Wajah KIA Picanto Facelift 2017 diduga Bocor, ini Penampakannya

CaruserMagz.com – Akun facebook seseorang bernama Ferd, mengunggah penampakan wajah mobil KIA yang diduga adalah Picanto facelift 2017.
Penampakan Fascia KIA Picanto 2017, Versi Facelift ini dikabarkan akan Diluncurkan awal 2017

Dari bentuk head lamp dan bumper, sepertinya tidak ada perubahan signifikan pada basis desain Picanto facelift ini. Tetap mengusung bentuk yang imut dan menawan khas city car Eropa.

Perubahan yang jelas terlihat adalah grill yang dibuat terintegrasi dengan head lamp. Jika pada versi sebelumnya grill tiger nose Picanto terlihat imut dan lebar, serta menampung emblem KIA di tengahnya, maka pada versi facelift 2017 ini terlihat lebih ramping dan ditarik memanjang. Aksen chrom pada bagian bawahnya dibuat bersambung dengan LED yang berada di dalam head lamp.

LED pada head lamp terlihat lebih sederhana dibanding LED milik Picanto Platinum versi lama yang menawan. Sangat disayangkan jika mata jeli Picanto Platinum itu tidak lagi disematkan pada facelift 2017. HID Projector yang menjadi jeroan head lamp sepertinya akan menjadi standar pada mobil-mobil KIA terbaru.

Rendering KIA All New Picanto 2017 – Kontributor Gambar: Ifan Gie (Picanto Club Indonesia, Fb Group)

Logo KIA yang dulu berada di dalam grill kini dipindahkan ke atas, sehingga dengan kombinasi aksen chrom menyambung ke lampu utama, wajah Picanto baru ini mirip dengan KIA Rio facelift yang baru saja diluncurkan pada ajang Paris Motor Show, akhir September 2016 yang lalu.
Pada bagian bumper, grill heksagonal membulat dan foglamp-nya juga mengingatkan kita pada KIA Rio facelift 2017, mungkin hanya ukurannya yang berbeda, tetapi desainnya seperti copy-paste. Perbedaan dari versi sebelumnya, foglamp baru ini dibalut aksen chrom berbentuk segi-empat, Dikabarkan juga foglamp tersebut sudah menggunakan lampu projector.

KIA Picanto Road Test – Jan 2016 – Foto by AutoCar

Dari foto spyshot di atas, bocoran wajah Picanto 2017 tersebut cocok dengan model yang sedang road test ini, terlihat dari bentuk foglamp dan siluet grill bumper di balik kamuflase. Sedangkan desain keseluruhan tidak berbeda dengan versi All New Picanto.
Bagimana dengan mesinnya? Isu yang beredar, tidak ada perubahan pada bagian powertrain Picanto 2017 ini. Masih menggunakan mesin petrol 1250cc 4-silinder, bertenaga 85 hp. Atau pilihan mesin yang lebih kecil, 1000cc 3-silinder, 65 hp pada varian standard untuk menyasar konsumen dengan budget yang lebih sedikit dan juga menginginkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.
Dalam dimensi dan mesin, KIA Picanto selalu dibuat seperti saudara kandung bagi Hyundai Grand i10. Perbedaannya pada desain, dimana Hyundai i10 terlihat lebih datar atau bercitarasa elegan, sedangkan Picanto lebih sporty. Tidak dapat dipungkiri KIA Picanto selalu lebih menawan dari Grand i10 bagi pecinta otomotif Indonesia, hal tersebut dibuktikan dengan data penjualan Picanto yang lebih kinclong bagi dua automaker bersaudara asal Korea Selatan tersebut.
KIA Picanto facelift 2017 ini akan debut pada awal 2017 dan segera meluncur ke pasar global tidak lama setelah prosesi buka tudung pada tahun 2017 itu juga. Entah mengapa KIA tidak merilis city car terlarisnya ini pada ajang Paris Motor Show, akhir September 2016 yang lalu, mungkin team desainnya terlambat memenuhi deadline atau mungkin juga citycar bukan segmen yang dianggap serius oleh raksasa otomotif asal Korea tersebut. Atau KIA ingin menjadikan Picanto sangat special sehingga dilaunching secara terpisah.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *