Hasil Balapan F1 GP-11 Hungaria 2016, Lewis Hamilton Merebut Puncak Klasemen dari Rosberg

CaruserMagz.com – Seri kualifikasi GP Hungaria 2016 berlangsung sangat dramatis karena cuaca yang buruk. Banyak pembalap yang mengalami crash dan tidak dapat melanjutkan pada tahapan perebutan posisi start karena sirkuit yang licin akibat hujan deras yang datang dan pergi. termasuk Rio Haryanto harus terhenti karena mobilnya melintir dan menabrak pembatas sirkuit dengan keras, hingga ban sebelah kanannya lumpuh.
Podium F1 GP Hungaria 2016, Team Mercedes makin kokoh di puncak klasemen

Nico Rosberg berhasil mendapatkan pole position untuk race yang dilaksanakan pada Minggu, 24 Juli 2016, sehingga besar chance-nya untuk memperkokoh posisinya di puncak klasemen. Di posisi start kedua, rekannya Lewis Hamilton dan di tempat ketiga adalah pembalap Red Bull Daniel Ricciardo.

Namun sial bagi Rosberg, race GP-11 di Hungaroring, Budapest ini menjadi milik Lewis Hamilton. Ini merupakan hatrick bagi Lewis setelah juga berhasil naik podium pertama pada dua balapan sebelumnya, di silverstone Inggris dan Austria. Begitu perkasanya team Mercedes-Petronas, dari 6 balapan terakhir semua dimenangkan team ini.
Dari 6 balapan terakhir, hanya sekali dimenangkan oleh Nico Rosberg, yaitu pada race di Azerbaijan. Sedangkan balapan di Monaco, Kanada, Inggris dan Austria semua menjadi milik Hamilton. Dengan kemenangan pada GP seri ke-11 di Hungaria pada 24 Juli 2016 ini, Lewis Hamilton berhasil mengambil alih puncak klasemen dari rekan seteamnya, Nico Rosberg, dengan keunggulan 6 point.
Berbeda dari babak kualifikasi yang diguyur hujan deras, sehingga banyak red flag yang keluar karena 6 pembalap secara bergantian kehilangan kendali dan menabrak pembatas sirkuit, Seri balapan Hungaria ini terlaksana pada cuaca cerah, sehingga kondisi lintasan sirkuit sangat kondusif dan hampir semua pembalap berhasil menyelesaikan balapan.
Start dari posisi kedua, Lewis Hamilton sangat perkasa di lintasan, dari awal hingga akhir dia berhasil memimpin balapan. Daniel Ricciardo sempat berhasil mendahului Hamilton pada tikungan kedua, tapi itu sangat sebentar karena dia harus menekan rem lebih dalam untuk menahan mobilnya agar tidak keluar lintasan.
Lewis Hamilton terus memimpin balapan dengan dibayang-bayangi Nico Rosberg pada posisi kedua sepanjang balapan. Beberapa kali Rosberg berhasil mendekati Hamilton hingga berjarak kurang dari satu detik. Yaitu pada pada lap ke-23 setelah Hamilton masuk pit, pada lap ke-54 jarak keduanya hanya terpaut 0,6 detik, karena Hamilton terhalang trafic pembalap lain yang tertinggal dibelakangnya lebih dari satu lap. Namun Hamilton berhasil menjaga jarak untuk tetap unggul dari rekan seteamnya tersebut.
Duo Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen pada awalnya menempel sangat ketat dengan kedua pembalap Mercedes, namun akhirnya jaraknya makin melebar. Bahkan Verstappen sempat tercecer ke urutan ke-6 pada lap ke-20, karena Raikkonen yang cukup agresif mengejar pembalap Red Bull tersebut, hingga terjadi sedikit kontak antara mobil kedua pembalap tersebut. Namun pada akhirnya Verstappen berhasil mengambil posisi ke-5 di depan Raikkonen, namun dia tidak berhasil mengembalikan posisi ke-4 yang akhirnya menjadi milik Sebastian Vettel.
Lewis Hamilton nampak sangat senang dengan hasil balapan di Hungaria ini, Dia memuji para penonton dan berterimakasih pada Teamnya yang selalu mempersiapkan strategi dan mobil terbaik baginya. Saat sesi wawancara, Hamilton mengatakan: “Ini adalah weekend yang menyenangkan, kami mendapatkan start yang bagus, team yang hebat dan penonton yang luarbiasa, terimakasih untuk semuanya, terimakasih, saya menyayangi kalian.
Lain halnya dengan Nico Rosberg, meskipun berusaha menyembunyikan kekecewaannya, tidak dapat dipungkiri posisi kedua bukanlah hal yang bagus baginya, karena dia harus kehilangan posisi di puncak klasemen yang cukup lama ada ditangannya. Namun ada harapan yang besar bagi Rosberg untuk kembali mengambil posisi tersebut pada seri ke-12, itu merupakan home-Race baginya, karena akan digelar di negaranya, Jerman.
Berikut hasil lengkap Balapan Formula-1 GP-11 di Budapest, Hungaria pada 24 Juli 2016:
Hasil Balapan F1 GP-11 Hungaria, 2016
Hasil Race F1-GP-11-Hungaria, 24/07/2016
Klasemen sementara dipimpin Hamilton dengan 192 point, unggul 6 point atas Nico Rosberg yang ada pada posisi kedua, berikut rincian klasemen semetara balapan formula-1 hingga race ke 11:

 

Salam Autosport!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *