Perbandingan Lengkap Toyota Rush vs Honda BR-V, Spesifikasi dan Fitur

CaruserMagz.com – Segmen SUV 7 Seater untuk kalangan menengah ke bawah merupakan pasar yang cukup seksi bagi produsen mobil di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan ramainya mobil jenis ini di jalanan. Melihat kesuksesan Toyota dan Daihatsu dengan duo Rush-Terios yang tidak punya saingan berarti, Honda merangsek masuk ke pasar ini dengan tendangan cukup telak melalui Honda BR-V yang atraktif.

 

Honda BR-V terus menorehkan penjualan yang bagus untuk menggerus pasar SUV murah yang dulunya dikuasai Toyota Rush ini. Tampilan Honda BR-V yang menawan menjadi unsur yang menggoda calon pembeli, bagi yang bosan dengan tampang Toyota Rush yang tak kunjung berubah, BR-V menjadi alternatif paling logis.

 

Memang bagi kebanyakan orang Indonesia, tampilan eksterior menjadi penentu utama selain harga untuk menetapkan pilihan. Namun di era digital ini, sebaiknya sobat calon pembeli mobil terlebih dahulu mencari informasi yang akurat dan lengkap mengenai mobil pilihannya. Untuk membantu sobat yang berminat membeli Honda BR-V atau Toyota Rush, kami ingin menyajikan perbandingan mengenai kedua SUV 7 seater tersebut, khususnya varian tertinggi, yaitu BR-V Prestige CVT dan Toyota Rush TRD Sportivo.

 

1. Spesifikasi

Spesifikasi yang kami maksud disini adalah terkait dimensi dan kelengkapan sistem utama seperti kaki-kaki, suspensi dan sistem kendali. Berikut komparasi spesifikasi BR-V vs Rush tipe termahal.

 

Spesifikasi Honda BR-V vs Toyota Rush
Komparasi Spesifikasi Honda BR-V vs Toyota Rush (Varian Tertinggi)
Dari perbandingan spesifikasi di atas, dapat di detailkan sebagai berikut:
– Honda BR-V lebih panjang 3,6 cm dari Toyota Rush.
– Toyota Rush lebih lebar 1 cm dari Honda BR-V.
– Toyota Rush lebih tinggi 7,4 cm dari Honda BR-V.
– Ground Clearance BR-V hanya lebih tinggi 1 mm, selisih yang dapat diabaikan.
– Radius putar Rush lebih unggul berkar overall length yang lebih kecil.
– Luas Bagasi Toyota Rush lebih besar 39 liter dari BR-V.

 

Ban Toyota Rush lebih lebar 4 cm dari BR-V, sehingga Rush mempunyai kelebihan total 16 cm bidang sentuh dengan jalan dibanding BR-V, positifnya hal tersebut membuat Rush lebih baik grip bannya dan tentunya terlihat lebih kokoh dilihat dari depan dan belakang.

Toyota Rush lebih unggul dalam hal suspensi, berkat suspensi TRD dengan stabilizer pada roda depan dan suspensi multi link pada roda belakang. Sistem suspensi advance ini akan terasa lebih nyaman melibas jalan yang kurang rata.

Sedangkan Honda BR-V lebih cocok di jalan yang berkontur rata karena bantingannya yang lumayan kaku dibanding Rush. Tapi Suspensi yang kaku tersebut memberikan pengendalian dan kestabilan yang baik pada BR-V saat bermanufer di tikungan.

Keunggulan Honda BR-V ada pada teknologi rem yang sudah memadukan ABS dan EBD, sedangkan Toyota Rush hanya memiliki fitur ABS tanpa EBD.

 

2. Mesin dan Performa

Untuk mobil bergenre SUV, performa mesin adalah hal utama yang diharapkan penggunanya. Tampilan yang gagah tentunya harus disupport oleh tenaga dan torsi yang mumpuni. Mari kita simak perbandingan spesifikasi mesin dan performa kedua SUV 7 seater ini.

 

Perbandingan Mesin dan Performa Honda BR-V vs Toyota Rush
Perbandingan Mesin dan Performa Honda BR-V vs Toyota Rush

Dengan volume total silinder yang hanya selisih 2 cc, mesin berteknologi I-VTEC pada Honda BR-V mampu menyemburkan tenaga maksimum yang jauh lebih besar dari Toyota Rush. Total tenaga 120 PS BR-V lebih unggul 11 Ps dari Toyota Rush yang hanya bertenaga 109 Ps. Begitu pun dengan Torsi, BR-V lebih unggul 4 Nm dengan total torsi 145 Nm pada 4600 rpm.

Dengan tenaga yang lebih besar tersebut, BR-V mampu menuntaskan dari diam ke kecepatan 100km/jam dalam 12,2 detik, sedangkan Toyota Rush membutuhkan hingga 14,1 detik.

Kelebihan BR-V selanjutnya adalah pada konsumsi bbm di luar kota yang lebih sedikit hambatan, BRV mampu menembus 16,7 km/liter bbm, sedangkan Rush hanya 13,8 km/liter. Pada kondisi di dalam kota, Toyota Rush unggul tipis dengan 11,7 km/liter dan BR-V 11,1 km/l.

Dalam hal mesin dan performa, Honda BR-V dapat dikatakan menang telak dari Toyota Rush. Sistem transmisi CVT 6 percepatan pada BR-V juga terasa lebih halus dari pada transmisi otomatis convensional milik Toyota rush, sehingga BR-V akan lebih fun to drive.

 

3. Fitur

Kedua mobil ini mempunyai fitur yang lumayan lengkap. Honda BR-V bisa dikatakan beda generasi dengan Rush, sehingga mempunyai beberapa fitur yang lebih kekinian. Dalam hal fitur, Honda memang pada umumnya unggul dari Toyota untuk mobil pada segmen yang sama.

 

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Perbandingan Fitur Keselamatan Toyota Rush vs Honda BR-V
Perbandingan Fitur Keselamatan Toyota Rush vs Honda BR-V

Pada teknologi pengereman, BR-V sudah menggunakan kombinasi antara ABS dan EBD, sedangkan Rush hanya memiliki ABS. Jadi, pengereman pada BR-V akan lebih efektif.

Fitur lainnya yang dimiliki Honda BR-V namun tidak ada pada Rush adalah Vehicle Stability Control dan Traction Control. VSC berfungsi menstabilkan mobil saat menikung dalam kecepatan tinggi, sehingga mobil tidak limbung dan di dapatkan sudut putar yang lebih kecil. Sedangkan traction Control berfungsi mencegah slip pada ban.

Honda BR-V punya keunggulan lagi dalam hal teknologi struktur rangka dan body. Yaitu G-CON+ACE yang berfungsi menjaga keutuhan posisi sasis jika terjadi benturan keras dengan menyalurkan energi benturan pada body, bukan rangka. Sehingga kerusakan interior dapat diminimalisir. Teknologi ini memperbesar kemungkinan selamat pada penumpang pada suatu kecelakaan hebat.

Pada fitur keamanan, Toyota Rush unggul dalam hal sensor parkir yang tidak hanya ada di belakang, tapi juga di depan. Sayangnya Rush tidak dilengkapi dengan kamera parkir, padahal sudah ada monitor di infotainmen sistemnya. Sedangkan BR-V, monitor head unitnya sudah bisa menampilkan view di belakang lengkap dengan penanda jarak dengan objek di belakang.

 

Fitur Infotainment (Audio Visual)

Head unit kedua SUV ini sudah menggunakan monitor layar sentuh berukuran 6,1 inci. Lengkap dengan berbagai konektifitas dan audio video player.

Perbandingan Fitur Hiburan Toyota Rush vs Honda BR-V
Perbandingan Fitur Hiburan Toyota Rush vs Honda BR-V

Phone mirroring sudah bisa dilakukan keduanya dengan konektifitas kabel HDMI atau melalui bluetooth. Koneksi USB dan AUX sudah juga disematkan untuk penggunaan audio visual yang lebih beragam.

HU Rush sudah dilengkapi fitur M-Toyota yang memberi informasi mengenai servis dan bengkel-bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia. Sedangkan HU BR-V dilengkapi Honda Nanoe Technology.

Dalam hal display pada cluster meter, Honda BR-V unggul dengan MID yang lengkap. Sedangkan Rush masih seperti mobil Toyota lama yang tanpa MID, cukup disayangkan karena sekelas Toyota Avanza pun sudah ada MID.

Selain hal di atas, pada dasarnya fitur audio sistemnya sama, seperti radio, DVD player, audio steering control pada palang setir dan lain-lain. Sayangnya monitor touchscreen pada BR-V dan Rush tidak sekalian difungsikan untuk navigasi.

 

Fitur dan Kelengkapan  Interior

Kenyamanan interior kedua mobil ini didukung berbagai fitur seperti pada tabel perbandingan di bawah ini:

Perbandingan Fitur Interior Toyota Rush vs Honda BR-V
Perbandingan Fitur Interior Toyota Rush vs Honda BR-V

Kenyamanan kabin tentunya harus didukung pengatur temperatur ruangan. Honda BR-V kembali unggul dengan pengaturan AC digital dan otomatis, tampilan dashobard jadi enak dipandang. Sedangkan Toyota Rush masih terlihat jadul dengan model kenop putar.

Toyota Rush unggul dalam hal kenyaman kursinya dengan kontur yg lebih tebal dan bahan pembalut kain yang lebih halus. Kursi Toyota Rush lebih empuk, sedangkan busa tipis kursi BR-V membuatnya nampak ringkih. Parahnya pada kursi baris ketiga, jika dipegang dengan kuat, tulang-tulang kursi sangat terasa. Akan sangat tidak nyaman bagi penumpang BRV, apalagi untuk perjalanan jauh. Positifnya, kursi tipis tersebut menghasilkan ruang kabin yang terasa lebih lapang.

Dalam hal kepraktisan, Honda BR-V unggul dengan banyaknya ruang penyimpanan terbuka pada dashboard. Pada Toyota Rush, sama sekali tidak ada ruang penyimpanan kecil pada dashboard.

Selain hal-hal di atas, kedua SUV ini punya kelengkapan interior yang lumayan baik seperti: adalanya pelapis kulit pada lingkar kemudi, pengaturan ketinggian posisi setir (tilt steering), pengaturan ketinggian kursi pengemudi, dan lain sebagainya.

 

Fitur dan Aksesoris Eksterior

Tampilan gagah eksterior merupakan keharusan pada mobil SUV, sehingga harus didukung dengan berbagai fitur dan aksesoris. Berikut perbandingan kelengkapan ekterior BR-V vs Rush:

Perbandingan Fitur Eksterior Toyota Rush vs Honda BR-V
Perbandingan Fitur Eksterior Toyota Rush vs Honda BR-V

Toyota Rush punya kelebihan dengan spion lipat elektrik atau sering disebut retractable door mirror. Fitur ini belum disematkan pada Honda BR-V varian tertinggi sekalipun. Tapi Honda BRV punya washer pada kaca belakang, sehingga tidak harus kondisi hujan untuk mengaktifkan wiper belakang.

Aksesoris khas SUV sudah ditaburkan pada kedua mobil ini dengan cukup lengkap, seperti roofrail, over fender, bumper cover depan dan belakang, side skirt dan lain-lain. Hal yang berbeda, Toyota Rush dilengkapi sticker sporty pada sisi samping baik sticker TRD di bagian bawah pintu, maupun tambahan sticker pada bagian atas di dekat kaca.

Kelebihan Honda BRV adalah projector head lamp untuk semua tipenya, sedangkan Toyota Rush lampu projector tersebut hanya untuk tipe TRD Sportivo dan Ultimo. Namun lampu belakang Rush dengan LED berbentuk huruf C, lumayan sedap dipandang.

 

4. Desain dan Build Quality

Penilaian desain harus kami perjelas bahwa ini adalah penilaian subjektif kami, jadi tidak mutlak benar dan setiap orang punya pandangan yang sah-sah saja berbeda, karena terkait selera masing-masing.

Menurut kami desain eksterior Honda BR-V lebih sedap dipandang dibanding Rush. Meski BR-V merupakan SUV yang gagah, ia juga terlihat elegan dan cantik. Shape khas Honda yang tajam dipadu dengan basis desain Mobilio, membuat BR-V tampak lebih kekinian.

Sedangkan Toyota Rush sudah lebih dari satu dekade bentuknya tidak berubah secara signifikan, faceliftnya hanya merubah tampilan wajah. Nuansa futuristik tidak terlihat pada SUV terlaris di Indonesia ini.

Masuk ke kabin, desain dashboard dan keseluruhan interior BR-V kembali unggul. desain interior BR-V berada satu basis dengan Honda Jazz, Mobilio dan Brio. Sedangkan desain interior Toyota Rush juga belum berubah secara signifikan, bentuk dashboard yang flat dan doortrim yang masih seperti dulu, membuat tampilannya nampak jadul.

Namun Toyota Rush punya keunggulan dalam hal kualitas bahan interior yang lebih baik dan finishing yang lebih rapi. Bahannya terasa lebih tebal dan finishingnya lebih presisi dibanding BR-V.

 

5. Harga

Varian Toyota Rush lebih banyak karena ada varian manual dan otomatis untuk semua tipe. Sedangkan BR-V dibuat lebih sedikit karena tidak ada varian otomatis untuk tipe terendah dan tidak ada varian manual untuk tipe tertinggi.

Perbandingan Fitur Harga Toyota Rush vs Honda BR-V
Perbandingan Fitur Harga Toyota Rush vs Honda BR-V

Untuk tipe tertinggi hanya berselisih harga sebesar 150ribu rupiah saja, sehingga dapat diabaikan, Honda BR-V dibanderol lebih mahal dengan harga 263,2 juta rupiah. Sedangkan Rush 262,95 juta.

Pada tipe menengah dan standar, Toyota Rush ternyata lebih mahal dari BR-V, dengan selisih harga cukup lumayan, yaitu 7 hingga 11 juta rupiah.

Sehingga dengan fitur yang lebih lengkap dan tampilan eksterior dan interior yang lebih atraktif, dapat dikatakan Honda BR-V unggul dalam hal value for money. Namun harga Toyota Rush yang lebih mahal tersebut cukup worted juga mengingat kenyaman, bantingan suspensi yang empuk dan kualitas interior yg lebih baik.

 

6. Opini Pengguna

Kebanggaan Pengguna

BR-V: Desain menawan, pengendalian yang fun to drive, Fitur berlimpah, tenaga besar, mesin halus.
Rush: Perawatan mudah, spare part terjamin dan mudah didapat, tampilan gagah/sporty, bagasi luas.

 

Keluhan Pengguna

BR-V: Kursi tipis dan terasa keras, spare part dan aksesoris mahal, kualitas speakers terasa kurang mantap, bahan dashboard terasa kurang bagus (kesan plastik keras dan tipis).
Rush: Limbung, kabin terasa sempit, tenaga kurang impresif (terasa kurang untuk bodynya yang lumayan bongsor).

 

Kesimpulan

Kesimpulan dari review ini kami rangkumkan sebagai berikut:

Mesin dan Performa:  Honda BR-V: *****   Toyota Rush: ***
Fitur:   Honda BR-V: ****    Toyota Rush: ***
Kenyamanan:  Honda BR-V: ***  Toyota Rush: ****
Kepraktisan:  Honda BR-V: ****  Toyota Rush: ***
Harga (value for money):  Honda BR-V: ****   Toyota Rush: **

Jika sobat menginginkan mobil yang berlimpah fitur, asyik dikemudikan dengan power yang besar dan stabil saat menikung pada kecepatan tinggi serta lebih berkesan kekinian, tentu honda BR-V akan lebih menarik. Namun suspensinya yang kaku akan terasa kurang nyaman di jalan dengan kontur kurang rata. Honda BR-V lebih disukai orang-orang muda yang ingin tampil stylist.

Bagi sobat yang lebih mementingkan biaya servis dan harga sparepart yang lebih murah, Toyota Rush akan lebih tepat. Kenyamanan interior Rush juga cukup baik.

Rush banyak diminati orang-orang yang lebih mapan dan tidak begitu mementingkan tenaga yang besar saat berkendara.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.