KIA All New Picanto Punya Sistem Keamanan Pasif pada Struktur Rangka Body

CaruserMagz.com – KIA All New Picanto adalah small hatchback asal Korea Selatan yang terlaris di Indonesia. Walau kepercayaan masyarakat Indonesia pada produk otomotif Korea belum sebaik brand Jepang, KIA Picanto tetap memikat hati peminat city car berkat tampilan  eksteriornya yang menawan, kualitas interior yang sangat baik dan tentunya harga yang cukup terjangkau.
KIA All New Picanto
Salah satu kelebihan KIA All New Picanto adalah fitur keamanan pasif pada struktur rangka body-nya yang terdiri dari 4 sistem yang  disebut: Strong Body Shell, Upper Body, Under Body dan Side Impact Beam. Berikut penjelasan mengenai 4 sistem keselamatan pada rangka monokok KIA All New Picanto tersebut:

1.Strong Body Shell

Sistem keselamatan ini merupakan struktur rangka mobil yang kuat, sehingga dapat mempertahankan bentuk ruang kabin saat terkena benturan keras dari segala arah, sehingga berfungsi melindungi baik pengemudi maupun penumpang.
Fokus penguatan rangka pada system ini adalah pada bagian bawah pilar A, struktur penguat pada pilar B yang bersambung di bagian atap dan bawah body, serta struktur kokoh pada pilar C yang juga dihubungkan pada bagian atap.
Dengan sulitnya bagian dalam mobil berubah bentuk, walau mobil sudah jungkir balik atau ditimpa mobil lain yang lebih besar dimensinya. Maka kemungkinan selamat penumpang di dalamnya akan lebih besar. Struktur body New Picanto ini sudah menganut sistem body mobil-mobil Eropa yang terkenal kokoh seperti mobil-mobil Jerman.
Sistem Body Hardness pada Rangka KIA All New Picanto

2.Upper dan Under Body

Struktur upper-body merupakan penguat rangka pada bagian atas kap depan, khususnya sekitar pilar A. Sedangkan under-body merupakan body-hardness pada bagian bawah ruang mesin hingga ke platform di bawah pilar A.
Struktur upper dan under body ini terintegrasi untuk melindungi penumpang terhadap benturan dari arah prontal depan. Sehingga kalaupun tabrakan cukup ekstrim, tidak membuat ringsek sampai ke kabin depan. Dengan demikian, kemungkinan selamat pada pengemudi dan penumpang depan jadi lebih besar.

3.Side Impact Beam

Side impact beam merupakan penguat pada struktur pintu, untuk mempertahan bentuk interior mobil saat terjadi benturan keras dari arah samping. Sistem keaman pasif ini sudah mulai marak di mobil-mobil terkini. Jadi apabila mobil di tabrak kendaraan lain dari samping, pintu tidak mudah penyok sampai ke ruang kabin, karena side impact beam seperti menjadi tulang keras bagi pintu.
Mobil-mobil Jepang cukup baru mengadopsi side impact beam pada mobil untuk kalangan menengah ke bawah, sedangkan mobil-mobil Korea sudah cukup lama karena KIA dan Hyundai berkiblat ke Eropa dalam hal system keamanan pasif pada struktur body.
Itulah kelebihan KIA All New Picanto dalam hal pasif safety. Pada versi Eropa, Amerika dan beberapa Negara Asia seperti Malaysia yang cukup ketat peraturan keselamatannya, New Picanto sudah dilengkapi fitur-fitur keselamatan yang lebih advance seperti 6 airbags, rem ABS+EBD+BA, vehicle stability control dan lain sebagainya. Sayangnya, fitur-fitur tersebut tidak disediakan KIA untuk Picanto Indonesia.
Salam Otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *