Beda Mitsubishi Xpander Tiap Tipe

Beda Tipe Mitsubishi Xpander, Perbandingan Spesifikasi dan Fitur

Mitsubishi MPV Review
CaruserMagz.com – Total ada 6 varian pada Mitsubishi Xpander generasi pertama. Dari 6 varian tersebut, tipe Exceed punya 2 pilihan transmisi, sehingga total ada 5 tipe. Sedangkan tipe lainnya hanya disediakan dengan 1 pilihan transmisi.

 

Selain transmisi, masing-masing varian punya perbedaan baik dari spesifikasi maupun fitur-fiturnya. Tentu perbedaan fitur tersebut akan membuat perbedaan harga yang cukup signifikan, mengingat rentang harga Xpander yang cukup luas.

 

Calon pembeli MPV ini tentu ingin tahu apa saja perbedaan tiap tipenya. Mulai dari varian terendah yang berharga paling terjangkau hingga tipe tertinggi yang paling mewah dan paling mahal. Berikut perbedaan masing-masing tipe dan varian Mitsubishi Xpander:

 
 

Dimensi

 

Secara dimensi semua tipe Xpander punya panjang dan lebar yang sama, yaitu 4.475 mm dan 1.750 mm. Sedangkan tinggi berbeda, yaitu 1.700 mm untuk tipe Ultimate, Sport, Exceed A/T dan 1.695 mm untuk tipe GLX, GLS dan Exceed M/T.

 

Perbedaan dimensi juga terjadi pada ground clearance, dimana tipe Ultimate, Sport dan Exceed punya GC 205 mm. Sedangkan tipe GLX dan GLS 200 mm. Perbedaan GC tersebut juga dipengaruhi ukuran ban yang berbeda, yaitu 205/55 R-16 untuk tipe Ultimate, Sport, Exceed, dan 185/65 R15 untuk GLX dan GLS.

 

Berikut data dimensi Mitsubishi Xpander:

Beda dimensi tipe Mitsubishi Xpander
Beda dimensi tipe Mitsubishi Xpander

 

Mesin

 

Mitsubishi Xpander ditenagai mesin berkode 4A91 dengan kubikasi 1.499cc, tenaga maksimum 104 PS (77 kW) pada 6000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Tidak ada perbedaan pada spesifikasi mesin dan sistem penggerak untuk semua tipe, kecuali pilihan transmisi yang terbatas untuk tiap tipenya.

 

Transmisi matic 4-percepatan hanya disediakan untuk tipe Ultimate, Sport dan Exceed AT. Sedangkan tipe standard seperti GLX, GLS dan Exceed M/T hanya disediakan dengan transmisi manual.

 

Xpander berpenggerak roda depan (FWD) dengan suspensi Macpherson Strut Coil Spring pada roda depan dan suspensi torsion beam pada roda belakang. Sedangkan rem, roda depan sudah dilengkapi rem cakram dan roda belakang masih menggunakan rem tromol/drum.

 

Beda Mesin tipe Mitsubishi Xpander
Beda Mesin tipe Mitsubishi Xpander

 

Fitur Keselamatan

 

Dalam hal fitur keselamatan dan keamanan, perbedaan fitur terletak pada pengereman, kamera parkir dan keyless operating system atau start-stop engine button. Selain itu, semua tipe punya fitur keselamatan yang sama.

 

Fitur safety yang sudah ada pada semua tipe antara lain: dual airbags, seat-belt 3-titik pada semua kursi, ISOFIX pada kursi baris kedua, rem ABD dan EBS, kunci immobilizer dan teknologi rangka body yang disebut Reinforced Impact Safety Evolution (RISE).

 

Beberapa fitur hanya ada pada tipe Ultimate dan Sport, yaitu rem BA dan HSA serta keyless operating system. Sedangkan kamera parkir hanya untuk tipe Ultimate.

Beda Fitur Safety tipe Mitsubishi Xpander
Beda Fitur Safety tipe Mitsubishi Xpander

 

Pilihan Warna Eksterior

 

Pilihan warna total ada 5, yaitu hitam, putih, abu-abu, silver dan merah. Namun pilihan warna ini dibedakan berdasarkan varian, yaitu sebagai berikut.

 

GLX : Hitam dan Putih
GLS : Hitam, Putih dan Silver
Exceed MT : Hitam, Putih dan Silver
Exceed AT : Hitam, Putih dan Silver
Sport : Hitam, Putih, Silver, Abu-abu dan Merah
Ultimate : Hitam, Putih, Silver, Abu-abu dan Merah

 
 

Pilihan Warna Interior

 

Pilihan warna interior hanya ada dua, yaitu dual-tone hitam-beige dimana warna beige lebih dominan termasuk warna semua kursi. Pilihan lainnya adalah warna full hitam.

 

Warna interior full hitam hanya untuk tipe sport, sedangkan tipe lainnya hanya ada pilihan warna cerah dual-tone hitam-beige.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

3 thoughts on “Beda Tipe Mitsubishi Xpander, Perbandingan Spesifikasi dan Fitur

Tulis Komentar