Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4 CKD, Fitur Bikin Harga Lebih Mahal dari CBU

CaruserMagz.com – Mitsubishi Pajero Sport versi CKD terus dikembangkan oleh PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia. Setelah meluncurkan Pajero Sport Ultimate sebagai varian CKD pertamanya pada bulan April 2017 yang lalu, PT MMKSI secara resmi meluncurkan Pajero Sport Dakar 4×2 dan Dakar 4×4 sebagai varian CKD baru pada Rabu, 12 Juli 2017 di Mall Taman Anggrek, Jakarta. Sehingga Pabrik Mitsubishi baru di Cikarang, kini merakit 3 varian Pajero Sport.

 

Penjualan Pajero Sport yang kian moncer hingga mengungguli Toyota Fortuner, memungkinkan Pajero Sport ini diproduksi lokal. Bahkan PT MMKSI punya visi untuk memproduksi semua varian Pajero Sport di dalam negeri ke depannya.

 

“Peluncuran varian Dakar 4×4 dan 4×2 ini merupakan kelanjutan dari peluncuran varian Pajero Sport Ultimate yang merupakan bagian dan bukti komitmen Mitsubishi Motors dalam memproduksi Pajero Sport di Indonesia,” kata Irwan Kuncoro, selaku Sales & Marketing Director PT MMKSI.

 

Namun perakitan lokal ini tidak menyebabkan harga Pajero Sport CKD lebih murah dari versi CBU. Mitsubishi tidak memandang perlu untuk menurunkan harga demi bersaing lebih keras membunuh Toyota Fortuner. Pajero Sport Dakar 4×4 dibanderol 655 Juta Rupiah dan Dakar 4×2 505 Juta Rupiah.

 

Menurut kami, pertimbangan bisnis tersebut wajar saja, mengingat konsumen di segmen ini tidak memandang harga sebagai faktor yang sangat penting, seperti konsumen mobil pada segmen sejuta umat. Mitsubishi harus menyediakan selisih harga yang sangat signifikan jika harus menjadikan harga sebagai faktor utama, sedangkan itu tentu akan mengurangi kualitas dan fitur Pajero Sport CKD.

 

Mitsubishi mengambil peluang meningkatkan fitur Pajero Sport CKD dari selisih biaya produksi yang tersedia. Sehingga Pajero Sport makin kaya fitur dan mengungguli para kompetitor. Diharapkan SUV besar ini makin menarik bagi peminat SUV besar 7-seater.

 

Tambahan Fitur

 
Lalu apa saja tambahan fitur Pajero Sport CKD yang membedakannya dari versi CBU?
 
Pajero Sport Dakar 4×2
Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System (UMS): menahan power mobil selama 5 detik apabila gas terinjak sedangkan di bagian depan ada mobil atau benda lainnya.
Cruise Control
Black Trim Interior dengan warna Piano Black Panel Design
Center Doorlock Button
Power Window Switch Illumination
Tailgate Spoiler.
 
Pajero Sport Dakar 4×4 
Mendapat deretan fitur keselamatan yang banyak, yaitu:
Hill Descent Control (HDC)
Blind Spot Warning
Forward Collision Mitigation System (FCM)
7-SRS Airbag & Passenger Airbag Indicator
Multi Around View Monitor Display
Tailgate Spoiler
Center Door Lock Button
Power Window Switch Illumination.
 

Mengenai mesin, kedua varian Pajero Sport CKD ini tidak berbeda dengan varian 4×2 Ultimate, yaitu mesin diesel 2.400 cc 4-silinder MIVEC berteknologi turbocharger dan Intercooler. Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 181 PS dan torsi puncak 430 Nm, yang dihubungkan ke roda penggerak dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

 

Harga New Mitsubishi Pajero Sport CKD dan CBU

 

Dengan tambahan fitur yang banyak, Mitsubishi Pajero Sport versi Indonesia jadi lebih mahal dibanding versi CBU Thailand. Misalnya Pajero Sport Dakar 4×4 CBU yang dulu berbanderol Rp 632 juta, sekarang naik jadi Rp 655 juta untuk versi CKD.

 

Berikut daftar harga lengkap Mitsubishi Pajero Sport  CKD:
New Pajero Sport Dakar 4×4 : Rp 655 Juta
New Pajero Sport Dakar 4×2 : Rp 505 Juta
Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate : Rp 549 Juta
 
Sedangkan varian standar masih bergelar CBU, dengan harga sebagai berikut:
Pajero Sport Exceed 4×2 AT : Rp 458 Juta
Pajero Sport Exceed 4×2 MT : Rp 447 Juta
Pajero Sport GLX 4×4 MT : Rp 504 Juta

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

3 thoughts on “Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4 CKD, Fitur Bikin Harga Lebih Mahal dari CBU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *