Motor Listrik Triumph TE-1 Rampung, Capai 96 Km/jam dalam 3,6 Detik

Triumph TE-1 saat Pengujian di trek Balap

CaruserMagz.comMotor Listrik Triumph TE-1 – Pengembangan kendaraan listrik murni tidak hanya untuk kendaraan roda empat. Pabrikan motor juga mulai mengembangkan elektrifikasi pada kendaraan roda dua.

Salah satunya adalah Triumph Motorcycles yang baru saja menyelesaikan pengembangan sepeda motor all-electric TE-1, sebuah konsep motor listrik murni masa depan.

TE-1 dikembangkan dalam kerjasama dengan Williams Advanced Engineering (WAE), Integral Powertrain, dan Universitas Warwick.

Motor Triumph ini dipersenjatai motor listrik tunggal yang menggerakkan roda belakang dengan output tenaga hingga 175 hp, itu sudah selevel tenaga SUV besar semisal Toyota Fortuner atau superbike 1000 cc.

Triumph TE-1 Motor Listrik Performa Tinggi
TE-1 Motor Listrik Performa Tinggi

Kebutuhan daya untuk motor listrik-nya disupply dari baterai kecil buatan Williams yang mampu mensupport jangkauan TE-1 hingga 100 mil (161 km). Baterai tersebut bisa dicas dari 0-80% dalam 20 menit.

Baca:  Yamaha Vino 2022, Skutik Retro Super Irit yang Bisa Tempuh 80 km per Liter BBM

Tes pengembangan akhir dari All-electric bike ini dilakukan di dyno dan di trek balap. Dari pengujian tersebut, diketahui performa TE-1 yang berbobot 220 kg ini bisa melesat dari diam ke 60 mph (96 km/jam) dalam 3,6 detik dan 100 mph (160 km/jam) dalam 6,2 detik.

Pengujian motor listrik super
Pengujian motor listrik pertama dari pabrikan luxury bike

Sejak konsepnya pada tahun 2018, semua mitra telah bekerja dengan kolaborasi, inovasi, dan semangat untuk menghidupkan prototipe pendobrak batas. Sangat menyenangkan mendengar komentar positif pengendara yang menegaskan bahwa dinamika motor selaras dengan DNA Triumph,” tulis Williams Advanced Engineering dalam sebuah pernyataan.

Triumph TE-1 All Electric - Side
Triumph TE-1 All Electric – Side

Kami sangat bangga dapat berbagi hasil positif dari penyelesaian Project Triumph TE-1, di mana prototipe demonstrator telah melampaui banyak target dan harapan awal kami,” kata Nick Bloor, Kepala eksekutif Triumph Motorcycles.

Baca:  Kia Ungkap Teaser Lineup Mobil Listrik, Diluncurkan 2021 hingga 2027

Semua orang di tim senang dengan hasil yang telah kami capai dengan mitra kami, dan bagaimana hasil proyek akan dimasukkan ke masa depan listrik yang akan datang dari Triumph,” pungkas Bloor.

All Electric bike - Kokpit
Triumph TE-1 All Electric – Kokpit

Jika teknologi baterai WAE bisa menyediakan powertrain yang bertenaga sebesar itu dan masih bisa menempuh 160 km sekali cas, maka hasil kerjasama dengan Triumph ini menjadi indikasi optimis untuk motor all-electric masa depan.

Karena dengan baterai yang sama dan motor listrik yang lebih kecil untuk tenaga optimum, maka kendaraan roda dua bertenaga listrik mungkin akan bisa menempuh jarak lebih dari 500 km sekali cas.

Triumph TE-1 All Electric - Rear
Triumph TE-1 All Electric saat uji jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *