Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula, 15 Langkah Memilih dan Mengecek Mobil Bekas

CaruserMagz.com – Hei Sobat, apakah sobat ingin sekali memiliki mobil? atau sudah sangat membutuhkan kendaraan roda empat tersebut, namun anggaran sobat terbatas? Mungkin tips membeli mobil bekas berikut berguna bagi sobat.

 

Membeli mobil baru merupakan impian hampir semua orang di zaman sekarang, namun naiknya kurs dollar terhadap rupiah, mau tidak mau melejitkan harga mobil baru, hingga melewati kemampuan keluarga muda pada umumnya.

 

Membeli mobil bekas merupakan solusi yang lazim dan bahkan jika dilakukan dengan benar, Sobat dapat menikmati kemewahan, fitur dan kenyamanan mobil mahal dengan harga yang terjangkau oleh isi kantong sobat.

 

Mobilitas yang makin tinggi dan tingkat polusi udara perkotaan yang sudah membahayakan kesehatan, menjadikan mobil bukan lagi barang mewah, tapi sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk melindungi anggota keluarga kita dari ketidaknyamanan, ketidakamanan dan polusi udara yang merebak di jalanan.

 

Bagi sobat yang awam tentang mesin, fitur dan kondisi mobil, jangan khawatir dan takut untuk membeli mobil bekas. Di zaman sekarang, apa pun yang kita butuh ketahui, bisa kita dapatkan karena sudah berjejal informasi yang cukup akurat di internet.

 

Berikut langkah-langkah yang perlu Sobat lakukan untuk membeli mobil, khususnya mobil bekas:

 

1. Tentukan Jenis Mobil

 

Pilihlah jenis mobil yang akan sobat beli berdasarkan kebutuhan. Misalnya: MPV, SUV, Hatchback atau sedan. Makin tinggi tipe mobil yang Sobat pilih, maka akan makin tinggi pula anggaran yang harus Sobat siapkan, sehingga tipe perlu disesuaikan juga dengan anggaran sobat. Berikut pertimbangan yang bisa sobat jadikan referensi untuk memilih jenis mobil:

 

MPV : Jika sobat memiliki anggota keluarga yang banyak, atau sering membawa orang tua, sebaiknya Sobat pilih MVP dengan kapasitas 7 penumpang. MPV juga ada berbagai segmen lagi, seperti low MPV, Hi-end-MPV dan MPV Mewah.

 

Jika kebutuhan Sobat hanya kapasitas dan fungsionalitas, maka low MPV sudah mencukupi, jika Sobat menginginkan kenyamanan dan kelegaan kabin, maka Hi-end-MPV bisa Sobat pertimbangkan. Namun jika Sobat membeli mobil untuk kemewahan dan prestise maka Sobat bisa mencari MPV mewah.

 

SUV 7 Penumpang : Jika kondisi jalan di daerah sobat kurang baik, SUV adalah pilihan tepat. Karena memang didesain dengan ground clearance yang tinggi dan kekuatan kaki-kaki lebih baik dibanding jenis mobil yang lain. Jika Sobat punya anggaran sekitar 300 hingga 400 jutaan, untuk memilih SUV idaman, Sobat bisa membaca artikel kami melalui link ini: SUV Besar 7 Penumpang.

 

SUV Kecil (Crossover):  Untuk sobat yang tidak membutuhkan kapasitas penumpang yang banyak, namun memerlukan ground clearance yang tinggi, kaki-kaki mobil yang kuat dan performa yang cukup garang karena kondisi jalan yang kurang baik, maka mobil berjenis crossover adalah pilihan yang tepat.

 

Hatchback : Jika mobil sobat hanya untuk membawa keluarga kecil dengan anak 1 atau 2 saja, mobil hatchback bisa dipertimbangkan. Jika Sobat menginginkan mobil yang hemat bahan bakar dan mengutamakan fungsionalitas ketimbang kemewahan maka hatchback LCGC bisa jadi pilihan.

 

Atau jika sobat tidak suka dengan keterbatasan fitur LCGC, sobat bisa memilih small hatchback non-LCGC yang lebih nyaman dan banyak fitur. Jika menginginkan kabin yang lebih lapang dengan kemewahan dan performa yang lebih baik, sobat bisa memilih compact hatchback yang biasanya merupakan turunan dari versi sedan, namun tentunya sobat harus menyiapkan budget yang lebih banyak.

 

Sedan : Jenis mobil ini cocok untuk sobat yang menyukai kenyamanan interior, kenikmatan mengemudi dan tenaga mesin yang bisa dipacu dengan kecepatan tinggi. Sama halnya dengan hatchback, pemilik sedan pastinya tidak memerlukan kapasitas penumpang yang banyak.
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

19 thoughts on “Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula, 15 Langkah Memilih dan Mengecek Mobil Bekas

Tulis Komentar