Perbandingan Mitsubishi Mirage 2016 vs Versi Lama, Perubahan yang Menjawab Kritik & Keluhan

CaruserMagz.com – Empat tahun setelah kemunculannya pada tahun 2012, baru pada tahun 2016 ini Mitsubishi Mirage mendapatkan facelift. Pada tahun 2015, Mitsubishi melakukan perubahan, namun tidak begitu kentara, karena hanya menambahkan varian Mirage Sporty yang juga tidak begitu berbeda dari versi standardnya, alias hanya didandani dengan sticker dan aksesoris.

Mitsubishi Mirage Facelift 2016 vs Mirage Lama
Facelift di Indonesia sebenarnya cukup terlambat, di negara-negara lain di Asia, seperti Thailand dan Pilipina, Mirage facelift ini telah diluncurkan pada akhir tahun 2015. Sehingga tidak begitu surprise lagi bagi pecinta otomotif tanah air. Namun bagi peminat mobil ini, tentunya ini adalah kabar yang baik dan bisa memperkuat hasrat mereka untuk membeli mobil hatchback mungil Mitsubishi ini.
Mari kita simak, apa saja perubahan pada Mitsubishi Mirage 2016 yang membedakannya dari versi lawas.

1. Perbedaan Eksterior

Secara keseluruhan bentuk, sebenarnya tidak ada perubahan signifikan dengan versi lama, misalnya dimensi, lekukan-lekukan aerodinamis dan bentuk head lamp, semua masih sama. Perubahan yang dilakukan Mitsubishi hanyalah penambahan hiasan chrom dan bentuk grill. Berikut perubahan eksteriornya:
Perubahan Tampilan Wajah – Cukup banyak perubahan pada tampilan depan Mitsubishi Mirage Facelift 2016 ini. yaitu desain grill bumper baru yang menyatu dengan rumahan fog lamp serta hiasan chrom bermotif double garputala. Bentuk grill atas yang lebih lebar untuk menampung emblem tiga berlian di dalamnya serta dihiasi aksen chrom disekeliling grill tersebut. Bentuk cap mesin juga berubah dari versi lama dengan tambahan 2 garis aerodinamis.
Velg Alloy yang baru – Jika pada versi lawas velg alloy Mirage sangat sederhana dan cenderung nampak jadul, maka perubahan pada facelift 2016 ini cukup bagus dengan velg multispoke dan two-tone color, serta ukuran yang lebih lebar 1 inchi, yaitu 15 inchi pad tipe GLS dan Exceed. Lumayan membuat tampilan Mirage 2016 ini nampak lebih gagah dibanding Mirage lama.
Roof Spoiler Baru – Spoiler di bagian belakang Mitsubishi Mirage 2016 ini Nampak sedikit lebih besar dibanding pada versi lawas, walau mungkin tidak begitu teresa, seharusnya akan ada perubahan pada pengendalian mobil ini, misalnya down force di bagian belakang yang lebih baik yang menyebabkan grip ban belakang ke jalan lebih kuat. Pada facelift 2016 ini memang Mitsubishi berusaha memperbaiki pengendalian mobil ini yang pada versi sebelumnya banyak dikritisi pecinta otomotif.
Reflector Baru – Pada bagian belakang, ada perubahan yang cukup jelas, yaitu penambahan reflector yang memanjang, hampir mirip dengan reflector milik Daihatsu Sirion.
Rear Parking Sensor – Selain reflector baru, kini bokong Mirage 2016 juga dilengkapi sensor parker, dimana fitur ini sebelumnya tidak ada pada Mirage versi lama.

2. Perubahan Interior

Seperti halnya eksterior, perubahan interior dari segi bentuk dan desain tidak menjadikan Mirage facelift ini begitu berbeda dengan versi lama. Desain dashboard, doortrim, kursi dan kepraktisannya masih sama. Berikut detail perubahan interior apa saja yang mebedakannya dari versi lawas:
Lingkar Setir – Ada perubahan pada lingkar kemudi, yaitu penambahan aksen warna black-piano pada bagian bawah. Desain ini seperti sedikit meniru desain KIA All New Picanto, hanya saja pada Picanto aksen warna tersebut adalah putih silver. Dari segi bentuk desain, tidak ada perubahan dari Mirage versi lama.
Bahan dan Warna Kursi – Secara kasat mata, warna kursi dibuat berbeda. Khususnya pada tipe Exceed. Jika pada Mirage Exceed lama warna seluruh permukaan kursi dibuat putih ivory, maka pada versi facelift 2016 ini, warna putih tersebut dikurangi hanya ada di bagian dalam saja, sehingga warna kursi lebih cantik. Selain warna, perubahan bahan pembalut kursi terasa lebih halus dari versi sebelumnya, sehingga menambah kenyamanan penumpang.
Desain Kursi Belakang – Kursi belakang Mitsubishi mirage versi lama memang terasa kurang manusiawi, seperti dudukannya rata seperti bangku sekolah, dan tidak dapat dilipat sebagian. Semua kekurangan tersebut telah diperbaiki oleh Mitsubishi pada versi facelift 2016 ini. Pelipatan kursi sudah dibagi 2, dengan komposisi 60:40, sehingga jika membawa tidak terlalu banyak barang, kursi bisa dilipat hanya satu saja dan kursi lainnya masih bisa digunakan untuk penumpang. Dudukannya juga tidak lagi rata seperti papan, sehingga penumpang bisa duduk lebih nyaman. Namun sayangnya kursi belakang ini masih terlalu tegak sama seperti versi lawas, sehingga kurang nyaman bagi penumpang belakang untuk perjalanan jauh.
Head Rest Kursi Belakang – Berbeda dari versi lawas yang headrestnya hanya ada dua gundukan kecil dan tidak adjustable, pada versi facelift 2016, sudah dibuat headrest yang adjustable, dan bahkan sudah disediakan 3 headrest, ini perbaikan yang sangat baik sehingga lebih mengakomodir keamanan untuk penumpang dengan postur tubuh lebih tinggi.

Kursi Baris Kedua Mirage Facelift 2016 dengan 3 Adjustable Head Rest – Gambar oleh OTO.com

3. Perbedaan Fitur

Tidak ada perbedaan fitur antara versi facelift 2016 ini dengan Mirage versi lawas. Karena memang Mitsubishi tidak menitik beratkan facelift ini pada fitur. Jadi bagi sobat yang tidak begitu peduli dengan tampilan eksterior dan interior tapi lebih mempertimbangkan fitur Mitsubishi Mirage yang berlimpah, maka membeli Mirage bekas versi lawas adalah pilihan yang masih cukup relevant.
Dari segi fitur, memang Mitsubishi Mirage masih unggul dari kompetitor-kompetitornya di kelas small hatchback ini, kecuali jika bersaing dengan Nissan March XS yang sudah sama fiturnya, namun mempunyai tingkat kenyamanan dan kelegaan kabin yang lebih baik.

4. Kaki-kaki dan Pengendalian

Mitsubishi menyatakan bahwa facelift 2016 ini dititik beratkan untuk memperbaiki pengendalian atau kenikmatan mengemudi. Banyak komentar dari pecinta otomotif  bahwa salah satu kelemahan Mitsubishi Mirage versi lawas adalah pengendaliannya yang kurang baik, seperti efek limbung dan grip bannya ke jalan kurang baik karena ban terlalu ringkih atau kurang lebar.
Untuk itu, Mitsubishi melakukan tuning pada kaki-kaki Mitsubishi Mirage 2016 ini agar bisa tetap nyaman saat dibawa menikung pada kecepatan menengah dan tinggi. Kemungkinan kaki-kakinya akan lebih kaku dan bantingan suspensi mungkin menjadi lebih keras dari versi lawas.

5. Pilihan Warna

Jika pada versi lawas hero color Mitsubishi Mirage adalah merah, maka pada versi facelift 2016 ini, sama halnya dengan di negara-negara tetangga, warna unggulan adalah warna ungu solid, namun bedanya tidak ada warna orange untuk varian yang dijual di Indonesia.
Demikianlah perbandingan antara Mitsubishi Mirage baru dan lama, Cukup banyak perubahan yang menjawab kritik para pecinta otomotif dan keluhan pengguna Mitsubishi Mirage versi lawas. Semoga ulasan kami ini berguna buat sobat yang sudah berminat membeli mobil ini. Jika sobat berminat membeli mobil bekas versi lama, sobat juga jadi tahu apa saja kekurangannya dibanding Mirage Facelift 2016.
Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *