Begini Tampang Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2018 Generasi Baru! Yay or Nay?

CaruserMagz.com – Hari ini, 23 November 2017, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan All New Daihatsu Terios dan Toyota Rush generasi baru. Sebelum prosesi resmi buka tudung, penampakan kedua low SUV kembar tersebut sudah berseliweran di media online, media cetak bahkan baliho papan reklame di pinggir jalan.

 
Perubahan Rush dan Terios generasi kedua ini benar-benar signifikan. Analogis dengan berubahnya Kijang Kapsul menjadi Kijang Innova atau Nissan X-Trail Kotak-kotak ke X-Trail yang ada sekarang.

 
Duo kembar yang dulu berkesan mengotak dan jangkung, kini berubah menjadi lebih landai, lebih aerodinamis dan berkesan modern. Di bagian depan, grill, lampu utama dan bumpernya berubah total jadi lebih tajam.

 
Di bagian samping desainnya mengingatkan kita pada istilah fluidic sculpture milik Hyundai Santa Fe, yaitu pada bentuk keseluruhan kaca samping yang meruncing ke atas di bagian belakang. Kesan bertenaga juga disumbang oleh desain spoke velg yang ciamik, menurut kami velg tersebut lebih menawan dibanding milik Mitsubishi Xpander.

 
Beralih ke belakang, perubahan sangat signifikan dilakukan ADM, yaitu hilangnya konde ban serap dan bukaan pintu bagasi yang tidak lagi ke samping, tapi ke atas. Desain lampu belakang juga mengikuti tren masa kini yang memanjang hingga ke pintu bagasi. Kesan aerodinamis juga ditambah dengan adanya antena sirip hiu di atap belakangnya.

 
Tampang Rush dan Terios 2018 ini tetap membawa ciri khas SUV pada umumnya dengan berbagai aksesoris, seperti over-fender hitam yang seperti terintegrasi dengan side-skirt, bumper protector di depan dan belakang, yang semuanya berwarna hitam. Roof Spoiler dan Roof rail tipis juga hadir memberi nuansa gagahnya SUV.

 
Pada Rush 2018 tipe TRD Sportivo, di bagian pintu samping disematkan side-body molding berwarna hitam. Termasuk tambahan sticker bertuliskan “TRD Sportivo” pada pintu baris ke dua.

 
Itulah beberapa perubahan eksterior pada All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2018. Signifikan dan dapat dikatakan mobil yang benar-benar baru dan tidak ada lagi aroma generasi sebelumnya.

 

Tampang Rush Terios 2018 generasi baru
Tampang Rush Terios 2018 generasi baru

Baca juga: Interior Rush Terios 2018 Generasi Baru

 

Opini

 
Perubahan yang dilakukan Daihatsu dan Toyota pada low SUV kembar ini patut diapresiasi. Seolah menjawan semua kritik dari pecinta otomotif Tanah air, terkait desain Rush Terios yang tak kunjung berubah. Semoga saja ada juga perubahan signifikan pada impresi berkendara, pengendalian dan kelegaan kabinnya yang juga banyak dikeluhkan pengguna mobil ini.

 
Jika kita perhatikan, bentuk keseluruhan Rush dan Terios generasi baru ini berbasis konsep Daihatsu FT yang dipamerkan pada GIIAS 2015. Hal itu terlihat dari desain samping dan belakangnya.

 
Namun pada bagian wajah, ternyata tidak benar-benar sama dengan FT Concept. Bahkan bumper depan lebih mirip Konsep Daihatsu DN yang baru-baru saja diperkenalkan di GIIAS 2017.

 
Hal yang langsung menjadi perhatian kami adalah desain grill depan yang seperti Solid Wings Design milik Honda, sehingga banyak yang bilang grill dan lampu depan Rush Terios 2018 ini mirip dengan Honda CR-V generasi ke-4.

 
Tren baru Toyota dan Daihatsu ini sepertinya mengarah ke desain Honda. Hal ini juga terjadi pada Toyota Avanza yang ada sekarang dan pada Daihatsu DN Concept yang rumornya adalah basis dari Avanza-Xenia di masa depan.

 
Menurut kami, desain wajah depan belakang dan body samping Rush Terios baru ini bukanlah desain yang benar-benar indah jika dibandingkan mobil-mobil dari brand Hyundai, KIA atau Mazda.

 
Hal yang kami kurang sereg adalah mengapa hingga kini mobil-mobil Toyota dan Daihatsu di Indonesia seperti belum menemukan ciri khasnya. Seperti gamang meniru-niru desain brand lain. Berbeda dengan brand yang sudah punya ciri khasi, seperti Mitubishi dengan Dynamic Shield Design, Honda dengan Solid Wings, Mazda dengan Kodo dan KIA dengan Tiger Nose.

 
Seharusnya pakem baru yang disebut TNGA seperti pada Toyota C-HR bisa dijadikan desain pakem Toyota, sehingga mobil-mobilnya punya ciri khas. Karena wajah mobil-mobil kembar yang semakin kehonda-Hondaan membuatnya seperti kehilangan identitas.

 
Well, kembali ke bentuk wajah dan bokong Toyota Rush dan Daihatsu Terios generasi kedua ini. Menurut kami masih terkesan membosankan layaknya Toyota Avanza-Daihatsu Xenia yang ada sekarang. Tidak ada hal yang begitu special dari desain ini, berbeda jauh dari ekspektasi kami saat membayangkan Daihatsu FT concept.

 
Ini adalah opini pribadi belaka, jadi mungkin akan banyak yang tidak sependapat. Kami harus minta maaf pada designer-nya.  Namun perlu diingat duo SUV kembar ini adalah jualan ADM yang notabene adalah raksasa otomotif di Indonesia. Sebagaimana kita tahu, apapun yang dijual pabrikan ini akan laris manis seperti kacang goreng. Apalagi dengan perubahan yang signifikan pada desain eksterior, interior dan fitur.

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

One thought on “Begini Tampang Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2018 Generasi Baru! Yay or Nay?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *