BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Beda Yamaha R15 vs R15M 2022, Apa Kelebihan R15M dengan Selisih Harga 5 Jutaan

Perbedaan Yamaha R15 vs R15M dengan selisih harga 5 jutaan

Share

CaruserMagz.comApa beda Yamaha R15 vs R15M 2022 generasi baru? – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan motor sport fairing sejuta umatnya pada Rabu, 1 Desember 2021 secara virtual, yaitu All New Yamaha R15.

Tak hanya model baru, YIMM juga menghadirkan varian baru yang sekaligus didapuk jadi varian termahal dari model R15, yaitu All New Yamaha R15M.

Lalu apa saja beda Yamaha R15 vs R15M dengan selisih harga Rp 4,6 juta hingga 5,2 juta? Ternyata banyak juga perbedaan fiturnya. Berikut kami detailkan.

Beda Harga

Karena berbeda kasta, tentu R15M lebih mahal untuk kelebihan beberapa fitur, berikut daftar harga OTR tiga varian R15 2022:

  • All New Yamaha R15 – Rp 38,9 Juta
  • All New Yamaha R15M (Icon Performance) – Rp 43,5 Juta
  • All New Yamaha R15M (livery 60th anniversary GP) – Rp 44,1 Juta.

Jika dibandingkan dengan Yamaha R15 versi sebelumnya, peningkatan harganya hanya sekitar Rp 2 jutaan untuk R15 standar. Tapi dari R15 lama ke versi All New Yamaha R15M mencapai 6 jutaan Rupiah.

All New Yamaha R15 - Black dan Icon Blue
All New Yamaha R15 – Black dan Icon Blue

Perbedaan Tampilan

Pilihan Warna – Secara tampilan sudah bisa dibedakan, karena warna-warna yang lebih menarik dihadirkan untuk R15M, sedangkan warna R15 adalah warna normal yang sudah kita kenal pada R15 sebelumnya. Berikut pilihan warnanya:

  • All New Yamaha R15 : Icon Blue (biru) dan Tech Black (hitam).
  • All New Yamaha R15M : Icon Performance (gabungan warna silver dan hitam) dan 60th Anniversary GP Livery (warna motor balap dominan putih dengan stiker merah dan kuning).

Jadi tergantung selera Sobat Rider terhadap warna. Kami pribadi suka pada warna Icon Performance karena warna silver pada motor terkesan mewah dan elegan. Kami kira, varian R15M Icon Performance ini akan jadi best selling untuk generasi ini.

Sticker Identitas – Emblem R15 dan R15M masing-masing tertempel di fairing pada posisi dekat tangki motor. Meskipun hanya sticker, itu merupakan identitas pembeda kasta.

Motif Jok – Jok All New Yamaha R15M dibuat berbeda dengan motif ala carbon, sedangkan R15 jok kulit biasa.

All New Yamaha R15M - Icon Performance dan 60th Aniversary GP Livery
All New Yamaha R15M – Icon Performance dan 60th Aniversary GP Livery

Bobot Motor

Yamaha R15M lebih berat 3 kg dibanding R15 yang 137 kg, artinya R15M berbobot 140 kg. Efek dari bobot yang lebih tentu adalah rasa berkendara yang lebih mantap, di lain sisi sedikit banyak tentu bobot berpengaruh pada keiritan bbm. Namun kami kira, selisih 3 kg tidak akan terasa signifikan perbedaannya.

Kapasitas Aki

All New Yamaha R15 menggunakan aki bertipe YTZ4V atau GTZ4V, sedangkan All New Yamaha R15M menggunakan aki YTZ6V. Perbedaan dari kedua baterai 12V tersebut adalah pada kapasitas real yang hanya 3Ah untuk R15, dan 5Ah untuk R15M.

Perbedaan Fitur

Dual Channel ABS – Yamaha R15M mendapatkan tambahan berupa dual channel ABS yang berarti kedua bannya memiliki fitur rem ABS. Sedangkan R15 hanya pada ban depan.

Panel Instrument – All New Yamaha R15M dibekali panel instrumen baru dengan 2 opsi display yaitu street mode dan track mode. Panel tersebut terinspirasi dari panel instrumen Yamaha R1. Sedangkan pada R15 masih panel standar.

Triple Clamp – Yamaha R15M mendapatkan triple clamp berbeda, yang diklaim terinspirasi dari komponen serupa di Yamaha M1.

Traction Control – All New Yamaha R15M juga dibekali dengan fitur traction control, yang tidak tersedia pada R15.

Fitur-fitur Menarik yang Sama

Yamaha menyematkan beberapa fitur menarik pada kedua tipe R15 ini. Antara lain sebgai berikut:

Konektifitas Y-Connect – yang membuat pemilik motor terhubung dengan pemiliknya melalui smartphone.

Quick Shifter – Yamaha R15 dan R15M telah dibekali dengan quick-shifter-up. Sayangnya tidak disediakan quick-shifter-down untuk turun gigi. Namun sebenarnya ada slipper-clutch yang membantu untuk menjaga putaran mesin saat motor downshift.

Head Lamp LED – yang minimalis tapi cahayanya cukup powerfull hingga mencapai 1000 lument.

LED-DRL – pada sisi kiri dan kanan lampu utama, membuatnya terkesan modern.

Demikianlah perbedaan Yamaha R15 dan R15M yang menyebabkan harganya selisih Rp 5 jutaan. Kontributor terbesar pada perbedaan harga tersebut tentunya adalah fitur-fitur pada R15M yang lebih advance.

Jika Sobat Rider mengetahui perbedaan lain yang kami belum sebutkan pada artikel ini, jangan segan untuk berbagai informasi di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)