KIA Picanto akan Punya Versi Cross bernama X-Line, bakal jadi Saingan Suzuki Ignis?

CarususerMagz.com – Deman SUV berhembus kian kencang, hal itu terbukti dari keluarnya versi crossover dari berbagai jenis mobil terbaru, dari sekedar makeover seperti Yaris Heykers hingga segmen yang benar-benar baru seperti Suzuki Ignis.

Raksasa otomotif dari Korea Selatan juga tak mau ketinggalan, setelah brand induk mengeluarkan Hyundai Grand i10X yang merupakan versi cross, kini giliran KIA mempermak citycar andalannya menjadi lebih ganteng dengan tampilan ala SUV atau crossover, yaitu KIA All New Picanto X-Line.

KIA Picanto X-Line ini akan debut global di Frankfurt Motor Show 2017 dan selanjutnya menyasar market Eropa pada awal tahun 2018.

“Kami meluncurkan Picanto baru di Eropa awal tahun ini dan sudah mengungguli pendahulunya. Dari tahun ke tahun, penjualan Picanto pada semester pertama 2017 tumbuh 23% menjadi 31.827 unit, dan secara global ini merupakan salah satu mobil terlaris kami. all-new X-Line akan menambah momentum itu,” kata Michael Cole, selaku Chief Operating Officer KIA Motors Europe.

Picanto versi ganteng ini akan dipersenjatai mesin Turbo 1.0-liter, sama dengan mesin Turbo 1-liter milik KIA All New Rio. Yaitu mesin T-GDI 3-silinder yang bertenaga 100 ps pada 4500 rpm dan torsi puncak hingga 172 Nm pada 1500 – 4500 rpm. KIA mengklaim bahwa varian bertransmisi manual dari Picanto X-Line ini bisa menyelesaikan 0 – 100 km/jam dalam 10,1 detik.

Penampakan KIA Picanto X-Line ini sudah dirilis versi digitalnya oleh pihak KIA, yaitu terlihat lebih gagah dengan berbagai ciri khas crossover. Antara lain ground clearance yang lebih tinggi, over-fender hitam yang bersambung dengan side-skirt dan bodykit di bumper depan dan belakang yang juga berwarna hitam.

Tak ketinggalan aksen silver pada bagian bawah bumper depan dan belakang menambah kesan crossover yang kian kental. Hal yang berbeda pada wajah Picanto X-Line ini adalah grill-nya kini ada tiga, yaitu grill atas dengan design tigernose-nya, grill bawah dibuat lebih ramping dan ada tambahan grill tengah.

KIA All New Picanto X-Line - belakang
KIA All New Picanto X-Line tampak belakang

Tambahan warna hijau-stabilo disematkan pada beberapa titik seperti rumahan foglamp yang terintegrasi dengan grill bawah dan di atas aksen silver pada bumper belakang

Antenna sudah menggunakan model shark-fin atau sirip hiu. Tampilan belakang juga terlihat lebih gagah dengan twin-exhaust dengan aksen chrom

Di dalam kabin tidak berbeda dengan Picanto terbaru dengan desain yang lebih modern. Picanto X-Line versi Eropa ini akan memiliki head unit monitor layar sentuh 7 inci dengan fitur navigasi, android auto atau Apple CarPlay dan terhubung dengan kamera mundur. AC digital dengan tombol ala kokpit pesawat juga tersemat di center-cluster.

Pembeda dari Picanto versi standar pada bagian interior ini adalah warna aksen putih pada doortrim yang dihiasi warna hijau-stabilo.

Sayangnya Picanto generasi baru ini belum masuk pasar Indonesia hingga versi crossover-nya akan debut global di Eropa. Padahal kembaran tak seiras dari brand Hyundai sudah meluncur di GIIAS 2017 yang lalu, yaitu Hyundai i10X yang juga merupakan versi cross dari Grand i10.

Jika Picanto versi ganteng ini masuk ke Indonesia, maka akan menjadi pilihan menarik selain Suzuki Ignis, karena sama-sama mengusung desain atraktif ala SUV dan dengan build-quality yang juga cukup bersaing. Namun Picanto punya daya tarik pada mesinnya yang lebih bertenaga dan torsi lebih besar, tidak seperti Ignis yang tenaganya tidak cocok dengan tampilan gagahnya.

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *