Hyundai i10 Disuntik Mati di India, Gantinya lebih Modern

Hyundai i10 disuntik mati di India
CaruserMagz.com – Hyundai i10 disuntik mati di India, yaitu Hyundai i10 generasi pertama sebelumnya yang sangat laris di India. Sebelum diganti dengan Grand i10 pada akhir tahun 2013, penjualan i10 mencapai rata-rata 8000an unit per bulan. Angka yang sangat aktraktif bagi carmaker asal Korea Selatan tersebut.

 

Hyundai i10 awalnya merupakan pengganti supermini Hyundai Santro, seekor small hatchback yang berpostur tinggi. i10 didesain khusus untuk pasar India yang lebih menyukai mobil-mobil kecil dengan konsumsi bbm sangat hemat, karena tidak ada subsidi bbm di India.

 

Meskipun Hyundai India telah melaunching Grand i10 sebagai generasi baru i10, namun minat konsumen otomotif India pada i10 generasi pertama tetap tinggi, sehingga tetap diproduksi. Dijual berbarengan dengan Grand i10 yang lebih atraktif dan lebih lega, i10 tetap terjual sekitar 1500 unit per bulan. Begitu sukanya konsumen India pada supermini imut ini.

 

Namun tak ada masa kejayaan abadi, i10 juga menemui akhir riwayatnya. Hyundai India memutuskan tidak akan melanjutkan produksi dan penjualan i10 generasi pertama yang tetap diminati tersebut. Unit Hyundai i10 terakhir telah selesai diproduksi dan selanjutnya disuntik mati.

 

Pengganti line-up i10 tersebut, bukanlah generasi baru yang bernama Grand i10. Karena dari sisi harga dan desain, konsumen India menganggapnya berada pada segmen yang berbeda.

 

Grand i10 memang menjadi jauh lebih mahal dari i10 berkat fitur yang lebih ramai dan tampilan yang lebih modern. Selain itu, Grand i10 tidak diproduksi di India, melainkan di Turki untuk mendekati pasar Eropa. Sehingga wajar pabrik Hyundai di India bisa melanjutkan produksi  i10.

 

Rumor yang beredar, pengganti i10 ini adalah small hatchback yang dulu digantinya juga dari pasar India. Yaitu Hyundai Santro, namun tentunya ini adalah Santro generasi baru yang lebih modern dan berdesain atraktif.

 

Lihat penampakan pengganti Hyundai i10 pada link ini: Konsep Hyundai New Santro

 

Hyundai New Santro diberitakan akan rilis pada pertengahan tahun 2018 mendatang. Dengan dihentikannya produksi i10 di pabrik Hyundai India, kemungkinan besar New Santro ini menjadi pekerjaan selanjutnya dari pabrik Hyundai Sripurumbudur, dekat Chennai, India.

 

Dari teaser yang beredar di media India, konsep New Santro sangat atraktif. Desainnya terlihat tajam dan futuristic. Wajar saja, karena itu adalah mobil yang direncanakan memasuki pasar otomotif hampir 2 tahun lagi. Perubahan desain mobil yang sangat dinamis menuntut breakthrough untuk mampu bersaing dengan produsen mobil lainnya.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar