Tips Memilih Mobil Baru atau Mobil Pertama, Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Membeli Mobil

CaruserMagz.com – Hai Sobat.. mau beli mobil tapi masih bimbang mobil apa? Mungkin ulasan kami berikut ini bisa membantu sobat menentukan keputusan. Mobil apa yang akan dibeli sesuai kebutuhan, keinginan dan budget anggaran yang sobat miliki.
Pameran Mobil Baru di Mall Jakabaring, Palembang
Berbagai motivasi melandasi kita untuk merasa perlu memiliki mobil. Misalnya bagi keluarga muda dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah, mobil lebih banyak dipandang sebagai kebutuhan, karena mobilitas masyarakat modern yang makin dinamis.
Bagi sebagian lainnya mobil merupakan prestise dan eksistensi, misalnya masyarakat golongan menengah ke atas yang ingin menunjukkan status sosialnya, atau para pengusaha yang butuh menampilkan kesuksesan bisnisnya untuk meyakinkan calon pelanggan baru, bahwa perusahaannya mempunyai kemampuan finansial yang baik dan telah berpengalaman, hingga sang boss mampu membeli mobil mewah berharga milyaran rupiah.
Yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah apa saja yang perlu dipertimbangkan bagi calon pembeli saat menentukan mobil pilihannya. Apakah mobil baru atau bekas, apa jenis mobilnya, untuk apa mobil tersebut digunakan dan lain sebagainya. Berikut ulasan rinci yang mungkin bisa Sobat jadikan acuan dalam memilih mobil impian.

1. Jenis Mobil

Beruntungnya kita di zaman sekarang, ada banyak sekali pilihan jenis atau tipe mobil yang bisa dipilih. Namun banyaknya pilihan tersebut terkadang membuat sebagian kita bimbang, jenis mobil apa yang cocok untuk kebutuhan dan keinginan kita.
Berikut pertimbangan apa saja yang perlu sobat perhatikan dalam memilih mobil berdasarkan jenisnya:
MPVDari namanya “Multy Purpose Vehicle” ini adalah jenis mobil yang bisa digunakan untuk banyak keperluan, sehingga daya angkut atau kapasitas penumpang menjadi prioritasnya. MPV punya kapasitas 7 penumpang sehingga cocok untuk sobat yang anggota keluarganya banyak. MPV punya beberapa segmen, seperti low-MPV, Medium-MPV dan MPV Mewah. Jadi tergantung budget sobat, yang mana yang mampu dibeli. Untuk pilihan mobil MPV, berikut listnya:
Low MPV : Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go+ Panca.
Medium MPV : Toyota Innova, KIA Sedona, Nissan Evalia, Nissan Serena dan lain-lain.
Compact MPV : Honda Freed dan Toyota Sienta.
Luxury MPV : Toyota Alphard, Nissan Elgrand, Honda Oddyse, Mitsubishi Delica, dll.
SUV – Jenis ini adalah mobil tangguh dengan ground clearance yang tinggi, kaki-kaki yang kokoh dan suspensi yang empuk. Sangat cocok untuk sobat yang sering melewati jalan yang tidak rata, bergelombang atau offroad. SUV merupakan singkatan dari “Sport utiliy Vehicle” yang punya banyak nama lain seperti Crossover, High Performance Car dan lain sebagainya. Karena tongkrongan yang gagah, fitur yang banyak dan tentunya tenaga yang lebih besar, SUV adalah jenis kendaraan yang tergolong mahal. Berikut beberapa contoh mobil SUV sesuai segmennya:
SUV kapasitas 5 Penumpang:
Semi Crossover:  Toyota Yaris Heykers, Suzuki S-Cross, Nissan Livina X-Gear
Mini SUV/Crossover : Honda HR-V, Nissan Juke, Mitsubishi Outlander.
Medium SUV  : Honda CR-V, Suzuki Grand Vitara, Mazda CX-5, KIA Sportage, Hyundai Tucson,
SUV Mewah Eropa: Semua SUV Eropa seperti VW Tiguan, Mercedes, BMW, Porsche Macan, dll.
SUV kapasitas 7 Penumpang:
Low SUV : Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V
Big SUV : Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan X-Trail, KIA Sorento, Hyundai Santa-Fe.
Hatchback – Jika sobat menginginkan kenyaman mobil sedan, tapi lebih lincah di perkotaan dan harganya lebih murah dari sedan, maka pilihlah mobil hatchback. Ada banyak segmen hatchback yang bisa dipilih, antara lain: Small hatchback, medium hatchback dan luxury hatchback. Ada juga hatchback LCGC yang berharga paling murah.
Small hatchback : Honda Brio, KIA Picanto, Toyota Etios, Nissan March, Daihatsu Sirion, Suzuki Splash, Suzuki Ignis, Hyundai i10, Mitsubishi Mirage, dll.
Medium Hatchback: Toyota Yaris, Honda Jazz, KIA Rio, Hyundai i20, Hyundai Grand Avega, Mazda-2, VW Polo.
Luxury Hatchback: VW Golf, semua Hatchback Eropa dari Mercy, BMW, Audi, dll.
Sedan – Bagi sobat yang membutuhkan kemewahan dan kenyamanan di perkotaan, sedan adalah pilihan yang tepat. Sobat tidak akan mendapatkan daya angkut penumpang yang banyak dengan sedan, tapi performa mesin, kenyamanan dan prestise sedan tentu memberikan nilai sendiri. Siapkan uang yang banyak sekitar 300 juta lebih untuk memboyong sedan baru.
Pilihan sedan di Indonesia antara lain:
Mini Sedan: Toyota Vios, Honda City dan Suzuki Baleno.
Medium Sedan: Toyota Corolla Altis, Honda Civic Sedan.
Luxury medium sedan: Toyota Camry, Honda Accord, Mazda-6, Nissan Teana, dll.
Lebih detail mengenai jenis mobil, silahkan sobat baca pada artikel kami berikut ini: Pilihan Jenis Mobil di Indonesia.
Saran kami, pilihlan jenis mobil berdasarkan kebutuhan dalam jangka waktu yang panjang, karena memiliki mobil seharusnya lebih dari 5 tahun. Kecuali Sobat benar-benar orang kaya yang bisa membeli mobil seperti membeli cemilan. Namun sekaya apapun sobat, membuang-buang uang dengan gonta-gati mobil bukanlah hal yang baik. Akan lebih baik tetap efisien dalam membelanjakan uang dan perbanyaklah menderma dengan kelebihan uang sobat.

2. Kegunaan Mobil

Dalam memilih mobil, pertimbangkan untuk apa sobat menggunakan mobil tersebut, apa tujuan awalnya. Jangan sampai terlalu mengikuti keinginan dan mengenyampingkan kegunaan semestinya atau akibat yang ditimbulkan dari kesalahan memilih mobil.
Misalnya sobat ingin membelikan anak gadis sobat untuk kendaraan sehari-hari dia kuliah. Jangan belikan medium MPV seperti Toyota Innova atau SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport. Karena itu berlebihan dan kurang tepat guna. Sebaiknya belikan dia small hatchback yang lincah, seperti Mitsubishi Mirage, Nissan March atau KIA Picanto.
Atau sebaliknya sobat membeli mobil yang terlalu kecil padahal untuk mobil keluarga yang banyak anggotanya, itu akan membuat penumpang tersiksa. Atau sobat membeli jenis mobil untuk keluarga, tapi digunakan untuk keperluan niaga atau mengangkut barang banyak, itu tidak tepat karena mobil tersebut akan cepat rusak karena didesain bukan untuk membawa beban berat.

3. Seperti apa medan yang ditempuh mobil?

Sesuaikan pilihan mobil sobat dengan medan jalan yang akan ditempuh. Jangan membeli mobil dengan ground clearance yang rendah jika mobil sobat akan sering melewati jalan yang rusak, atau tidak beraspal.
Jika perjalanan yang ditempuh akan sering jauh, misalnya sobat berniat membawa mudik mobil tersebut dari jawa ke sumatera, sebaiknya jangan membeli mobil bermesin kecil, yakinkan mobil tersebut punya tenaga yang cukup dan kaki-kaki yang memadai untuk melewati jalan lintas sumatera yang sering keriting.
Jika hanya untuk digunakan diperkotaan, tentu tidak mengapa membeli mobil seperti sedan, small hatchback atau medium hatchback dengan GC yang rendah.
Jika mobil mewah memang dirasa perlu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan bisnis sobat, itu artinya ada nilai benefit dari kendaraan mewah, dan tentunya menjadi hal yang menguntungkan. Tetapi jika hanya untuk gagah-gagahan, maka itu bukanlah hal yang baik.

4. Harga

Sesuaikan kemampuan finansial dengan pilihan. Jangan mau terjebak hutang kredit yang merusak pola hidup sehat sobat, demi memenuhi nafsu prestise semata. Misalnya karena ingin memiliki mobil SUV besar yang gagah berharga 500 jutaan, sobat menghabiskan seluruh tabungan yang ada. Itu konyol, karena sobat terpaksa berhemat pada hal-hal penting untuk sesuatu yang sebenarnya tidak penting.
Perhitungkan bahwa kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan yang tak terduga dapat terpenuhi setelah sobat membeli mobil. Karena gengsi tidak dapat dimakan, sementara jika badan sakit atau stress karena kesulitan keuangan gara-gara mobil, tentu kita tidak bisa menikmati mobil tersebut dengan tenang.

5. Beli Mobil Baru atau Bekas?

Poin ini ada hubungannya dengan harga, jika kebutuhan mobil sobat adalah mobil dengan spesifikasi tinggi tapi anggarannya tidak mencukupi untuk membeli mobil baru, maka membeli mobil bekas bisa menjadi solusi.
Membeli mobil baru tentu lebih menyenangkan dan lebih sederhana prosesnya dari pada membeli mobil bekas. Tapi cost yang harus dibayar untuk kemudahan dan kepuasan itu tentu jauh lebih mahal jika dibanding sobat membeli mobil bekas.
di lain sisi, membeli mobil bekas tidak dapat dipungkiri ada risiko mendapatkan mobil yang tidak lagi baik kondisinya. Tapi jika sobat teliti dan sabar, membeli mobil bekas bisa menguntungkan. Karena bisa menikmati mobil dengan spesifikasi tinggi, dengan harga yang jauh lebih murah dari mobil baru.
Demikianlah hal-hal yang patut dipertimbangkan saat membeli mobil, khususnya bagi pembeli pemula. Semoga tulisan ini bermamfaat bagi sobat yang sedang merencanakan membeli mobil. Semoga mendapatkan mobil impian yang terbaik.
Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *