KIA Picanto Generasi ke-3 Diluncurkan di Filipina, Indonesia Menyusul!

CaruserMagz.com – Small hatchback yang cantik dan imut dari pabrikan Korea Selatan, KIA All New Picanto 2017 (generasi ke-3) telah diluncurkan di Filipina, pada Selasa 8 Agustus 2017. Picanto baru ini hadir dengan tampilan lebih sporty, modern dan peningkatan teknologi.
 

New Picanto 2017 ini debut global di Geneva International Motor Show pada awal Maret 2017 yang lalu. Jadi, tongkrongannya bukan lagi kejutan bagi pecinta otomotif. Namun kehadiran small hatchback andalan KIA global ini di Asia cukup lamban dibanding di Eropa. Apalagi di Indonesia, mungkin butuh waktu lebih lama lagi.

 

“Sebagai salah satu model terlaris KIA di seluruh dunia, kami tahu ini akan menjadi tantangan untuk meningkatkan versi terbaru. Model baru ini mempertahankan semua kekuatan model sebelumnya namun sekarang menawarkan peningkatan performa dan teknologi baru,” kata Hernando Ganac Jr., wakil presiden penjualan dan pemasaran Columbian Autocar Corporation (CAC).

 

Layaknya KIA All New Rio yang berganti generasi, Picanto 2017 ini juga merupakan All New, jadi bukan sekedar facelift. Walau pun demikian, Picanto baru ini sebenarnya masih cukup kental aura generasi sebelumnya, jika dilihat dari sisi samping.

 

Secara dimensi, mobil ini masih bercitarasa supermini yang imut, lincah dan sporty seperti versi lama. Picanto mempertahankan dimensi yang berukuran 3.595 x 1.595 x 1.485 mm untuk panjang, lebar dan tinggi. Perubahan dimensi terjadi pada jarak sumbu roda yang sedikit bertambah jadi 2.400mm, 15 mm lebih panjang.

 

Perubahan yang signifikan ada pada bagian wajah dan interiornya, juga terlihat dari sisi belakang, yaitu pada rear-lamp yang berubah lebih modern. Wajah New Picanto 2017 ini mengingatkan kita pada KIA Rio generasi ke-3 yang diproduksi pada rentang 2011 hingga 2016. Hal itu terlihat dari grill tiger-nose yang yang kini lebih memanjang terintegrasi dengan headlamp, dengan aksen chrom pada sisi atas dan bawahnya.

 
Lampu depan juga mendapat perubahan dengan bentuk yang sedikit lebih ramping dan dilengkapi projector headlight dan LED daytime running (DRL). Fascia depan terlihat lebih agresif dengan bumper baru yang dilengkapi ventilasi yang lebih besar, hiasan aksen berwarna merah pada kedua sisinya.
 

 

Pada bagian samping, kita menemukan bentuk pintu yang tidak asing lagi dari Picanto. Hal yang baru adalah strip merah yang seolah terkoneksi dengan aksen yang sama pada rumahan foglamp dan di bumper belakang. Ukuran velg ditambah jadi 15 inci dengan ban lebih tipis 185/55, dibanding versi lama.

 

Hal-hal yang baru di bagian belakang, antara lain: lampu dengan bentuk baru dilengkapi LED berbentuh huruf C, reflektor baru berbentuk seperti boomerang yang diintegrasikan dengan lampu mundur pada bumper, bagian bawah bumper diberi warna hitam dengan list merah sejajar dengan strip pada sisi samping dan twin exhaust berbalut chrom pada sisi kanan.

 

Peningkatan signifikan pada Picanto baru ini dilakukan pada interior, antara lain pada dashboard yang terlihat lebih modern dengan floating head unit, exhaust AC vertical pada kedua sisi dashboard, kenop pengaturan AC yang sama dengan KIA Rio. Lingkar kemudi juga baru dengan aksen silver pada palang tengah, pembalut kulit berjahit dan tombol pengaturan MID.

 

 

Cluster meter di balik lingkar kemudi juga terlihat lebih modern dengan MID lebar yang berada di tengah, di atara speedometer dan tachometer. Konektifitas USB dan Bluetooth sudah menjadi standar, walau HU-nya belum monitor layar sentuh. Bentuk kursi tidak mengalami perubahan, tapi kini dibalut bahan dengan motif yang baru, juga tetap dengan konfigurasi pelipatan 60:40 pada kursi belakang.

 
Hal yang biasanya diharapkan mendapat peningkatan adalah dapur penggerak. KIA New Picanto 2017 ini ditenagai mesin Kappa 1.200cc 4-silinder Multi Point Injection, yang bertenaga 84 ps pada 6.000 rpm dan torsi 121 Nm pada 4.000 rpm. Power tersebut disalurkan ke roda depan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.
 
Fitur keselamatan baru pada Picanto baru ini antara lain: Dual airbags, rem ABS, keyless entry, ISOFIX.
 
Belum ada kabar dari KIA Mobil Indonesia (KMI) kapan Picanto generasi ke-3 ini akan masuk ke Indonesia. Jika melihat sejarah yang lalu, biasanya Picanto lebih lambat 1 tahun dibanding sang kakak, KIA Rio. Jadi kemungkinan tahun 2018 atau paling cepat akhir 2017.

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

One thought on “KIA Picanto Generasi ke-3 Diluncurkan di Filipina, Indonesia Menyusul!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *