Rem Mobil Terkunci Saat Parkir, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi / Menghindarinya

CaruserMagz.com – Saat musim penghujan, cukup banyak pemilik mobil yang mengalami salah satu atau lebih roda mobilnya terkunci oleh rem. Rem lengket ke piringan cakram atau tromol, sehingga ban tersebut tidak dapat bergerak sama sekali. Hal ini bisa membuat panik bagi yang mengalaminya namun tidak mengetahui cara mengatasinya.

 

Kami ingin berbagi pengalaman, karena pernah mengalami kejadian salah satu roda terkunci oleh kanvas rem, sehingga tidak dapat berputar sama sekali. Di pagi hari saat akan mengeluarkan mobil dari garasi, tiba-tiba mobil terasa pincang dan ada suara mendecit sangat keras. Saat kami menginjak pedal rem, terasa keras karena kanvas rem lengket ke poros roda belakang.

 

Penyebab Rem Mobil Terkunci

 

Ban yang terkunci oleh rem pada umumnya disebabkan oleh kanvas rem yang basah kemudian rem tangan / parking brake diaktifkan dalam keadaan basah tersebut, lalu dibiarkan dalam waktu yang cukup lama hingga mengering. Kanvas rem tromol lebih rentan mengalami hal ini, karena sepatu rem tersebut mengandung bahan asbes yang mudah menyerap air.

 

Contoh kejadian misalnya sobat melewati banyak genangan air saat bepergian atau saat berangkat kerja, hingga bagian kanvas/sepatu rem sempat terendam air. Kemudian saat masih dalam kondisi basah sobat parkir mobil dengan memasang hand-brake, apalagi jika tempat parkir tersebut tidak rata sehingga posisi mobil seperti menanjak atau menurun.

 

Kejadian yang kami alami adalah pada sore hari kami mencuci mobil dan membersihkan bagian velg dan spakbor dengan siraman air terus menerus, sehingga membasahi kanvas rem. Setelah mencuci mobil, kami parkir dengan mengaktifkan rem tangan di garasi dalam kondisi mobil miring ke depan. Dalam kondisi basah dan diberi beban maksimal akan menyebabkan kanvas rem mengering dan lengket ke cakram atau poros tromol. Keesokan harinya saat ingin mengeluarkan mobil, roda belakang terkunci hingga mendecit keras dan meninggalkan bekas di lantai garasi.

 

Pada saat mulai akan berjalan dan melepas tuas rem tangan dari posisi aktif, terdengar suara hentakan tidak normal di arah roda belakang, kemudian mobil berjalan terasa pincang dan berat, selanjutnya ada suara mendecit keras karena ban yang terkunci diseret paksa hingga menimbulkan bekas di lantai garasi. Saat menekan pedal rem, terasa keras sama sekali tidak bisa ditekan layaknya kondisi normal.

 

Cara Mengatasi jika Sudah Terjadi

 

Hal pertama yang kami lakukan saat mengetahui ada masalah dengan rem adalah mengecek ban mana yang terkunci, karena hanya satu ban saja berarti benar ada masalah dengan remnya saja. Apalagi karena mobil yang kami kendarai berpenggerak roda depan, memang paling mungkin masalah hanya pada pengereman saja. Jika mobil sobat adalah mobil berpenggerak roda belakang dan kedua ban terkunci, ada kemungkinan masalahnya lebih besar seperti kerusakan system penggerak roda.

 

Hal pertama yang kami coba adalah dengan menjalankan maju mobil dengan sedikit dikejut beberapa kali, tapi tidak ada perubahan. Kemudian kami coba mundur, ternyata sedikit terbuka karena ban bisa berputar walau masih berat. Lalu kami coba maju-mundurkan terus menerus hingga roda bisa berjalan lancar.

 

Setelah roda bisa bergerak lebih lancar karena kanvas rem yang sudah mulai lepas dari posisi lengketnya, kami jalankan mobil berkeliling sekitar rumah, sambil sering mengaktifkan rem dalam lintasan panjang. Hal ini untuk mempercepat pengeringan kanvas rem atau menggilas debu yang mengeras yang menyebabkan lengket tersebut.

 

Jika langkah seperti di atas tidak berhasil membuat kanvas rem lepas, sebaiknya sobat melepaskan roda kemudian membersihkan system pengeraman secara total. Jika sobat merasa tidak ahli dalam bidang ini, silahkan memanggil montir untuk melakukan pembersihan system rem mobil.

 

 

Cara Menghindari / Mencegah

 

Jika sobat sudah pernah mengalami roda mobil yang terkunci akibat rem yang lengket, sebaiknya ketahui beberapa tips atau cara menghidari kejadian serupa. Beberapa cara mencegah terkuncinya roda ini antara lain:

 

1. Jangan gunakan hand-brake saat parkir dalam kondisi rem basah

 

Saat parkir setelah memcuci roda mobil atau setelah melewati banyak genangan air, sebaiknya tidak mengaktifkan rem-tangan atau rem parkir. Solusinya adalah parkir mobil dengan memasukkan posisi tranmisi ke gigi 1 atau gigi mundur untuk mobil manual, karena kedua posisi tersebut adalah posisi cengkraman transmisi terkuat yang bisa mencegah mobil bergerak maju atau mundur. Solusi lainnya adalah memasang pengganjal ban.

 

2. Jangan parkir dalam kondisi miring ke depan atau belakang

 

Parkir dengan posisi mobil menurun atau menanjak, saat mengaktifkan hand brake, akan menyebabkan rem yang basah menerima beban pengereman maksimal, sehingga kemungkinan lengket menjadi lebih besar. Karena kanvas yang basah akan mengering dalam kondisi ditekan secara maksimal, sehingga jika terkunci akan lebih sulit dilepaskan.

 

3. Bersihkan sistem rem secara berkala

 

Sebaiknya system rem baik tromol atau cakram dibersihkan secara berkala. Misalnya setiap servis rutin di bengkel resmi, sekalian minta agar system pengereman juga dibersihkan, atau dibarengkan dengan ritual ganti oli mesin.

 

Demikianlah sharing pengalaman saat ban mobil kami terkunci akibat kanvas rem yang lengket. Semoga berguna bagi sobat yang mengalami kejadian yang serupa. Jika sobat pembaca punya pengalaman yang berbeda, silahkan berbagi melalui kolom komentar.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

One thought on “Rem Mobil Terkunci Saat Parkir, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi / Menghindarinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *