ADM Wujudkan Ide Om Mobi dengan Pamerkan Daihatsu Ayla Turbo di GIIAS 2018

CaruserMagz.com – Mendengar kata “Ayla Turbo”, mengingatkan pecinta otomotif tanah air pada sosok gendut bertopeng tengkorak dengan helm Super Mario yang sering dipanggil “Om Mobi”. Dia adalah pemilik Youtube Channel “MotoMobiTV”, reviewer mobil yang suka memodifikasi mesin mobil biasa mejadi mesin turbo.

 
Daihatsu Ayla Turbo adalah salah satu hasil karyanya di dapur MotoMobi yang cukup sukses, hingga direview oleh sesama reviewer mobil professional seperti Fitra Eri.

 
Pada ajang GIIAS 2018, ternyata pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberi kejutan dengan mewujudkan ide OmMobi berupa Daihatsu Ayla Turbo yang dirancang oleh Research and Developtment (R&D) Division PT ADM.

 
Jika Om Mobi bereksperimen mengoprek bagian dapurpacu dengan menambahkan turbo pada mesin Ayla, maka ADM melengkapinya dengan meningkatkan performa dan memberi tampilan racing yang menawan.

 
Daihatsu menyebut konsep Ayla Turbo ini dengan istilah “Thrilling Simplicity” yang artinya secara letterlux adalah “Kesederhanaan yang mendebarkan”. Mungkin maksudnya adalah Boleh jadi tampang Ayla ini sederhana dan mirip mobil murah, tapi performanya akan membuat jantung sobat berdebar-debar karena tenaganya yang garang.

 

Daihatsu Ayla Turbo 2018 - front - Rear
Daihatsu Ayla Turbo 2018 – front – Rear

Luar biasanya adalah Daihatsu mengklaim bahwa tenaga maksimum mobil mungil ini bisa mencapai angka 200 PS, itu lebih dari 3 kali lipat dari Ayla standar yang hanya 65 PS. Sebagai perbandingan tenaga SUV bongsor seperti Pajero Sport pun hanya 185 PS. Bisa sobat bayangkan seperti apa tenaga 200 PS tersebut akan terasa buas menombakkan citycar semungil Ayla.

 
Namun pihak ADM melalui Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT ADM mengkonfirmasi bahwa Ayla Turbo ini tidak akan dibuat sebagai mobil komersil yang dijual. Ini hanya sekedar kreatifitas pihaknya untuk mencontohkan modifikasi yang mungkin dilakukan pada mobil LCGC tersebut.

 
“Ini untuk edukasi saja. Kita setiap tahun melakukan dress up challenge, dan ini salah satu contoh saja buat konsumen. Jadi Ayla bisa dimodifikasi seperti apa saja termasuk turbo,” jelas Amelia di hari pertama ajang GIIAS 2018, Kamis (2/8/2018).

 
R&D Daihatsu merancang Ayla Turbo dengan beberapa modifikasi untuk mengimbangi performa mesinnya yang besar. Antara lain velg 15 inci yang diharapkan memberi kestabilan lebih baik. Di bagian buritan, rear spoiler yang lebih besar juga disematkan untuk menambah downforce.

 
Selain itu, untuk mencegah bodyroll, suspensi depan dan belakang diganti dengan yang lebih kaku untuk meningkatkan stabilitas. Kemudian sistem pendinginan mesin dilengkapi oil cooler untuk mencegah panas berlebih pada mesin.

 
Mengenai tampilan, hal yang berbeda dari Ayla standar antara lain terlihat pada spoke velg yang sporty, sticker besar pada bagian bawah pintu dengan tulisan “AYLA TURBO”, bentuk bumper pada bagian foglamp housing dan diffuser yang terlihat racy.

 
Sayangnya tidak ada keterangan, berapa biaya yang diperlukan untuk mewujudkan Ayla Turbo jika pemilik Ayla ingin memodifikasi mobilnya jadi seperti konsep ini.

 
Kemungkinan akan cukup mahal karena tidak cukup hanya menambahakn keong turbo pada mesinnya, tapi juga harus memodifikasi sistem pendingin, pengendalian dan stabilitasnya di kecepatan tinggi.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar