Instrument Display pada Datsun Go Sekarang yang Nampak kurang Uptodate

 

Display di balik lingkar kemudi Datsun Go yang ada sekarang memang kurang sedap dipandang, walau secara fungsional telah tercapai. Tachometer digital dengan indicator yang terlalu kecil membuatnya kurang informatif. Kemungkinan yang dipertimbangkan Nissan adalah untuk menambahkan indicator gear transmisi yang dianggap lebih berguna bagi pengemudi.

 

Safety Belt Otomatis (Retractable) di Baris ke-Dua

 

Belt pada kursi baris ke-dua Datsun Go yang sekarang memang dibuat dengan gaya jadul untuk memangkas ongkos produksi, alhasil hal ini membuat kesan tidak rapi. untuk memenuhi keluhan pengguna Datsun Go, pada facelift yang akan datang Nissan akan membuat safety belt ini retractable.

 

Safety Belt di Kursi Baris ke-Dua Datsun Go yang Berserakan karena Tidak Retractable

 

Keyless Entry

 

Fitur ini memungkinkan pengguna Datsun Go dapat membuka pintu dan menyalakan mobil tanpa anak kunci. Fitur ini biasanya ada pada mobil-mobil mewah, kalaupun ada pada bukan mobil mewah, maka akan disematkan pada varian tertingginya. seperti pada Nissan March type XS dan Mitsubishi Mirage Type Exceed.

 

Kamera Parkir

 

Kamera parkir yang sebelumnya adalah aksesoris after market, akan disematkan secara build-in pada Datsun Go NXT. Sehingga memarkir Datsun Go menjadi lebih mudah dengan adanya kamera parkir di bumper belakang dan display di head unit.

 

Sasis Unibody

 

Pihak Nissan India mengatakan bahwa sasis baru ini akan lebih kokoh sehingga membuat mobil ini lebih aman bagi penumpang jika terjadi benturan keras dan lebih stabil saat di tikungan dengan kecepatan tinggi.

 

Demikianlah hal-hal yang diberitakan di India terkait pernyataan resmi pihak Nissan India. Namun lagi-lagi ini baru pernyataan, walau keluar dari orang penting di Nissan India. apakah aplikasinya akan sama dengan pernyataannya, tentunya akan dibuktikan oleh keseriusan Nissan.

 

Semoga Nissan Indonesia melakukan ubahan yang sama atau lebih baik dari wacana di India tersebut. Hal yang benar-benar ditunggu tentunya adalah implementasi dari pernyataan-pernyataan tersebut, bukan wacana yang terus ditumpuk. Namun berkaca dari spesifikasi, fitur dan aksesoris Datsun India yang selalu lebih baik dari Datsun di Indonesia, rasanya kita tidak perlu berharap banyak Sobat!

 

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

6 thoughts on “Ini Perubahan Besar pada Datsun Go/Go+ Facelift yang akan Rilis Tahun 2017

  • January 9, 2016 at 8:43 am
    Permalink

    datsun lelet, kelamaan kalo cuma peningkatan gitu harus setahun lagi om. mobil lain udah keburu lebih keren donk…

    Reply
  • January 9, 2016 at 8:45 am
    Permalink

    mungkin berkaitan dengan harga juga gan. kalo dibikin lengkap dan mewah, takutnya gak kebeli sama customer sasarannya.

    Reply
  • July 5, 2016 at 11:00 am
    Permalink

    Kalo pun ga langsung disematkan harusnya bisa disediakan oleh diler sehingga konsumen bisa menambah sesuai selera dan sesuai kantong tentunya… bsa bertahap ganti fitur dan assesories tambahan itu.

    Reply
  • July 19, 2016 at 12:17 pm
    Permalink

    Ada Harga.. ada barang .
    Dengan Harga segitu , cukup puas lah dengan perform dan design nya

    Reply
  • November 18, 2016 at 4:15 pm
    Permalink

    tapi mantap lah si datsun go+.. lebih enak daripada sigra manual.. nanjak sering mati di setel kopling malah sama aja sigra.. tinggal tunggu versi matic datsun nih apakah sebandel manual..

    Reply
  • December 2, 2016 at 1:22 am
    Permalink

    Ada harga ada rupa,
    Rencana sih pingin ngirit nilai aset dan operasional, eh tambah ini dan itu aksesoris plus part2 vital, ujung2nya sama juga dengan harga tetangga sebelah yg sudah full fitur n aksesoris.
    Dah mahalnya sama, masih juga merknya dats*n, lcgc "kata orang"

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *