Seberapa Lega Kabin Mitsubishi Xpander? Benarkah Low MPV Terlapang Dikelasnya

CaruserMagz.com – Mitsubishi Xpander diklaim sebagai Low MPV paling lega di kelasnya, mengungguli semua kompetitor, termasuk MPV yang sangat populer seperti, Toyota Avanza dan Honda Mobilio. Seberapa lega kabin Mitsubishi Xpander? Berikut ulasannya!

 

Sesuai namanya yang bisa berarti pengembangan atau perluasan, maka benar ini adalah low MPV terlega dibanding semua kompetitornya, bahkan lebih lega dari low SUV yang setingkat di atas kelasnya.

 

Mitsubishi melakukan research yang  tepat mengenai kebutuhan dan ekspektasi konsumen Indonesia mengenai kelegaan dan akomodasi kabin sebuah mobil keluarga. Low PMV ini mengatasi semua keluhan terkait ruang kabin yang selama ini ada pada MPV yang sudah ada.

 

Berkat dimensi Xpander yang hampir 4,5 meter dan lebar 1,75 meter, Mitsubishi menyediakan total panjang kabin hingga 2.840 mm dan lebar 1.410 mm. Ruang kepala juga sangat lega berkat dimensi tingginya yang mencapai 1.700 mm.

 

Untuk ukuran postur tubuh orang Indonesia yang rata-rata berkisar antara 160 hingga 175 cm, semua ruang kabin low MPV ini mampu memberi ruang yang lega untuk orang dewasa.

 

Duduk di kabin depan terasa sangat nyaman berkat kursi semi-bucket yang seperti memeluk tubuh penumpangnya, ruang kaki sangat lega dan bisa diatur sesuai kebutuhan karena fitur sliding dan reclining pada kursi.

 

Di kursi baris kedua, tersedia kursi untuk 3 orang penumpang dengan fitur sliding yang cukup panjang, sehingga jika tidak ada penumpang di belakang dan kursi dimundurkan sampai mentok, maka akan didapat ruang yang  sangat lega, walau orang berpostur tubuh 190 cm sekalipun.

 

Dengan mensliding kursi baris kedua pada posisi optimum untuk orang bertinggi 175 cm, maka ruang baris ketiga masih cukup lapang untuk orang dengan tinggi yang sama. Lutut kaki tidak sampai harus menyentuh sandaran kursi baris kedua. Bagusnya lagi, sandaran kursi baris ketiga bisa diatur kemiringannya berkat fitur reclining.

 

Hal lain yang membuat nyaman adalah head-rest yang semuanya sudah adjustable atau dapat diatur ketinggiannya. Kemudian jika hanya ada dua penumpang di baris kedua, maka arm-rest di tengah bisa difungsikan hingga memberi kenyamanan dan ruang akses ke baris ketiga yang sangat berguna jika baris ketiga diisi oleh anak-anak.

 

Pelipatan kursi baris kedua untuk menyediakan akses ke baris ketiga juga sudah sangat praktis, yaitu dengan one-touch-tumble yang cukup mengangkat satu tuas, kursi dapat terlipat sempurna dari sandarannya hingga tenpat duduknya. Sehingga penumpang baris ketiga bisa memasuki tempat duduknya dengan tetap elegan. Fitur ini sama dengan yang ada pada Toyota Avanza.

 

Kelegaan ruang bagasi juga sudah sangat memadai untuk mobil MPV, menurut klaim Mitsubishi, dengan semua kursi ditegakkan, bagasi bisa memuat 4 gallon air mineral sekaligus. Pelipatan kursi baris ketiga juga sangat praktis, cukup menarik tali yang telah disediakan di belakang sandaran kursi, lalu kursi bisa dilipat ke depan menghasilkan bagasi yang lebih lega dan rata lantai.

 

Jika masih kurang, kursi baris kedua juga bisa dilipat menyambung sudut kemiringan kursi baris ketiga sehingga menghasilkan ruang berlantai rata, walau tidak rata air, tapi akan memudahkan saat harus menggeser-geser barang di dalamnya. Pola pelipatan ini sama dengan kursi milik Suzuki Ertiga.

 

Begitulah leganya kabin Mitsubishi Xpander, sehingga wajar MPV ini disebut yang terbaik di kelasnya dalam hal kelegaan kabin. Jika sobat menginginkan kenyamanan dan kelegaan untuk semua anggota keluarga, maka mobil ini adalah pilihan yang tepat karena menyediakan kelegaan dengan berlimpah.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

2 thoughts on “Seberapa Lega Kabin Mitsubishi Xpander? Benarkah Low MPV Terlapang Dikelasnya

  • August 21, 2017 at 1:32 pm
    Permalink

    Apakah kelegaan dan kebongsoran bodynya tidak mengorbankan aerodinamika dan kenyamanan?

    Reply
    • September 28, 2017 at 1:03 pm
      Permalink

      Sedikit banyak ada pengaruhnya terhadap pengendalian. Namun tergantung perhitungan pabrikan, untuk mendapatkan komposisi kenyamanan dan pengendalian yang pas.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *