Perbandingan Mesin Xpander vs Kompetitor: Avanza, Veloz, Mobilio, Ertiga, Xenia dan Livina

CaruserMagz.com – Membandingkan mesin Mitsubishi Xpander vs competitor – Aroma MPV pada Xpander ternyata kental pada bagian interior dan spesifikasi mesin. Jadi jangan terlalu berekspektasi tinggi pada performa mesin Xpander.

 

Dari segi harga, Xpander bersaing dengan kompetitor pada segmen MPV sejuta umat seperti Toyota Avanza dan Veloz, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina. Khususnya untuk varian rendah dan menengah. Sedangkan varian tertinggi sudah menyentuh harga low SUV seperti Honda BR-V.

 

Namun terasa kurang lengkap jika kita belum melihat secara detail, bagaimana perbandingan spesifikasi mesin, tenaga dan torsi dari low MPV baru ini terhadap saingannya yang sudah lama eksis di pasar otomotif.

 

Untuk itu, kami ingin menyajikan data komparasi mesin, tenaga dan torsi serta spesifikasi terkait mesin dan penggerak lainnya yang diinformasikan oleh masing-masing pabrikan, agar setidaknya kita bisa tahu mana MPV yang paling bertenaga.

 

MPV pada dasarnya adalah people carrier yang lebih berfokus pada fungsionalitas dan daya angkut pada jumlah penumpang, ketimbang performa mesin. Jadi wajar jika pabrikan mengukur dengan teliti, berapakah tenaga yang paling optimum bagi seekor MPV buatannya, agar cukup untuk mengangkut beban, tapi mempunyai efisiensi bahan bakar terbaik yang bisa dicapainya.

 

Maka sebenarnya tenaga besar bukanlah acuan utama untuk menyatakan mobil MPV lebih baik dari yang lainnnya. Hal yang lebih diperlukan pada MPV adalah daya angkut dan efisiensi bahan bakar. Namun jika tenaga terlalu kecil, juga tidak baik untuk kemampuannya menerjang berbagai medan jalan dan konsumsi bahan bakar.

 

Dari hasil penelusuran kami, berikut data perbandingan mesin dan tenaga masing-masing MPV tersebut:

Perbandingan Mesin dan Tenaga Low MPV di Indonesia
Perbandingan Mesin dan Tenaga Low MPV di Indonesia

 
Baca juga: Perbandingan Dimensi Xpander vs Kompetitor

 

Dari data tersebut, terlihat bahwa MPV yang paling bertenaga adalah Honda Mobilio, sedangkan yang paling kecil tenaganya adalah Suzuki Ertiga. Honda Mobilio juga unggul dalam hal torsi, sedangkan Mitsubishi Xpander juga punya torsi yang lumayan besar, yaitu terbesar ketiga setelah Mobilio dan Grand Livina.

 
Dengan mesin 1500cc DOHC-MIVEC, Mitsubishi Xpander punya tenaga 104 ps pada 6000 rpm dan torsi hingga 141 Nm pada 4000 rpm. Data bobot yang ada di laman resmi Mitsubishi adalah gross-weight sebesar 1.780 kg, dengan perkiraan total berat penumpang 455 kg (65kg/orang) ditambah beban barang 95kg, dibulatkan berat muatan jadi 550kg. Sehingga kami perkirankan curb weight Xpander adalah 1230kg. Sehingga bisa diperkirakan rasio power to weight-nya sebesar 0,085 ps/kg. Dengan torsi yang lumayan besar, mobil ini sepertinya tidak akan kesulitan melahap tanjakan.

 
Sedangkan Honda Mobilio sebagai juara dalam hal tenaga dan torsi, punya power hingga 118 ps pada 6600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4600 rpm. Keunggulan lainnya dari Mobilio adalah transmisi maticnya sudah menggunakan teknologi CVT yang lebih halus dari transmisi otomatis konvensional.

 
Yang terbesar kedua adalah Nissan Grand Livina dengan tenaga 109 ps yang bisa dicapai pada 5600 rpm saja, dan torsi 143 Nm pada 4000 rpm. Grand Livina punya transmisi matic yang lebih kekinian, yaitu Xtronic CVT yang sangat halus.

 
Selanjutnya ada Toyota Grand New Avanza 1.5 yang punya mesin yang sama dengan Veloz 1.5. MPV terlaris ini punya tenaga 104 ps pada 6000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4200 rpm. Memang tidak seaktraktif Mobilio, namun keunggulan Avanza ada pada penggerak roda belakangnya (RWD) yang punya daya dorong lebih kuat untuk melahap semua medan jalan.

 
Avanza dan Veloz juga tersedia dengan pilihan mesin 1300cc yang sama dengan Daihatsu Xenia. Mesin tersebut bertenaga 96,5 ps pada 6000 rpm dan torsi puncak hingga 121 Nm pada 4200 rpm. Ini adalah Avanza yang paling laris karena harganya yang lebih terjangkau.

 
Di posisi buncit ada Suzuki Ertiga yang memang bermesin 1.4 liter. Salah satu backbone Suzuki di Indonesia ini bertenaga 92 ps saja pada 6000 rpm, dan torsinya 130 Nm pada 4000 rpm. Dalam hal tenaga memang Ertiga tidak superior, namun MPV ini punya andalan dalam hal kemewahan kabin dan fitur yang berlimpah.

 
Itulah ulasan kami mengenai spesifikasi mesin, tenaga, torsi dan sistem penggerak low MPV yang sekarang ada di Indonesia. Sebenarnya ada beberapa MPV lain seperti Chevrolet Spin dan pendatang baru dari negeri Tiongkok bernama Confero-S. Namun mungkin kami bahas di lain kesempatan.

 
Salam Otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *