Bangkrut! Manor Racing Team Absen di F1 2017

CaruserMagz.com – Manor Racing Team tidak berhasil mendapatkan sponsor untuk kembali berpartisipasi di balapan Formula-1 (F1) 2017. Manor gagal menggaet investor hingga tenggat waktu yang ditentukan, 6 Januari 2017. Sebagai konsekuensinya,  Manor tidak dapat berpartisipasi di ajang balapan jet darat paling bergengsi tersebut.

 

Hal ini menjadi kabar buruk bagi penggemar Rio Haryanto, pembalap F1 Indonesia yang menjadi pembalap utama Manor Racing Team pada F1 Grand Prix 2016 yang lalu. Karena Manor adalah satu-satunya peluang bagi Rio untuk kembali berlaga di F1 2017, sedangkan semua team konstruktor lainnya sudah terisi penuh kursi pembalapnya.

 

Sesuai batas waktu yang ditentukan, maka posisi Manor Racing praktis dinyatakan bangkrut sejak 27 Januari 2017 yang lalu. Team F1 yang berpusat di Oxforshire, Inggris ini terpaksa memecat semua karyawannya yang berjumlah kurang lebih 200 orang.

 

Officially semua karyawan Manor tersebut sudah dirumahkan sejak 27/01/2017. Pihak Manor menyatakan bahwa mereka tetap akan memdapatkan gaji full untuk bulan Januari 2017, pada tanggal 31/01/17.

 

Sempat ada rumor bahwa Manor Racing akan dibeli oleh investor dan tetap dapat berlaga di ajang F1 2017. Namun hingga GP Australia akan digelar pada 26 Maret 2017 ini, tidak ada berita mengejutkan tersebut. Jadi, tidak akan ada lagi bendera Manor pada F1 2017. Begitu pun Rio Haryanto, yang gagal mendapatkan sponsor, sementara harus menggantung helm-nya.

 

 

Pecinta balapan F1 dari Indonesia patut berterimakasih pada Manor Racing Team, karena menjadi wadah bagi pembalap Indonesia pertama yang bisa mengaspal di arena balapan paling bergengsi ini. Walau tercatat Rio hanya mengikuti 12 seri F1 grand prix.

 

Langkah Rio Haryanto di F1 2016 terhenti karena ketidakmampuan manajemennya memenuhi dana sesuai kontrak yang disepakati. Posisi Rio pun digantikan oleh Esteban Occon, dan Rio mengisi bangku cadangan di sisa balapan.

 

Padahal masyarakat Indonesia sudah sedikit lega, karena pada akhir tahun 2016 yang lalu, manajemen Rio sempat mengeluarkan pernyataan bahwa mereka menemukan titik cerah akan adanya sponsor dari Asia. Sehingga mereka optimis, bahwa Rio akan kembali membalap pada F1 GP 2017.

 

Balapan Formula-1 2017 akan segera dimulai dengan GP Australia pada 26 Maret 2017 ini. Mari kita nikmati saja balapan yang katanya akan berbeda dari musim-musim sebelumnya, karena banyak peraturan baru, desain mobil balap yang baru, dan tentunya akan lebih dinamis karena Mercedes-AMG tidak lagi dihuni Nico Rosberg.

 

Kita tunggu saja kabar dari para juru pena yang meliput apa kegiatan Rio Haryanto pada musim 2017 ini? Apakah akan kembali ke balapan F2 atau sementara jadi artis dulu.

 

Salam AutoSport!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *