Suzuki S-Cross Facelift 2017 Mendapat Perubahan Desain dan Mesin Turbo

CaruserMagz.com – Suzuki S-Cross mendapatkan facelift untuk diluncurkan pada awal tahun 2017. Suzuki menyatakan bahwa perubahan tersebut akan memberikan wajah baru yang lebih gagah, ground clearance yang sedikit lebih tinggi, kabin yang lebih luas dan mesin baru dengan teknologi turbo.
Suzuki S-Cross Facelift 2017 akan debut Global di Paris Motor Show, Oktober 2016
Jika Suzuki S-Cross baru saja sampai di Indonesia pada tahun 2016, di luar sana Crossover segmen C ini sudah akan mendapat facelift. Ketinggalan banget yah pasar otomotif negara kita. Atau mungkin karena mobil ini kurang laku di Indonesia? ah..entahlah..
Akankah facelift ini juga sampai di Indonesia? yang baru masuk ini saja belum begitu laku, jadi harap bersabar untuk yang berminat memiliki S-Cross yang lebih macho ini. Jika S-Cross bernasib sama dengan Suzuki Celerio yang tidak laku, kemungkinan besar tidak akan ada S-Cross facelift 2017 di Indonesia. Who khows.. Namun penampakan eksterior, fitur dan kualitas interiornya cukup menawan, ada harapan mobil ini akan laku di Indonesia jika melihat pendahulunya, Suzuki Sx4.
Suzuki mengumumkan facelift 2017 ini sebagai pra-peluncuran di ajang Paris Motor Show, Prancis pada awal Oktober 2016. Sama halnya dengan pabrikan otomotif lainnya yang telah lebih dulu mengumumkan model-model baru yang akan di pajang pada pameran otomotif terbesar di dunia tersebut. Mungkin untuk memancing para jurnalis dan pecinta otomotif agar memenuhi booth Suzuki saat peluncuran.
Mari kita bahas perubahan apa saja yang dilakukan Suzuki pada mini SUV berfitur penggerak All Wheel Drive ini.
Suzuki S-Cross Facelift 2017

Perubahan Eksterior

Suzuki merubah total tampilah grill depan yang dulunya lebih ke arah elegan, menjadi lebih garang dengan desain front grill garis vertical khas SUV besar seperti yang ada pada Jeep, Landrover dan lain-lain. Untuk menambah kesan berani yang lebih jelas, grill tersebut dibalur full chrom, baik garis vertical maupun garnish chrom lebar dikeliling luarnya.
Grill bumper depan dan desain fog lamp juga mendapat sentuhan baru yan lebih gagah dengan plastik hitam yang lebih lebar. Di sekeliling bagian bawah, dari depan ke belakang juga dibalut plastik hitam khas crossover yang lebih lebar, bahkan ada juga pada bagian bawah pintu samping.
Bumper protector di bagain depan, belakang dan samping dengan aksen silver menambah kesan mewah pada crossover Suzuki ini. Tampilan gagah tersebut juga dipengaruhi oleh ground clearance yang lebih tinggi, sehingga menghilangkan kesan hatchback yang ada pada S-Cross versi sebelumnya.
Lampu utama juga dirubah bentuk dan jeroan dalamnya, hingga nampak lebih rumit dengan beberapa aksen chrom, lampu projector dan LED Daytime Running Light (DRL). Namun perubahan bagian dalam tersebut dikabarkan hanya untuk varian tertinggi. Bentuk lampu utama dibuat tidak lagi datar seperti pada model lawas, tapi lebih banyak sudut dan lekukan.
Perubahan lainnya pada bagian luar adalah desain velg yang nampak lebih rumit dari versi sebelumnya yang datar, walau masih sama mengusung warna two-tone.
Di bagian belakang tidak ada perubahan bentuk secara keseluruhan,baik dimensi, desain bumper, dan spoiler. Perubahan minor yang terlihat adalah pada bagian dalam lampu belakang. Stop lamp LED sudah disematkan pada versi facelift ini.
Suzuki S-Cross Facelift 2017 – Penampakan Belakang

Perubahan Interior

Di bagian dalam, desain dashboard tidak begitu berubah. Namun ada penambahan beberapa ornamen silver pada doortrim dan konsol tengah, perubahan bahan plastik dashboard yang lebih halus (soft touch). Untuk versi eropa, double full sun-roof masih akan ada pada Suzuki S-Cross tipe tertinggi.
Suzuki S-Cross Facelift 2017 – Interior

Perubahan Mesin

Dapurpacu Suzuki S-Cross 2017 ini akan mendapat upgrade signifikan dengan penambahan teknologi boosterjet turbocharge, sehingga pastinya akan memiliki torsi dan tenaga yang lebih besar. Berikut tipe dan tenaga mesin S-Cross:
1. Mesin Bensin 1.0 liter, tenaga 111PS, torsi 170 Nm.
2. Mesin Bensin 1.4 liter, tenaga 138PS, torsi 220 Nm.
3. Mesin Diesel 1.6 liter DDiS, torsi 320 Nm, besar tenaganya belum ada informasi.
Suzuki S-Cross Facelift 2017 – Boosterjet Turbocharged Engine
Tenaga mesin tersebut masih disalurkan ke ban depan, dengan tambahan fitur 4WD yang bisa diaktifkan jika diperlukan untuk menyalurkan tenaga mesin ke semua ban, sesuai kondisi jalan. Transmisi masih menggunakan 5 percepatan baik manual maupun otomatis CVT.
Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

2 thoughts on “Suzuki S-Cross Facelift 2017 Mendapat Perubahan Desain dan Mesin Turbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *