Penampakan KIA Stonic Kian Jelas, Gambar Tampilan Asli Dirilis

CaruserMagz.com – Setelah merilis sketsa desain KIA Stonic, seperti biasa akan disusul oleh rilis tampilan asli dari mobil barunya oleh KIA Design Center sebelum peluncuran resmi. Tampilan versi digital ini biasanya tidak akan berbeda dari tongkrongan asli mobil KIA, seperti yang sudah-sudah.

 

Seperti dirilis Carscoops.com, petinggi KIA Eropa mengungkapkan bahwa mereka optimis, bahwa KIA Stonic akan menjadi salah satu model best selling KIA secara global karena beberapa alasan.

 

“Kia Stonic akan menjadi salah satu mobil baru yang paling menarik di kelas yang sedang berkembang pesat ini, didukung oleh garansi unik KIA dan reputasi brand untuk keandalan, kualitas dan desain kontemporer. Seiring meluasnya segmen (SUV), Stonic tampaknya akan menjadi salah satu mobil terlaris kami,” kata Michael Cole, selaku COO dari Kia Motors Europe.

 

Fascia depan KIA Stonic ini ternyata tidak banyak berbeda dari versi teaser-nya, hanya saja sedikit lebih bolt. Berbeda dari sepupunya Hyundai Kona yang didesain agak nyentrik ala Nissan Juke, Stonic lebih bermain aman dengan ciri khas desain KIA dan tampilan mainstream mobil masa kini.

 

Stonic dan Kona akan bertarung di pasar global pada SUV segmen-B atau small-crossover. Sehingga akan menjadi kompetitor bagi Toyota C-HR, Honda HR-V, Mazda CX-3, Renault Capture, Ford EcoSport, Mitsubishi Outlander, Nissan Juke dan lain sebagainya.

 

Dari rilis versi digital ini, dapat kita ketahui bahwa crossover KIA baru ini dibuat berwarna dual-tone. Stonic disediakan dengan 20 pilihan kombinasi warna dual-tone. Warna kedua akan menjadi kelir bagi pilar-A, keseluruhan bagian atap, spion dan rear-spoiler. Warna tersebut juga akan menghiasi interior pada bagian konsol tengah dan center-cluster.

 

Di bagian belakang, kita melihat aura KIA Sportage pada rear-lamp dan pilar-C, berbeda dari versi sketsa yang belakangnya lebih ke arah KIA Rio generasi ke-3. Hal yang unik dari Crossover ini adalah tidak adanya extensi kaca pada pilar-C seperti kebanyakan SUV yang ada sekarang.

 

KIA Stonic - Belakang
KIA Stonic – Tampak Belakang

Kaca pintu belakang seperti terpotong. Mungkin akan terkesan bagus jika disambung hingga ke kaca belakang seperti pada Nissan March 2017. Namun tentunya menjadi unik itu lebih baik daripada meniru produk pabrikan lain.

 

Hal yang enak dilihat pada bagian buritan ini adalah bumper protector beraksen silver dipadu dengan single exhaust yang sudah bermotif chrom. Bentuk lampu reflector juga nampak tidak mainstream dan berkesan gagah.

 

Di bagian wajah, KIA Stonic sudah mengusung semua aksesoris dan kelengkapan kekinian, seperti Projector head-light yang dipadu dengan LED-DRL pada lampu utama, projector foglight dengan desain rumahan vertical. Hanya saja, bentuk lampu utama ternyata tidak seramping versi sketsa.

 

Ciri khas mobil KIA tak ketinggalan, yaitu grill tiger-nose yang dibuat 3-dimensi dan berukuran bolt, hingga grill tersebut berkesan seperti bibir tebal yang sedang tersenyum.

 

Seperti yang kami duga sebelumnya, interior KIA Stonic ini akan senada dengan interior KIA All New Rio 2017. Bentuk dashboard dengan segala kelengkapannya tumplek sama dengan Rio, termasuk bentuk lingkar kemudi dan palang-palangnya.

 

Desain interior ini berbeda dari milik Hyundai Kona yang nampak lebih sederhana. Dashboard Stonic terlihat lebih modern walau sama-sama mengusung floating head unit. Lingkar kemudi yang dibuat agal flat-bottomed lumayan memberi kesan bahwa ini mobil mahal.

 

KIA Stonic - Interior
KIA Stonic – Interior Modern dan Sporty

Head unit berupa monitor layar sentuh telah dilengkapi berbagai fitur kekinian seperti Android-Auto dan Aple CarPlay sebagai standar. Koneksi bluetooht, USB dan AUX juga terlihat dari rilis ini. Tak ketinggalan fitur yang hampir wajib untuk mobil-mobil di Eropa adalah satellite navigation.

 

Panel AC persis sama dengan milik KIA Rio 2017 versi Eropa, yaitu AC Digital otomatis dan tombol-tombol ala kokpit pesawat yang terlihat canggih. Untuk menghidupkan mesin, tak terlihat lubang anak kunci disana, melainkan ada tombol start-stop engine.

 

Sedangkan bagian mesin, KIA Stonic akan dipersenjatai powertrain yang sama dengan Hyundai Kona. Yaitu pilihan mesin 1.000cc T-GDI 4-silinder berteknologi turbo dengan tenaga maksimum 120 PS dan torsi sekitar 170 Nm.

 

Mesin tanpa turbo berkapasitas 1.250cc dan 1.400cc naturally aspirated juga disediakan. Sedangkan untuk mesin diesel, kapasitas silindernya adalah 1.600cc, mesin diesel tersebut diklaim menghasilkan rating emisi terendah di kelasnya.

 

KIA Stonic ini juga akan dilengkapi berbagai fitur asistensi utuk pengemudi seperti: Autonomous Emergency Braking yang dikombinasikan dengan pedestrian recognition dan Forward Collision Alert, Blind Spot Detection termasuk Rear Cross Traffic Alert, serta Lane Departure Warning System.

 

KIA Stonic ini diharapkan sudah mulai dijual di Eropa pada kuartal ke-3 tahun 2017.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

One thought on “Penampakan KIA Stonic Kian Jelas, Gambar Tampilan Asli Dirilis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *