Perbedaan Agya vs Ayla 2017, Ini Perbandingan Lengkap Hatchback LCGC Kembar Toyota-Daihatsu

CaruserMagz.com – Facelift 2017 dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla telah dilepas ke pasar otomotif Indonesia secara serentak pada 7 April 2017 yang lalu. Duo LCGC kembar tak seiras ini merupakan hatchback murah terlaris di Indonesia, berkat harganya yang terjangkau dan jaringan penjualan dan pelayanan purna jual terluas dari raksasa otomotif Toyota-Daihatsu dibawah bendera Astra.
Komparasi Detail Agya vs Ayla 2017, Kembar tapi Tak Sama
Menarik ditelisik apa saja perbedaan dari kedua citycar LCGC ini. Para peminat mobil ini tentunya ingin membandingkan yang mana dari Agya dan Ayla 2017 ini yang lebih menarik dari segi desain, fitur, kelengkapan interior, aksesoris eksterior dan tentunya mana yang lebih tinggi value-for-money-nya.
Untuk itu kami ingin berkontribusi dengan membantu calon pembeli Agya dan Ayla 2017 ini, dalam menyediakan informasi yang detail. Untuk selanjutnya menjadi keputusan sobat pembaca sendiri, yang mana yang akan dipilih berdasarkan selera, kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Berikut komparasi kedua hatchback LCGC ini:

1. Eksterior

Dalam hal menilai desain eksterior, tentu bersifat sangat subjektif. Setiap orang bisa dan sah-sah saja berbeda pandangan. Kami hanya akan mengutarakan pendapat kami pribadi dalam mengulas penampakan eksterior dari kedua LCGC hatchback ini.
Baik Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla 2017 ini, mendapat ubahan wajah yang signifikan, khususnya pada varian tertinggi yang bermesin 1200cc. Namun Daihatsu Ayla yang bermesin 1000cc, masih memberi nuansa versi lama yang kental, khususnya pada bagian lampu utama.
Pada wajah Agya terbaru dan Ayla 1.2 akan kita  dapati nuansa wajah duo Calya-Sigra pada fascia depan, karena bentuk lampu dan grill depannya. Grill trapezoidal, bentuk lampu, aksen chrom dan logo garuda milik Agya 2017 ini sangat mirip dengan milik Calya. Hanya saja pada bagian foglamp housing, dibuat seperti ujung kumis pak raden yang meruncing ke atas dengan garnish plastik hitam. Menurut kami desain tersebut cukup aneh dan terkesan tidak rapi alias seperti ukiran yang dipaksakan.
Sedangkan wajah Daihatsu Ayla 2017 ini terlihat lebih rapi sehingga enak dipandang. Grill atas yang sealur dengan headlamp, berlanjut terintegrasi dengan grill bawah dan foglamp housing. list chrom yang tipis di tengah, bersambung dengan LED positioning pada head lamp memberi kesan elegan, sekilas ada aura VW Polo/Golf. Secara keseluruhan menurut kami desain fascia Ayla 2017 ini lebih menawan dibanding Agya.
Daihatsu Ayla varian 1.0 masih membawa aura versi sebelumnya, hanya saja Ayla 1.0 2017 jadi mirip Agya versi lawas, terutama karena desain grill-nya yang seolah bersambung dengan lampu utama. Sedangkan pada Toyota Agya, tidak ada perbedaan tampilan yang signifikan antara model 1.0 dan 1.2, hanya bagian foglamp yang tidak dibuat seolah terintegrasi dengan grill radiator, sehingga kumis pak raden tidak nampak di sana.

Hal yang berbeda pada tipe tertinggi dari duo LCGC ini adalah kehadiran LED-DRL pada bumper depan new Ayla yang tidak dimiliki Toyota Agya.

Di bagian samping, terlihat New Ayla lebih ramai dengan aksen chrom pada pintu dan ada sticker hitam yang lumaan sporty. Sedangkan pada New Agya, side body molding dibuat sewarna body dan lebih lebar. Pada tipe tertinggi ada sticker TRD yang lebih simpel.

Di bagian belakang, Ayla tipe standar dan menengah bermesin 1000cc punya penampakan bokong yang berbeda dari Agya dan Ayla tipe tertinggi. Spoilernya datar seperti pada versi lama dan reflector pada pintu terlihat lebih memanjang. Desain spoiler Ayla 1.2 juga terlihat lebih sporty dibanding milik Agya, karena ada lekukan seperti spoiler milik Datsun Go. Bagian belakang Ayla juga terlihat berbeda dengan adanya list chrom di sepanjang bawah kaca.

2. Interior

Tidak ada perbedaan signifikan pada desain interior Agya dan Ayla 2017 ini. Pada tipe menengah Daihatsu Ayla dan tipe standar Toyota Agya, ada kombinasi warna hitam dengan kelir piano pada dashboard dan doortrim. Sedangkan pada tipe tertinggi, warna black-piano tersebut diganti aksen silver. Pada tipe tertinggi juga ada sentuhan bahan pabric di doortrim, sehingga pintu bagian dalam tidak lagi nampak monoton.

Hal yang berbeda dari interior Agya dan Ayla 2017 ini ada di baris kedua, yaitu pada Toyota New Agya, sudah disediakan headrest untuk penumpang tengah, sehingga relatif lebih aman bagi leher penumpang tengah, jika terjadi insiden tabrakan atau ditabrak dari belakang.

Perbedaan lainnya adalah safety belt untuk penumpang tengah pada Agya sudah menggunakan sabuk pengaman 3-titik, sedangkan pada New Ayla masih 2-titik seperti model lama.

Standar keselamatan untuk anak balita juga berbeda, jika Toyota New Agya sudah dilengkapi ISOFIX untuk memasang kursi bayi, maka fitur tersebut absen di New Ayla.
Sun visor hanya tersedia untuk pengemudi di Ayla tipe D dan D+, pada Ayla tipe lainnya sudah lengkap untuk pengemudi dan penumpang depan. Sedangkan pada Agya sudah lengkap untuk semua tipe.

3. Varian dan Harga

Varian dan tipe Daihatsu New Ayla 2017 lebih banyak dibanding New Agya, sehingga pilihan varian dengan rentang harga lebih luas ada pada Ayla. Sedangkan New Toyota Agya lebih sedikit variannya. Berikut pilihan varian dan tipe duo hatchback LGCG ini:
Perbandingan Harga tiap Varian New Agya vs New Ayla 2017

Dari table di atas, terlihat bahwa Daihatsu Ayla relatif lebih murah untuk kasta yang sama. Bahkan, tipe termahal Ayla lebih murah dari tipe menengah Agya, padahal pada fitur seperti audio head unit, Ayla 2017 ini lebih menarik dari Agya. Namun secara keseluruhan itu wajar karena pada fitur-fitur lainnya, Toyota Agya punya beberapa kelebihan baik di tipe rendah maupun tertinggi.

4. Fitur Keselamatan

Mengenai fitur keselamatan, Toyota Agya diset selalu punya kelebihan dari Daihatsu Ayla pada setiap kasta variannya. Mungkin hal ini juga yang menyebabkan Agya tetap lebih laris walau harganya lebih mahal. Lebih jelasnya mari kita simak perbandingan fitur keselamatan pada duo LCGC hatchback ini.
Perbedaan Fitur Keselamantan Agya vs Ayla 2017
Perbedaan Fitur Keselamantan Agya vs Ayla 2017
Dari tabel tersebut dapat kita ketahui bahwa Toyota Agya unggul dalam hal fitur keselamatan. Beberapa fitur keselamatan penting seperti Headrest penumpang tengah, rem ABS dan ISOFIX (untuk keselamatan balita), absen di Daihatsu Ayla. Beberapa fitur juga hanya tersedia untuk tipe tertentu pada Ayla, namun tersedia di semua tipe Toyota Agya 2017, seperti Dual Airbags, HMSL, Sensor Parkir dan alarm. Jadi wajar saja jika harga Toyota Agya lebih mahal dari Ayla pada level varian yang sama.

 

5. Fitur Infotainment

Pada fitur hiburan, ada perbedaan mencolok pada Agya dan Ayla 2017 ini. Berbeda dari fitur keselamatan, Ayla unggul dalam hal fitur infotainment, berkat audio head unit touch screen pada Ayla tipe 1.2 R dan R-Deluxe, sedangkan new Agya hanya dilengkapi head unit 2DIN pada tipe TRD. Berikut perbandingan fitur hiburan Agya vs Ayla 2017:
 Fitur Infotainment Agya vs Ayla 2017
Perbedaan Fitur Infotainment Agya vs Ayla 2017

 

6. Teknologi Mesin

Pada tipe standar kedua LCGC ini sama-sama menggunakan mesin 3-silinder 998cc (1.0L), namun Agya dan Ayla 2017 tipe standar tersebut dibedakan pada teknologi mesin, yaitu teknologi VVT-i (Variable Valve Timing – intelligent) yang disematkan pada Toyota Agya, sedangkan Daihatsu Ayla 1.0 tanpa VVTi, masih menggunakan mesin yang sama dengan versi lawas. Teknologi VVTi adalah sistem pengaturan bukaan valve pada mesin sehingga meningkatkan kinerja mesin.
Akibat dari perbedaan teknologi tersebut, Toyota Agya 1.0 punya kinerja mesin yang lebih baik, antara lain: Konsumsi bahan bakar Agya 1.0 lebih irit sekitar 30% dibanding Ayla 1.0L, Getaran mesin Agya 1.0 akan lebih halus, meskipun sama-sama 3-silinder, Tenaga Toyota Agya 1.0 lebih besar 2 PS, yaitu 67PS dibanding tenaga Ayla 1.0 yang hanya 65PS.

KESIMPULAN

Dari perbandingan di atas, dapat kita simpulkan bahwa Toyota Agya punya keunggulan dalam hal fitur-fitur yang lebih banyak, khususnya pada fitur keselamatan. Sedangkan Daihatsu Ayla lebih mengutamakan tampilan eksterior yang menawan sekaligus elegan dan fitur infotainment.
Sesuai pernyataan petinggi ADM saat peluncurannya, Daihatsu Ayla 2017 memang menyasar konsumen muda yang ingin tampil stylist. Sedangkan Toyota Agya punya semboyan, Have Fun, Go Max! yang sepertinya lebih menyasar semua kalangan baik orang muda maupun bagi mereka yang ingin menjadikan Agya sebagai mobil keluarga.
Baca juga:
Demikianlah perbandingan Toyota Agya vs Daihatsu Ayla Facelift 2017. Semoga informasi ini berguna bagi sobat calon pembeli mobil ini. Jika sobat pembaca punya pendapat berbeda atau ingin mendukung tulisan ini, atau jika ada dari ulasan ini yang kurang tepat, silahkan disampaikan melalui kolom komentar artikel ini. Jika ada pertanyaan akan kami jawab semampu kami.
Salam Otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

One thought on “Perbedaan Agya vs Ayla 2017, Ini Perbandingan Lengkap Hatchback LCGC Kembar Toyota-Daihatsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *