Hyundai IONIQ 5 Mobil Terbaik Dunia, Borong Penghargaan World Car Award 2022

Hyundai IONIQ 5 - Tampak Belakang

CaruserMagz.com – Mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia, Hyundai IONIQ 5, dinobatkan sebagai mobil terbaik Dunia tahun 2022 dengan gelar World Car of The Year 2022 (WCOTY).

Tidak hanya gelar sebagai Best of the Best tersebut, IONIQ 5 juga dianugerahi dua penghargaan lainnya di perhelatan World Car Award 2022, yaitu sebagai Mobil Listrik Terbaik dan Mobil dengan Desain Terbaik.

Kemenangan Hyundai IONIQ 5 tersebut diumumkan dalam siaran pers pada 13 April 2022 yang mengumumkan pemenang World Car Awards (WCA) yang penilaiannya melibatkan 102 Jurnalis otomotif terkemuka berkaliber internasional dari 33 negara.

Untuk kategory World Car of The Year, 3 kandidat terbaik adalah Hyundai IONIQ 5, Ford Mustang Mach-E, dan Kia EV6.

Sebelum 3 calon pemenang WCOTY 2022 tersebut diumumkan, sebenarnya ada 28 mobil kandidat yang dinilai untuk kategori mobil terbaik dunia. Artinya IONIQ 5 mengalahkan 27 saingannya.

Hyundai IONIQ 5 mobil terbaik dunia - Design Car of the Year 2022
Hyundai IONIQ 5 – Design Car of the Year 2022

Sebelumnya WCA telah mengumumkan 18 kandidat pemenang berbagai kategori WCA pada 15 Maret 2022 lalu. Pada akhirnya, Hyundai IONIQ 5 memborong 3 penghargaan sekaligus.

Baca:  Mobil 2500cc juga Nikmati Pajak PPnBM 0%, Innova dan Fortuner Turun Harga

Berikut Daftar pemenang World Car Awards 2022:

  • World Car of the Year – Mobil Terbaik Dunia 2022: Hyundai IONIQ 5
  • World EV Car of the Year – Mobil Listrik Terbaik Dunia 2022: Hyundai IONIQ 5
  • World Luxury Car – Mobil Mewah Terbaik Dunia 2022: Mercedes-Benz EQS
  • World Performance Car – Mobil Performa Tinggi Terbaik Dunia 2022: Audi E-Tron GT
  • World Urban Car – Mobil Perkotaan Terbaik Dunia 2022: Toyota Yaris Cross
  • World EV Car Design of the Year – Mobil dengan Desain Terbaik Dunia 2022: Hyundai IONIQ 5.

Adapun syarat untuk menjadi kandidat World Car of the Year ini antara lain adalah:

  • Harus diproduksi dalam volume minimal 10.000 unit/tahun
  • Harus berharga di bawah harga mobil mewah di pasar utama mereka
  • Harus dijual di setidaknya dua pasar utama (China, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin, AS) di setidaknya dua benua terpisah pada suatu waktu dalam periode 1 Januari 2021 sampai 30 Maret 2022.
Hyundai IONIQ 5 - Car of the Year 2022
Hyundai IONIQ 5 – Car of the Year 2022

Tanggapan Petinggi Hyundai Motor Company

Baca:  Gercep! Hyundai Produksi Mobil Listrik di Indonesia Tahun 2022, Ini Modelnya

Jaehoon Chang, selaku Presiden & CEO Hyundai Motor Company menyampaikan rasa gembiranya dengan penghargaan paling begengsi untuk produk otomotif seluruh dunia tersebut.

Kami benar-benar merasa terhormat untuk menerima penghargaan bergengsi ini, yang mengakui bakat dan kerja keras semua orang dan mitra bisnis kami di Hyundai Motor Company,” ungkap Jaehoon Chang.

Visi kami adalah memungkinkan Kemajuan untuk Kemanusiaan, dan dukungan terhadap pendekatan kami ini akan memperkuat keberanian kami. komitmen untuk mewujudkan visi ini,” sambungnya.

EV kami yang mengubah permainan telah membuat dampak yang kuat pada konsumen yang semakin sadar lingkungan di seluruh dunia, dan keberhasilannya mendukung percepatan elektrifikasi industri otomotif,” lanjut Chang.

Baca:  Hyundai IONIQ 5 Indonesia Resmi Diluncurkan, Mobil Listrik EV Made-in-Indonesia Pertama

Sementara Sang Yup Lee, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pusat Desain Global Hyundai, mengatakan bahwa Ioniq 5 adalah game changer di industri EV.

Dengan IONIQ 5, kami mulai menciptakan pengalaman mobilitas baru, game changer. Kendaraan luar biasa ini dimungkinkan oleh semangat dan upaya para desainer dan insinyur yang mendorong batas-batas dari apa yang mungkin terjadi di ruang EV.” kata Lee.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar