FIA Rilis Daftar Sementara Pembalap F1 2017, Tak Ada Nama Rio Haryanto

CaruserMagz.com – Badan otoritas Formula One, FIA, telah merilis daftar nama-nama pembalap F1 yang akan berlaga di Grand Prix 2017. Dari 22 kursi yang tersedia, baru ada 18 pembalap yang masuk list, sedangkan 4 kursi lainnya masih menunggu hasil akhir bursa transfer pembalap dan kemungkinan pembalap dari kompetisi lain yang baru akan debut di F1.

F1 2017 akan hadirkan 2 pembalap baru: Stoffel Vandoorne (McLaren) dan Lance Stroll (Williams)

Kursi yang masih kosong tersebut antara lain:
1 kursi di Tim Mercedes-AMG, pengganti Nico Rosberg yang mengundurkan diri.
2 kursi di Manor Racing yang ditinggalkan Esteban Ocon dan Pascal Wehrlein.
1 kursi di Sauber setelah Felipe Nasr terdepak karena mengalami kesulitan sponsor.
Dari daftar nama pembalap tersebut, F1 dipastikan kedatangan 2 pembalap baru, yaitu Stoffel Vandoorne yang sebelumnya adalah pembalap cadangan di McLaren, pembalap asal Belgia ini bisa menjadi pembalap utama karena Jenson Button memutuskan pensiun di musim 2017.

Lance Stroll juga menjadi wajah baru di barisan pembalap utama F1 musim 2017. Stroll akan membalap di Tim Williams Martini, sebagai pembalap kedua setelah Valtteri Bottas, menggantikan Felipe Massa yang juga memutukan pensiun dari F1. 
4 posisi yang kosong akan diperebutkan oleh beberapa pembalap yang belum mendapatkan kursi. Yaitu Pascal Wehrlein, Rio Haryanto, Felipe Nasr, dan beberapa pembalap yang baru akan ke Formula 1, antara lain Jordan King dan Antonio Giovinazzi.
Rio Haryanto sebagai satu-satunya pembalap Asia pada musim 2016, hingga tulisan ini kami rilis, belum ada kejelasan akan membela tim yang mana. Namun Rio mengklaim, dia akan kembali membalap di F1 pada musim 2017 mendatang. Hal tersebut juga diperkuat pernyataan manajernya yang mengatakan bahwa mereka memperoleh titik terang terkait sponsor dari Asia Tenggara.
Peluang terbesar Rio adalah kembali membela Manor Racing, karena ada dua kursi tersedia disana. Sedangkan tim lain yang diincarnya, yaitu Sauber, sudah mengantongi nama Pascal Wehrlein untuk menggantikan Felipe Nasr. Peluang Rio ke Sauber dapat saja terjadi jika Pascal menjadi pengganti Nico Rosberg di Mercedes-AMG. Jika mendapatkan sponsor yang mampu membayar 15 juta Euro, Rio Haryanto dipastikan bisa kembali menggeber jet darat biru-orange milik Manor Racing.

Berikut daftar sementara pembalap F1 musim 2017:

Mercedes-AMG:
– Lewis Hamilton – 44
Vacant

Red Bull Racing:
– Daniel Ricciardo – 03
– Max Verstappen – 33

Scuderia Ferrari:
– Sebastian Vettel – 05
– Kimi Raikkonen – 07

McLaren Honda:
– Fernando Alonso – 14
– Stoffel Vandoorne – 02

Sahara Force India:
– Sergio Pérez – 11
– Esteban Ocon – 31

Renault Sport:
– Nicko Hulkenberg – 27
– Jolyon Palmer – 30

Scuderia Toro Rosso:
– Carlos Sainz Jr – 55
– Daniil Kvyat – 26

Haas F1:
– Romain Grosjean – 08
– Kevin Magnussen – 20

Williams Martini Racing:
– Valtteri Bottas – 77
– Lance Stroll – 18

Sauber:
– Marcus Ericsson – 09
Vacant

Manor Racing Team:
– Vacant
– Vacant

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

One thought on “FIA Rilis Daftar Sementara Pembalap F1 2017, Tak Ada Nama Rio Haryanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *