CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Honda HR-V Gen-3 HybridFebruary 21, 2021

Honda HR-V Generasi-3 Resmi Diungkap, Lebih Macho dan Bermesin Hybrid

CaruserMagz.com – Penampakan detail eksterior dan interior Honda HR-V Generasi-3 akhirnya resmi diungkap oleh Honda Motor Corporation dengan gambar-gambar digital yang jelas. Crossover global yang di Jepang bernama Vezel tersebut diungkap pada 18 Februari 2021.

Bentuk desain eksterior Next-gen HR-V ini sebenarnya telah diungkap melalui gambar-gambar paten, seperti yang telah kami ulas sebelumnya di artikel ini: Gambar Paten Honda HR-V 2021 Generasi Baru.

Bentuk desainnya masih mengusung konsep “Coupe inspired Design” atau diinspirasi oleh desain mobil 2 pintu, yaitu pintu belakang yang disamarkan dengan handel pintu di dekat pilar-C.

Honda HR-V Gen-3 - Merah
Honda HR-V Gen-3 – Merah

Namun kini tampilannya terlihat lebih ke arah macho dan sporty dengan menonjolkan tampilan modern bernuansa mobil listrik.

Kabarnya di Eropa, crossover ini hanya akan disediakan dengan powertrain hybrid pada akhir 2021, menggantikan sepenuhnya mesin ICE diesel dan bensin pada model sebelumnya.

Eksterior Honda HR-V Generasi-3

Tampilan eksterior-nya nampak lebih dewasa, namun lebih modern. Nuansa mobil listrik hadir pada kisi-kisi grill depan yang dibuat sewarna body, itu seolah versi antara dalam evolusi dari mesin bakar ke teknologi listrik, yang mungkin selanjutnya grill itu benar-benar hilang menjadi rata sewarna body layaknya mobil-mobil Tesla.

HR-V Gen-3 2021 - Tampak Depan dan Belakang
HR-V Gen-3 2021 – Tampak Depan dan Belakang

Secara keseluruhan, tampilan Honda HR-V generasi-3 ini terlihat lebih clean dan sporty dari generasi sebelumnya. Kami suka dengan wajah barunya yang nampak bersih dari berbagai kerumitan aksen krom pada model sebelumnya. Ini lebih bernuansa Eropa, namun juga sedikit bernuansa wajah Mazda.

Vezel Gen-3 - e-HEV
Honda HR-V Gen-3 – e-HEV

Nuansa lebih tajam, bersudut dan maskulin hadir pada lampu utama yang lebih sipit, bentuk grill hexagonal, kap mesin yang nampak lebih panjang dan sudut pada bagian atas kaca belakang yang mengarah ke pilar-C.

Di sisi samping kita melihat sosok crossover dengan atap fastback. Hal baru adalah lengkungan atap dari depan ke belakang yang nampak lebih bersudut. Selain itu, desain spoke velg barunya nampak menarik dengan list krom tipis, sejatinya spoke tersebut besar namun disamarkan dengan warna hitam.

Honda HR-V Gen-3 - Tampak Samping
Honda HR-V Gen-3 – Tampak Samping

Tampilan belakang juga berubah total, jadi lebih bernuansa crossover dibanding sebelumnya yang bernuansa hatchback. Bentuk bokong ini sedikit bernuansa CR-V Turbo karena terlihat gemuk dan bentuk rearlamp yang lebih ramping.

Honda Compact Crossover - Tampak Samping Belakang
Honda HR-V gen Baru Compact Crossover – Tampak Samping Belakang

Hal baru pada bagian belakang adalah list reflektor horizontal yang menghubungkan kedua rear-lamp dengan logo Honda, bentuk pintu bagasi yang kini lebih membulat, spoiler baru yang seolah terintgrasi dengan atap, serta bumper dengan aksen silver yang lebih gagah.

Interior Honda HR-V Generasi-3

Identitas generasi baru juga ditampilkan dengan desain interior yang serba baru. Konsep yang masih dipertahankan adalah ventilasi AC yang memanjang di seluruh dahboard.

Interior HR-V 2021 Generasi baru - Dashboard
Interior HR-V 2021 Generasi baru – Dashboard

Selain itu semuanya baru, termasuk bentuk palang setir, dashboard berundak, head unit floating, konsol tengah baru, doortrim, hingga ke bentuk kursi dan motif joknya.

Interior HR-V 2021 Kabin Depan
Interior HR-V 2021 Kabin Depan

Hal yang menarik adalah penampakan dashboard sepertinya telah menggunakan bahan soft-touch, bentuk palang setir yang lebih modern, aksen hitam-glossy yang bertabut pada setir, konsol tengah, dan door trim, serta kabin yang nampak mewah dan lega.

Interior HR-V 2021 Kabin Belakang
Interior HR-V 2021 Kabin Belakang

Fitur-fitur Canggih

Fitur-fitur canggih dari paket Honda Sensing sudah disematkan, yaitu antara lain collision mitigation braking, lane keeping support, adaptive cruise control, traffic sign recognition, blind spot information, multi-view camera system dan hill-descent control.

Honda Vezel Gen-3 Hybrid
Honda HR-V Gen-3 Hybrid

Powertrain

Untuk dapurpacu, model HR-V yang akan dijual di Jepang tetap memiliki varian bermesin ICE murni, yaitu mesin bensin 1.5-liter DOHC i-VTEC yang dikawinkan dengan CVT.

Selain itu, ada juga tipe berteknologi hybrid dengan penggerak AWD. kabarnya di Eropa hanya akan disediakan varian hybrid. Sedangkan di Amerika, Honda mengkonfirmasi bahwa HR-V disana akan berbeda untuk menyesuaikan dengan selera dan karakteristik konsumen Amerika.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar