Suzuki Jimny Resmi Dipasarkan Tahun Depan?

CaruserMagz.com, OTO – Semenjak dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 medio Agustus kemarin, kabar dari Suzuki Jimny belum pernah terdengar lagi. Euforia masyarakat terhadap Jimny pun mulai berkurang. Walaupun sempat ada rumor beredar bahwa Suzuki Jimny akan mulai masuk pasar Indonesia pada akhir tahun 2016 ini.
Pihak SIS menyatakan: Suzuki Jimny generasi ketiga akan hadir secara by order – Foto oleh OTO
Pemberitaan terakhir dari ajang GIIAS 2016 terkait Jimny, pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberi konfirmasi bahwa Suzuki Jimny (JB23) yang merupakan generasi ketiga akan mulai tersedia pada kisaran waktu akhir tahun ini atau awal 2017 mendatang. Pihak SIS juga menjanjikan harga jual yang lebih miring ketimbang dari yang ditawarkan oleh importit umum (IU). 
Ya, sejumlah IU sudah memberi jalan masuk lebih dulu untuk Suzuki Jimny 2016. Namun, bagi mereka yang tak sabar menunggu langkah dari SIS dan membeli dari IU harus rela menebus mobil bermesin 1.3 Liter tersebut dengan mahar sebesar Rp 450 – 500 Juta. Sementara jika dibawa resmi oleh SIS ke Indonesia, Suzuki Jimny bisa ditekan harganya. Kisarannya di angka Rp 300 – 320 Juta.
Pihak SIS juga memberikan pernyataan bahwa Jimny generasi ketiga akan hadir secara by order. Dengan kata lain, prosesnya mengharuskan konsumen yang tertarik memiliki Jimny untuk memesan kepada SIS, barulah mereka menggendong Jimny ke Indonesia.
Menurut kabar dan prediksi di India, Jimny generasi ketiga yang ada sekarang di pasar Jepang tidak akan mampir ke negara mereka. Melainkan, pihak Jepang akan menjadikan India sebagai basis lokasi produksi Jimny generasi keempat terbaru pasar 2018.

Produksi tersebut kemudian direncanakan untuk pasar lokal India maupun ekspor ke negara-negara Eropa, Brazil, dan Indonesia. Diprediksikan rencana tersebut bisa mulai direalisasikan pada awal tahun 2017 mendatang.

Suzuki Jimny generasi ketiga (JB23) menggunakan jantung mekanis bensin berkode M13A. Mesin 4-silinder berkapasitas 1.3 liter VVT tersebut menghasilkan daya 85 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.100 rpm.

Seperti para pendahulunya, Jimny modern juga dilengkapi sistem penggerak 4-roda 4×4, dengan distributor tenaga ditangani oleh transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Mendukung akses ke medan tak ramah, ground clearance Jimny berada di angka 190 mm.

Sementara Suzuki Jimny generasi keempat dikabarkan akan menggunakan dapur pacu seperti yang diberikan oleh Suzuki pada Baleno terbaru dan Suzuki Ignis, dengan kode seri K dan berteknologi turbo.
Kontributor:  Guest Writter dari OTO.com

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *