Toyota Agya Facelift 2017 Resmi Diluncurkan, Ini Ubahan Eksterior, Interior, Mesin dan Harganya

CaruserMagz.com – Hampir berbarengan dengan peluncuran kembarannya dari Daihatsu, Toyota Agya Facelift 2017 resmi diluncurkan di Jakarta pada Jumat 7 April 2017. Hanya berselang beberapa jam dari peluncuran Daihatsu Ayla Facelift 2017, Agya diperkenalkan di venue yang berbeda oleh Toyota Astra Motor (TAM).
Toyota Agya Facelift 2017 – Perubahan pada Eksterior, Mesin dan Fitur
Toyota Agya merupakan hatchback LCGC yang diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sejak tahun 2013, dibawah kerjasama pabrikan Toyota-Daihatsu dan tentunya Astra sebagai raksasa otomotif di Indonesia. Kembar Agya-Ayla sangat sukses di Indonesia, bukan hanya karena harganya terjangkau tapi lebih karena ini adalah jualan Toyota yang mempunyai jaringan dealer terluas di Indonesia.
Apa saja yang berubah dari Toyota Agya Facelift 2017 ini yang membedakannya dari versi lawas? Mari kita simak satu per satu perubahannya.

1. Varian dan Tipe

Toyota Agya facelift kini hadir dengan 2 pilihan mesin, yaitu mesin lama 1.0L dan mesin baru yang berkapasitas 1.2L. Sehingga tentunya menambah jumlah varian yang ditawarkan ke konsumen. Berikut varian dan tipe Toyota Agya Facelift 2017:
Tipe Standar      : Agya 1.0 G MT
Tipe Menengah : Agya 1.2 G MT dan Agya 1.2 G AT
Tipe Tertinggi   : Agya 1.2 TRD MT dan Agya 1.2 TRD AT
Sehingga ada total 5 pilihan varian dan 3 pilihan tipe. Tidak ada lagi Agya 1.0 yang bertransmisi otomatis dan jumlah variannya lebih sedikit dari Daihatsu Ayla.

2. Mesin dan Tenaga

Mesin baru Toyota Agya 2017 ini sudah cukup lama heboh di media otomotif Indonesia. Dapurpacu 1200cc tersebut adalah mesin yang sama dengan milik Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Ayla 1.2, yaitu mesin berkode 3NR-VE dengan teknologi dual-VVTi. Mesin 4-silinder tersebut bertenaga maksimal 88 PS di 6000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4200 rpm.
Tenaga yang sama dengan milik Calya, tapi Agya 1.2 punya bobot yang lebih ringan sehingga akan lebih terasa bertenaga dan tentunya akan lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar dibanding Calya dan Sigra.
Mesin Agya pada versi lama tetap dihadirkan pada Agya 1.0 tipe G MT. Yaitu mesin berkubikasi 998cc 3-silinder dengan tenaga maksimal 67 PS pada 6000 rpm dan torsi 86 Nm pada 3600 rpm. Namun tidak ada pilihan transmisi otomatis untuk Agya 1.0.

3. Eksterior

Tampilan wajah Agya 2017 ini kini ada nuansa Toyota Calya. Hal itu terlihat dari bentuk head lamp depan yang tumplek sama dengan Calya-Sigra, juga dari desain gril trapezoidal-nya. Grill rapezoidal ini sudah menjadi ciri khas mobil-mobil Toyota, khususnya mobil-mobil premium yang dipasarkan di benua Amerika dan Eropa. Lumayanlah, walau mobil LCGC, kini Agya juga membawa karakter mobil mewah Toyota.
Pada bagian fog lamp housing, dibuat seolah-olah terintegrasi dengan grill, berkat plastik hitam yang kemudian dibuat meruncing ke arah fender roda depan. Hingga secara keseluruhan paduan desain grill dan fog lamp ini membentuk seperti kumis tebal pak raden yang meruncing di ujung-ujungnya. Bagi orang yang ill-feel dengan kumis tebal, mungkin desain ini cukup bikin geli atau malah bikin mual.
Bagusnya kini jeroan lampu utama sudah mengikuti tren kekinian, yaitu adanya LED dan Projector head light yang membuat tampilan depan terasa mewah. Di bagian samping hal yang baru adalah desain velg multi-spoke dengan warna dual-tone. Pada varian tertinggi, Agya 2017 ini sudah dilengkapi body kit pada bumper depan dan belakang juga samping.
Di bagian Belakang, desainnya sama persis dengan milik Daihatsu Ayla 2017. Dengan reflector pada pintu bagasi yang lebih kecil dari versi lawas, reflector pada bumper belakang yang dihiasi plastic hitam disekitarnya. Secara keseluruhan, tampilan eksterior Agya 2017 ini sudah seperti hatchback non-LCGC yang cukup menawan.
Hal yang kami sayangkan dari eksterior Agya baru ini adalah handel pintu yang masih model ungkit memberi kesan mobil murah, juga antenna model jadul di pilar A, bukan antenna di belakang seperti pada KIA Picanto atau Mitsubishi Mirage terbaru.

4. Interior

Masuk ke kabin Toyota Agya 2017 ini, tidak ada perubahan bentuk yang signifikan pada dashboard, kursi dan doortrim. Yang berubah adalah tambahan-tambahan aksesoris dan perubahan warna beberapa bagian.
Pada varian tertentu, warna center cluster dirubah menjadi piano-black. Doortrim kini mendapat tambahan bahan pabric, sehingga tidak lagi tampak monoton. Toyota juga mengklaim kini kursi Agya 2017 akan lebih nyaman dari versi lama, karena desain kursinya dibuat semi-bucket dan lebih tebal.

Interior Toyota Agya 2017 – Dashboard

Infotainment system masih menggunakan head unit double din, tapi kini ada koneksi Bluetooth dan sudah ada pengaturan audio melalui tombol-tombol di palang setir (audio streering switch). Sayangnya Agya tipe tertinggi tidak dilengkapi audio head unit dengan layar sentuh seperti pada Ayla 1.2 R-Deluxe. Namun kemungkinan head unit touch screen akan dijual terpisah sebagai produk after market.

Hal yang kami sayangkan dari interior Agya 2017 ini adalah sama dengan Ayla facelift, yaitu bahan interior yang masing kental aura cheap-looknya. Plastik interiornya masih bernuansa murahan dan dengan desain yang kurang aktraktif. Juga head rest yan gmenyatu dengan kursi masih bikin kurang sedap dipandang. Tapi mengingat ini LCGC, itu masih relatif wajar dengan harga yang ditawarkan.

5. Fitur

Beberapa fitur keselamatan dan keamanan ditambahkan pada Agya facelift 2017 ini, antara lain: Rem ABS untuk tipe TRD sebagai varian tertinggi, kunci dengan immobilizer, side beam impact, seat belt reminder dan sensor parkir pada semua varian.
Sedangkan fitur-fitur lama masih ada, seperti isofix, MID dengan eco indicator, dual airbags untuk semua tipe, seat belt untuk 5 penumpang yang sudah retractable dan power windows untuk semua pintu. Untuk ukuran mobil LCGC, fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan tersebut dapat dibilang lumayan lengkap.

6. Pilihan Warna

Selain 5 pilihan warna lama, kini ada satu tambahan warna, yaitu kuning sebagai hero-color untuk Toyota Agya Facelift 2017. Pilihan warna yang tersedia antara lain: Kuning, Hitam, Putih, Silver, Abu-abu dan merah.
Pilihan warna Toyota Agya Facelift 2017
Pilihan Warna Toyota Agya Facelift 2017

7. Harga

Meskipun Toyota Agya ini hanya berkapasitas maksimal 5 penumpang, namun harganya relatif sama dengan Toyota Calya yang berkapasitas 7 penumpang, yaitu dijual dengan rentang harga antara 131,5 juta hingga 151,9 juta rupiah.
Berikut list harga untuk masing-masing varian dan tipe Agya 2017:
Agya 1.0 G MT       : Rp. 131.500.000
Agya 1.2 G MT       : Rp. 134.600.000
Agya 1.2 G AT        : Rp. 147.600.000
Agya 1.2 TRD MT  : Rp. 138.800.000
Agya 1.2 TRD AT   : Rp. 151.900.000
Jadi Toyota Agya ini bukan menyasar konsumen yang tidak mampu membeli Calya, tapi lebih kepada komsumen yang ingin tampil stylist dengan citycar yang lebih lincah dan tidak membutuhkan kapasitas penumpang yang banyak.
Demikian sedikit ulasan mengenai Toyota Agya Facelift 2017. Semoga informasi ini berguna bagi sobat calon pembeli hatchback Toyota yang mungil ini. Silahkan sampaikan uneg-uneg dan pendapat sobat di kolom komentar artikel ini, jika sobat punya saran dan kritik.
Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *