Mazda CX-8 Menampakkan Diri, Inikah Penantang Honda CR-V Indonesia?

CaruserMagz.com – Pabrikan mobil premium asal Jepang, Mazda, akan meluncurkan SUV 7-seater bernama Mazda CX-8. Sebelumnya Mazda bermain di kelas premium SUV untuk konfigurasi 7-penumpang dengan Mazda CX-9, sedangkan medium SUV ada CX-5.

 

Mungkin untuk mengimbangi Honda CR-V yang kini berubah jadi SUV 7-seater, Mazda mengambil langkah dengan membuat SUV baru berupa Mazda CX-8, bukan membuat Mazda CX-5 7-seater.

 

Kehadiran Mazda CX-8 sudah dipublikasikan pada bulan Mei 2017 yang lalu, dengan merilis teaser resmi dan penampakan interior. Bahkan Beberapa detail juga diumumkan saat publikasi teaser resmi Mazda CX-8 tersebut.

 

Mazda melanjutkan publikasi jagoan barunya ini dengan merilis 1 lagi gambar resmi yang lebih jelas, yaitu penampakan keseluruhan samping Mazda CX-8.

 

Mazda CX-8 ini akan diluncurkan di Jepang dalam tahun 2017 ini juga dan mulai mengaspal di negeri asalnya tersebut pada tahun 2018. Dikabarkan oleh banyak media dalam dan luar negeri, bahwa CX-8 akan dijual di Jepang saja, namun beberapa media juga menyebut juga akan hadir di negara lain seperti Amerika bahkan Indonesia, dengan label CBU.

 
 

Eksterior

 

Kembali ke gambar resmi yang dirilis, penampakan samping SUV ini tidak berbeda dari pendahulunya seperti CX-9 dan CX-5 dengan KODO design sebagai bahasa desain terbaru Mazda.

 

Dapat dikatakan CX-8 ini adalah versi panjang dari Mazda CX-5. Karena penampakan sampingnya mirip, dari moncong hingga ke belakang. Hanya saja pada bagian belakang terlihat lebih landai seperti sang kakak, Mazda CX-9.

 

Kami perkirakan wajahnya tidak akan banyak perbedaan dari CX-5, kemungkinan hanya akan berbeda dari ukuran yang lebih lebar. Dari gambar ini terlihat perbedaan dengan Mazda CX-5 ada pada aksen krom yang full pada sekeliling tepian kaca samping, sedangkan pada CX-5, hanya pada bagian bawah saja.

 

Selain itu, desain spoke velg CX-8 juga berbeda dari CX-5, melainkan lebih mendekati sepatu milik CX-9. Selebihnya sama, seperti shark-fin antenna, side-skirt, over-fender, bentuk spion dan seterusnya.

 
 

Interior

 

Dari gambar interior yang dirilis pada Mei 2017 yang lalu, desain kabin mobil ini terlihat mewah. Namun ternyata bukan berkonfigurasi 7-seater, melainkan 6-seater. Hal itu karena penumpang baris kedua akan merasakan nuansa kabin depan berkat kehadiran konsol tengah permanen dengan arm-rest dan cup holders.

 

Gambar Resmi Penampakan Interior Mazda CX-8 – Sumber: Mazda Global

 

Kursi baris pertama dan kedua dibuat sama seperti captain-seat. Dengan ergonomi, bentuk dan headrest yang sama sehingga terlihat sangat mewah. Ya.. memang Mazda didesain untuk orang yang hobi mengemudi, namun juga difikirkan oleh para designer Mazda, bahwa mobil ini akan banyak dibeli oleh orang kelas atas yang lebih suka duduk di kursi baris kedua.

 
 

Dimensi dan Spesifikasi Mesin

 

Mazda CX-8 ini berdimensi 4.900 x 1.840 x 1.730 mm untuk panjang x lebar x tinggi. Memang lebih kecil dari CX-9, namun lebih besar dari CX-5. Untuk wheelbase, dia tidak berbeda dari CX-9, yaitu 2.930 mm, alias hampir 3 meter. panjangnya yang hampir 5 meter dan wheelbase 3 meter itu menjanjikan kabin yang sangat lapang.

 

Berikut spesfikasi Mazda CX-8 yang diumumkan di laman resmi Mazda Global:
External dimensions (Overall length x width x height) : 4,900mm x 1,840mm x 1,730mm
Wheelbase : 2,930mm
Engine : SKYACTIV-D 2.2 new-generation clean diesel engine
Transmission : SKYACTIV-DRIVE 6-Speed automatic transmission
Seating Capacity : 6/7 Seats

 

Untuk urusan dapurpacu, ternyata mobil ini tidak jauh berbeda dari Mazda CX-5, yaitu mesin 2.200cc SkyActiv-D TurboDiesel yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan SkyActive-Drive. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimum 172 PS dengan torsi besar hingga 420 Nm.

 

Jika jadi masuk ke Indonesia, Mazda CX-8 ini akan bersaing dengan SUV mewah berkonfigurasi 3 baris kursi, seperti Honda CR-V Turbo, Hyundai Santa-Fe, Nissan X-Trail dan KIA Sorento. Tapi menurut kami akan sulit bersaing dengan SUV ladder frame seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang sudah menjadi SUV sejuta umat, karena faktor harga dan jaringan pelayanan purna jual.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *