Memahami Fitur Active Yaw Control pada New Xpander Cross, Pengertian dan Cara Kerjanya

Pengertian dan Cara Kerja Fitur Active Yaw Control pada New Xpander Cross 2022

CaruserMagz.com – Salah satu fitur baru pada Mitsubishi New Xpander Cross Facelift 2022 adalah Active Yaw Control (AYC). Lalu apa pengertian AYC tersebut? Bagaimana cara kerjanya? Apa kegunaanya? Tentu perlu diketahui oleh para calon pembeli atau pemilik New Xpander Cross.

Fitur AYC terdengar masih asing di Indonesia pada tahun 2022, karena belum jamak pada mobil-mobil sejuta umat. Sebenarnya fitur ini sudah hadir di Indonesia, yaitu pada Mitsubishi Lancer Evo, Eclipse Cross dan Outlander PHEV, namun dua mobil terakhir yang tergolong baru tersebut kurang laris, sehingga fitur-fiturnya kurang dikenal luas.

Fungsi dan Pengertian Active Yaw Control (AYC)

Menurut penjelasan sekilas di situs resmi Mitsubishi, Active Yaw Control berfungsi meningkatkan kestabilan mobil saat bermanufer menikung. Lalu apa bedanya dengan fitur Vehicle Stability Control (VSC)?

Arti kata ‘Yaw‘ dalam bahasa Inggris adalah melenceng dari jalur seharusnya dalam jalur berbelok pada sumbu tertentu, atau dalam kata yang lebih lugas adalah ‘oleng‘.

Baca:  Pilihan Mobil Berfitur ADAS di Indonesia pada 2022, Fitur Sensing Berbasis Radar

Jadi pengertian AYC adalah fitur pengontrol atau pencegah mobil oleng saat menikung. Namun berbeda dari VSC, AYC merupakan bagian dari fitur pengereman sebagaimana ABS, EBD dan BA.

Fitur AYC lebih difokuskan untuk memaksimalkan kestabilan mobil saat menikung dengan kecepatan tinggi atau di jalanan yang licin dan basah.

Perubahan Xpander Cross Facelift 2022 Apa Saja
New Xpander Cross Facelift 2022

Cara Kerja Fitur AYC

Active Yaw Control meningkatkan performa menikung, dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver cepat atau di jalan yang licin, yaitu dengan mengurangi efek under-steer secara signifikan.

Dalam fungsinya, fitur AYC bersinergi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Vehicle Stability Control (VSC), guna meningkatkan faktor keselamatan dan kenyamanan berkendara di berbagai kondisi jalan.

Saat mobil menikung di kecepatan yang cukup tinggi, fitur VSC akan aktif terlebih dahulu dengan mengurangi putaran mesin jika roda mobil agak slip.

Jika dideteksi itu belum cukup menstabilkan mobil, maka fitur AYC diaktifkan secara otomatis untuk menjaga mobil tetap pada jalur yang paling dekat dengan keinginan pengemudi, yaitu dengan mengatur tekanan rem pada roda sisi dalam sudut belokan.

Fungsi Fitur AYC pada Xpander Cross 2022
Fungsi Fitur AYC pada Xpander Cross 2022

Parameter yang dibaca sistem sensor untuk pengaktifan fitur AYC tersebut adalah kecepatan putaran tiap roda, sudut belokan setir, putaran mesin dan tekanan rem. Keempat farameter tersebut diatur secara bersinergi oleh sistem komputer mobil.

Baca:  Fitur Cruise Control Tidak Berfungsi, Ini Kemungkinan Masalah Penyebabnya

AYC menyeimbangkan mobil dengan mensinkronkan kecepatan roda, putaran mesin dan putaran palang kemudi. Sehingga momentum dan kecepatan mobil terjaga, tetapi lebih stabil.

Hasil dari Aktifnya Fitur AYC

Jika fitur AYC diaktifkan, maka saat menikung di kecepatan yang lumayan tinggi semisal 40 km/jam, badan penumpang dan pengemudi tidak akan mengalami efek terlempar ke samping secara keras.

Sebaliknya jika AYC tidak aktif, maka saat meningkung dengan kecepatan tinggi, badan penumpang akan seperti terlempar keras ke sisi luar tikungan, biasanya hingga menghantam doortrim.

Dari sisi pengendalian, fitur AYC akan mengurangi efek under-steer secara signifikan. Under-steer adalah kondisi bagian belakang mobil membuang ke sisi luar tikungan saat bermanufer, sehingga mobil seakan terlempar ke samping.

Baca:  Mengenal Fitur-fitur Canggih Honda HR-V Indonesia, Crossover Atraktif berteknologi Tinggi

Wrap-up

Sebagai kesimpulan dari penjelasan panjang tersebut, bisa kami rangkumkan sebagai berikut:

  • AYC merupakan bagian dari fitur pengereman.
  • Fungsi AYC adalah mengurangi efek under-steer, limbung dan mengurangi radius putas saat bermanufer menikung di kecepatan tinggi.
  • Cara kerja AYC bersinergi dengan fitur Stability Control dan rem ABS.
  • Parameter yang dibaca untuk fitur AYC adalah: putaran mesin, putaran palang kemudi, kecepatan roda dan tekanan rem.
  • Mamfaat fitur AYC adalah menambah kenyamanan penumpang saat mobil menikung dan menambah level keamanan dari efek buruk under-steer dan mobil limbung.

Demikian, semoga penjelasan ini bemamfaat bagi Sobat Car Users yang sedang mencari informasi tentang fitur ACY yang tergolong baru pada Mitsubishi New Xpander Cross 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *