Kelebihan dan Kekurangan KIA All New Picanto – Review Detail dan Lengkap

CaruserMagz.com – KIA All New Picanto merupakan facelift dari KIA Picanto atau dapat dikatakan Picanto generasi ketiga. All New Picanto sangat berbeda dengan Picanto generasi pertama dan kedua. Karena merupakan produk hasil revolusi design KIA, sejak manufaktur otomotif asal Korea Selatan tersebut merekrut mantan designer Audi, Peter Schreyer.

KIA All New Picanto-2012-carusermagz-010716
KIA All New Picanto 2012

Perubahan mobil-mobil Korea Selatan pada tahun 2012, secara masif merubah image-nya dari mobil-mobil yang tidak atraktif dan berkesan murahan, menjadi mobil berkelas dengan nuansa desain, kualitas eksterior dan interior serta kenyamanan mobil-mobil Eropa. Tangan dingin Peter Schreyer benar-benar brilian dan membuat penjualan KIA meningkat hingga 300% di Eropa dan Amerika pada tahun 2012.

Baca keunggulan design KIA berikut ini: Design Eksterior KIA Rio tercantik di kelasnya.

KIA All New Picanto adalah salah satu karya Peter Schreyer. Small Hatchback super mini ini mendapat sambutan luar biasa di Eropa. Begitupun di Indonesia, pada tahun pertama peluncurannya, All New Picanto langsung menjadi mobil KIA terlaris di Indonesia.
Untuk memberikan informasi bagi para calon pembeli All New KIA Picanto, khususnya bagi Sobat yang berminat membeli mobil bekas small hatchback KIA ini, kami merangkum apa saja kelebihan dan kekurangan All New KIA Picanto, hal-hal apa saja yang menyenangkan dan menjadi keluhan para pengguna KIA Picanto 2012 – 2014. Berikut ulasan kami:

KELEBIHAN

Banyak fitur dan detail yang kami anggap kelebihan dari KIA All New Picanto dibanding kompetior-kompetitornya pada segmen small hatchback. Hal-hal tersebut juga banyak diungkapkan para pemilik All New Picanto sebagai hal menyenangkan yang membuat mereka sangat puas memilih mobil yang imut ini.

1. Design Eksterior yang Menawan

Banyak reviewer di seluruh dunia mengakui kemolekan design karya Peter Schreyer ini. Salah satunya Fitra Eri, reviewer ternama sekaligus pembalap nasional yang sudah lama berkecimpung dalam jurnalisme otomotif tanah air. Dalam video review perbandingan small hatchback di Indonesia yang dirilis AutoBild.co.id pada tahun 2012, pada sesi kesimpulan Fitra Eri menyebut bahwa All New KIA Picanto adalah small hatchback yang paling menawan desain eksteriornya.
KIA All New Picanto - good looking exterior Design
KIA All New Picanto – Design Eksterior yang Cantik
Reviewer dari Inggris, Mat Watson pada reviewnya di CarBuyer.co.uk, menyebut All New Picanto ini sebagai “Nice Looking Supermini”. Dari banyak reviewer professional dan independen tersebut, kami rasa cukup membuktikan bahwa KIA All New Picanto adalah small hatchback tercantik di kelasnya.
Secara keseluruhan bentuk eksterior small hatchback KIA ini cukup proporsional, design face dan bagian belakangnya yang solid dan rapi enak dipandang dari berbagai sisi. Grill khas KIA dengan icon Tiger Nose dipadu dengan headlamp yang besar dan grill bumper yang sealur dengan fog light membuat wajah All New Picanto cantik dan berkesan lebih modern dibanding versi sebelumnya dan kompetitor-kompetitornya, seperti Nissan March, Mitsubishi Mirage, Toyota Etios, Honda Brio dan Suzuki Splash.
Penampakan bagian bokong dengan lengkungan yang proporsional dan design lampu yang sederhana namun elegan mempercantik mobil ini. Dilihat dari samping, garis aerodinamis yang tepat berada di alur handle pintu menambah kesan futuristik mobil ini. Design belakang All New Picanto lebih cantik dibanding Kompetitor-kompetitornya yang terlihat seadanya, apalagi Honda Brio yang seperti Mobilio dipotong rata di tengah.

2. Kualitas Eksterior yang sangat Bagus

Bahan plat body All New Picanto yang tebal dan kokoh meyakinkan bahwa mobil ini memang didesign dengan tidak sembarangan dan memberi jaminan akan durabilitas (daya tahan) yang mumpuni. Detail yang rapi dan presisi pada setiap bagian eksterior membuat mobil ini jauh dari kesan murahan, walau sebenarnya harganya cukup terjangkau dibanding kompetitornya. Mobil ini tidak cepat mengalami bunyi-bunyi yang berisik akibat kualitas bahan eksterior yang seadanya seperti yang terjadi pada mobil-mobil LCGC.

3. Antena yang Elegan

Antenna pendek di bagian belakang tengah memberi kesan lebih premium dan mewah dibanding kompetitornya pada tahun keluaran sama, yang masih menggunakan antenna biasa di bagian depan.

4. Velg bermotif Two Tone yang Cantik

Velg Alloy two tone – KIA All New Picanto
KIA All New Picanto adalah satu-satunya small hatchback yang velgnya sudah bermotif two tone baik tipe manual maupun tipe otomatis yang termahal, sehingga kaki-kaki mobil ini terlihat elegan. Sedangkan small hatchback yang lain masih mengunakan velg alloy standar dengan motif-motif simpel dan single tone.

5. Kualitas Interior yang Premium

Interior KIA All New Picanto - dashboard
Interior KIA All New Picanto yang nampak Mewah dengan Warna Base Hitam
Nuansa premium dalam kabin All New Picanto membuat interior mobil ini tidak berkesan murahan. Warna kursi dan keseluruhan interior yang berbasis warna hitam memberi kesan mewah, seperti: Motif garis-garis elegan pada jok kursi, dashboard yang simpel, door trim yang nampak berkelas. Bahan dari dashboard dan doortrim dibuat dari plastic soft touch yang terasa lembut saat disentuh, jauh dari kesan murahan seperti pada Nissan march dan Honda Brio. Berada di dalam kabin KIA All New Picanto serasa berada di dalam sedan menengah, tidak ada kesan mobil murah yang didesign asal-asalan.

6. Detail yang Unik dan Brilian

– Cup holder yang adjustable di Konsol Tengah

Pada space penyimpanan barang-barang kecil di konsol tengah di bawah head unit, KIA New Picanto dilengkapi dua cup holder yang dapat dinonaktifkan jika tidak digunakan, dengan cara memutarnya ke sisi luar untuk menyembunyikan bagian ini. Lalu cukup menekan tombol yang telah disediakan untuk mengaktifkan cup holder kembali.

cup holder kia all new picanto - adjustable
Rotating Adjustable Cup Holders KIA Picanto

– Foot Rest untuk kaki Kiri pengemudi pada New Picanto tipe Manual

Biasanya foot rest hanya disediakan untuk mobil bertipe otomatis. Hal yang unik dan pintar dilakukan KIA pada New Picanto dengan menyediakan foot rest untuk mobil bertransmisi manual. Sehingga sangat membantu pengemudi untuk mengistirahatkan kaki kirinya dengan tetap berada dekat dengan pedal kopling, sehingga saat pengemudi butuh menginjak kopling, dapat dilakukan dengan sigap.
Foot Rest-KIA All New Picanto Manual-carusermagz-yabdhi
Foot Rest pada KIA All New Picanto Manual

– Laci Rahasia di bawah kursi penumpang Depan (Seat under Tray)

Ruang di bawah kursi penumpang depan dimamfaatkan untuk membuat laci rahasia, sehingga menambah kepraktisan small hatchback KIA ini. Fitur ini juga bisa ditemukan pada KIA Rio dan sekarang sudah ditiru oleh Toyota pada Sienta.
Seat under tray - All New Picanto
Laci Rahasia di Bawah Kursi Penumpang Depan-KIA All New Picanto

– Lampu Penerang pada Bagasi

Hal pintar lainnya yang menunjukkan kreatifitas yang tinggi dari designer KIA All New Picanto adalah tersedianya lampu penerangan untuk bagasi yang hidup secara otomatis saat pintu belakang dibuka. Hal ini sangat jarang kita jumpai pada mobil-mobil Jepang.
Lampu Bagasi KIA All New Picanto-carusermagz-yabdhi
Lampu Bagasi KIA All New Picanto

– Power Button pintu Belakang

Jika pada mobil-mobil Jepang, untuk membuka pintu belakang masih menggunakan fungsi mekanis seperti pada handel pintu samping. Pada KIA All New Picanto, untuk membuka pintu belakang cukup dengan menekan tombol kecil di bawah emblem KIA.

– Pegangan untuk menutup pintu Belakang

Jika membuka pintu belakang sudah dipermudah, maka begitupun untuk menutupnya, Pintu belakang New Picanto sudah dilengkapi pegangan untuk menarik pintu pada sisi dalam pintu.

– Day-Night View Back Mirror

Kaca spion di dalam kabin depan bukan kaca spion biasa, karena kaca ini punya fitur day-and-night view yang saat mengemudi di malam hari bisa mereduksi sinar lampu dari kendaraan belakang sehingga mengurangi efek silau. Tuas kecil di bagian bawah kaca merupakan sarana untuk mengaktifkan fitur ini. Cara menggunakannya dapat sobat baca pada artikel ini: Fitur Night-View-Mirror pada All New Picanto.

Tuas pada Kaca Spion Dalam Kabin New Picanto
Selain itu, spion dalam ANP ini juga bisa difungsikan sebagai pengganti kaca pada sunvisor. Karena sun visor pada KIA All New Picanto memang tidak dilengkapi kaca untuk penumpang atau pengemudi berkaca sekedar untuk menyisir rambut atau membenahi makeup pada wajah. Apabila tuas kecil ditekan akan mengubah arah kaca dari arah pintu belakang ke arah peumpang depan dan belakang.

7. Tenaga Mesin Besar di kelasnya dan transmisi yang Responsif

KIA All New Picanto dibekali mesin bervolume 1250 cc, mesin yang cukup besar untuk small hatchback dengan ukuran supermini. Tenaga outputnya adalah 87 hp dan torsi 120 Nm pad 4000 rpm. Sehingga mobil ini bisa bergerak secara gesit dan mencapai kecepatan yang diinginkan oleh pengemudi lebih cepat dibanding kompetitornya, seperti Nissan March dan Toyota Etios Valco. Performa All New Picanto adalah 11,4 detik untuk mencapai kecepatan 100km/jam dari posisi diam.

8. Mesin 4 Silinder yang Halus

Berbeda dari Mitsubishi Mirage dan Nissan March yang bermesin tiga silinder, KIA All New Picanto bermesin empat silinder, hingga getaran mesinnya jauh lebih halus. Ditambah peredaman antara kabin dan ruang mesin yang baik, pada putaran bawah mesin New picanto nyaris tidak terdengar dan tidak terasa getarannya.

9. Irit Bahan Bakar

Pada pemakain di dalam kota, All New Picanto mengkonsumsi Bahan bakar antar 10 hingga 15 km/liter, sedangkan untuk perjalalan luar kota yang lancar, mobil kecil ini bisa sangat hemat. Dari pengalaman kami sendiri, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 18 hingga 25 km/liter, tentunya tergantung cara mengemudi dan kelancaran jalan raya.

10. Peredaman Suara Luar yang baik

Kekedapan kabin All New Picanto terhadap suara-suara dari luar mobil dan suara mesinnya sangat baik, kami cukup kaget saat pertama mencoba mobil ini, apalagi pada putaran di bawah 2000 RPM, mobil ini bergerak mulus tanpa suara bising dari mesinnya dan suara kendaraan lain di jalanan.

11. Fitur Eco Driving Mode

Fitur “Eco Mode” paca New Picanto sangat membantu pengemudi untuk menghemat bahan bakar, khususnya pada tipe bertransmisi otomatis. Pada tipe manual, fitur eco mode ini membantu pengemudi untuk menghemat bahan bakar dengan cara memberikan petunjuk kapan waktu yang tepat untuk menaikkan atau menurunkan posisi transmisi, apabila pengemudi mengikuti saran pemindahan transmisi pada MID maka akan didapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien.

12. MID yang Lengkap

Informasi yang di tampilkan pada “Multi Information Diplay (MID)” cukup lengkap seperti: rasio pemakaian bahan bakar actual dan akumulasi dalam satuan Liter/100km (makin kecil angkanya berarti semakin hemat bahan bakar), Jarak dan waktu yang masih bisa ditempuh dengan jumlah bahan bakar yang tersedia dan odometer. Dimana fitur tersebut sebelumnya hanya ada pada mobil-mobil mewah.

13. Display Clustermeter yang mewah

 

Speedometer-MID-KIA-Picanto
Display Cluster Meter yang Elegan pada KIA New Picanto
Tampilan instrument di balik lingkar kemudi sangat elegan dan berkesan mewah. Dibanding kompetitornya seperti Nissan March, Honda Brio, Mitsubishi Mirage dan Suzuki Spalsh yang clustermeternya kurang menarik dan kurang eye catching, Clustermeter KIA All New Picanto menampilkan angka-angka pada speedometer dan RPM mesin dengan warna putih yang terang berpadu dengan basis warna hitam, sehingga terlihat sangat jelas dan berkesan mewah.

14. Fitur Tilt Steering

Meskipun tidak ada fitur pengaturan telescopic pada lingkar kemudi, pengaturan tilt steering untuk mengatur ketinggian lingkar setir sudah cukup membantu pengemudi dalam mendapatkan posisi menyetir yang paling nyaman.

15. Full Power Windows dan Fitur Auto-up/Down pada Pintu Pengemudi

Ada banyak review yang kurang tepat oleh beberapa blog ternama, yang hingga tulisan ini kami rilis, kesalahan tersebut belum dikoreksi oleh penulisnya, yaitu mengenai fitur power windows pada KIA All New Picanto. Situs-situs tersebut menuliskan bahwa salah satu kekurangan New Picanto adalah tidak adanya power windows pada pintu baris kedua. Seperti screenshot berikut:

Ulasan yang tidak tepat mengenai fitur power windows All New Picanto
Ulasan yang kurang tepat tersebut perlu diluruskan, bahwa Picanto yang masih menggunakan manual windows adalah Picanto generasi kedua dan versi LCGC dari New Picanto, yaitu KIA Morning. Pada kenyataannya, All New Picanto sudah menggunakan power windows pada semua pintunya. Bahkan pada pintu pengemudi, sudah dilengkapi fitur auto-up dan auto-down.

Power Window Picanto-carusermagz-yabdhi
Full PowerWindow pada All New Picanto
Ulasan yang tidak tepat dari website-website yang ternama tersebut sedikit banyak telah berpengaruh pada persepsi yang salah mengenai kelengkapan fitur All New Picanto. Seharusnya para penulis memperbaiki ulasan mereka.

16. Fitur Kaca Spion elektrik (electric Door Mirror)

Door Miror atau kaca spion pada KIA All New Picanto telah dilengkapi fitur pengaturan elektrik dan bahkan spion tersebut dipercantik dengan lampu sein. Sehingga dibanding dengan LCGC baru yang kebanyakan hanya dilengkapi manual door mirror dan relatif lebih mahal harganya, KIA All New Picanto 2012-2014 bekas dengan kondisi baik memiliki value for money yang lebih tinggi karena memiliki fitur-fitur yang lengkap.

17. Wiper pada Kaca Belakang

Nampaknya ini adalah fitur umum pada mobil, namun perlu sobat ketahui bahwa tidak semua small hatchback memiliki fitur ini. Contohnya Suzuki Splash yang tidak dilengkapi rear-wiper. Apalagi jika  dibandingkan dengan LCGC. Maka All New Picanto unggul dalam hal kelengkapan fitur pada bagian belakang.

18. Defoger Kaca Belakang

KIA All New Picanto sudah dilengkapi defogger pada kaca belakang, sehingga visibilitas ke bagian belakang benar-benar disempurnakan oleh KIA. Pada kondisi hujan dan berembun, wiper belakang dan defogger dapat difungsikan.

19. Garansi Manufaktur 5 Tahun

Kualitas mobil-mobil KIA tidak diragukan lagi sangat baik dan terjamin durabilitasnya. Hal ini dibuktikan oleh keberanian KIA memberikan garansi hingga 5 tahun di Indonesia. Bahkan di Eropa, KIA memberi garansi selama 7 tahun. Sedangkan manufaktur mobil-mobil Jepang hanya memberi garansi selama 3 tahun.

20. Kabin yang Lapang

Dilihat dari luar, New Picanto nampak kecil. Namun lain halnya ketika memasuki kabin mobil ini, ruang depan dan belakang terasa lapang. Apalagi untuk orang Indonesia yang tidak terlalu tinggi seperti orang-orang Eropa. Bodynya yang agak tinggi membuat head room yang cukup lega, sedangkan leg room di  baris kedua, masih terasa lega jika kursi depan diatur untuk posisi mengemudi orang bertinggi badan 180cm. Kemiringan kursi belakang yang tidak terlalu tegak seperti pada Mitsubishi Mirage, membuat mobil ini tetap nyaman bagi penumpang untuk perjalanan jauh.

21. Bagasi yang cukup Memadai

Bagasi KIA All New Picanto memang tidak seluas milik Nissan March dan Toyota Etios, namun sudah memadai untuk dimuat dengan 2 tas cover medium.

22. Pelipatan Kursi Baris kedua yang Rata

Apabila kursi belakang dilipat secara sempurna, menghasilkan ruang yang banyak dan lantai yang benar-benar rata. Tempat duduk baris kedua dapat diangkat dan disandarkan ke bagian belakang kursi depan sehingga sandaran kursi baris kedua dapat dilipat sempurna.

Pelipatan Kursi KIA Picanto - rata lantai
Pelipatan Kursi KIA Picanto yang rata lantai

23. Head Rest yang Lengkap dan Adjustable

Jika pada small hatchback lainnya head rest tidak dibuat lengkap selayaknya mobil yang sempurna, maka kursi KIA All New Picanto sudah dirancang dengan head rest yang sempurna pada semua bagian selayaknya mobil-mobil medium hatchback. Pada Honda Brio dan semua mobil-mobil LCGC, Head Rest pada kursi depan dibuat menyatu dengan kursi dan tidak adjustable. Sedangkan pada Nissan March dan Mitsubishi Mirage, head rest depan sudah adjustable, namun pada bagian belakang headrestnya sangat kecil dan bahkan tidak bisa sebut head rest, sehingga kurang aman bagi penumpang belakang.

24. Kursi Depan yang Ergonomis

Kursi pengemudi dan penumpang depan yang dibuat dengan design semi-bucket menghasikan posisi duduk yang sangat ergonomis. Sehingga pengemudi dapat duduk dengan nyaman dan tidak gampang lelah untuk mengemudi selama berjam-jam.

25. Lincah dan Gesit

Dengan body yang kecil dan tenaga besar, KIA All New Picanto bisa bergerak lincah dan gesit di macetnya jalan-jalan perkotaan atau saat harus selap-selip di jalan tol yang padat lancar.

26. Value for Money yang Tinggi – Terjangkau (Affordable)

Dengan fitur-fitur yang banyak, kepraktisan dan kenyamanan yang baik, hal-hal unik yang brilliant serta kualitas interior dan eksterior yang sangat baik, Kia All New Picanto memiliki value for money yang tinggi. Bahkan cukup tinggi dibandingkan small hatchback kompetitornya yang harganya jauh lebih mahal.
Dengan harga yang terjangkau, apalagi dengan harga bekasnya yang lebih murah dibanding LCGC baru yang kualitas design seadanya dan fitur sangat minim, maka kami merekomendasikan untuk membeli New Picanto 2012 hingga 2014 bekas dibanding membeli LCGC baru, karena New Picanto 2012 rata-rata kondisinya masih sangat prima bahkan masih terasa seperti mobil baru berkat kualitas pembuatan yang sangat baik dari KIA.

27. Motor Driving Power Steering (teknologi Setir KIA)

Setir mobil-mobil KIA digerakan oleh motor listrik, sehingga memberi kenikmatan serasa mengemudi mobil Eropa yang nyaman di tangan. Pada kecepatan rendah setir sangat lembut, kemudian terasa mengeras dan lebih mantap saat kecepatan bertambah, sehingga lebih aman dari gerakan-gerakan tangan yang tidak disengaja. Jadi ini termasuk fitur keselamatan juga.

KEKURANGAN / KELEMAHAN / KELUHAN PENGGUNA

Beberapa hal berikut ini dikeluhkan para pengguna KIA All New Picanto, yang dapat kami simpulkan sebagai kekurangan yang bisa menjadi peluang improvement oleh KIA, agar small hatchback andalannya ini dapat mengikuti persaingan yang kian keras.

1. Fitur Keselamatan yang banyak disunat dibanding versi Eropa

Mungkin terlalu berlebihan jika berharap mobil-mobil di Indonesia disamakan dengan Eropa untuk fitur keselamatan, karena bahkan mobil-mobil kelas menengah pun masih sangat minim fitur keselamatannya di Indonesia. Namun sayangnya KIA juga menghilangkan fitur-fitur penting yang seharusnya sudah menjadi standar, seperti: airbags untuk penumpang depan dan pengemudi, Fitur pengereman ABS+EBD dan stability control. Padahal di negara tetangga, Malaysia, KIA All New Picanto dibuat sama dengan di Eropa.
Namun mungkin harga mobilnya menjadi tidak terjangkau jika ketiga fitur keselamatan itu disematkan pada New Picanto. Cukup beralasan karena New Picanto yang dijual di Indonesia dirakit langsung di Korea, sehingga biaya produksi dan transportasi menjadi tinggi, ditambah pajak yang sangat tinggi.

2. Pedal Kopling yang banyak Dikeluhkan Keras

Bebera pengguna New Picanto mengeluhkan pedal kopling KIA All New Picanto yang cukup keras dan sedikit kurang bersahabat dengan kaki pengemudi. Sehingga membuat pengemudi kelelahan ketika harus terjebak kemacetan.
Kami sudah mencoba kopling KIA All New Picanto baru yang ada di showroom, ternyata koplingnya sangat lembut. Kemungkinan kopling yang keras tersebut terjadi pada ANP bekas yang sudah berumur, jika komponen tertentu pada kopling diganti baru, kemungkinan akan terasa normal kembali.

3. Suara Ban yang masuk ke kabin cukup mengganggu penumpang

Jika peredaman suara mesin dan suara dari luar mobil sudah sangat baik, ada satu hal yang kurang menyenangkan bagi pengguna New Picanto, yaitu suara ban yang berisik masih masuk ke kabin sehingga merusak kenyamanan yang sudah baik. Semoga KIA melakukan perbaikan pada masalah ini.
Pada kecepatan rendah dan jika kondisi jalan mulus, tidak ada suara berisik dari ban. Namun pada kecepatan di atas 60 km/jam dan jika kondisi jalan tidak rata misalnya jalan beton, suara ban sangat keras masuk ke kabin.

4. Head Unit yang Single Din

Head unit single din pada New Picanto 2012 cukup merusak keindahan dashboard yang sudah dibuat cukup atraktif. Untungnya hal tersebut sudah diperbaiki KIA pada All New Picanto 2014 hingga kini. Namun jika Sobat membeli New Picanto bekas keluaran tahun 2012, maka kondisi head unit yang seadanya masih akan sobat hadapi, jika sobat punya uang lebih sebaiknya mengganti head unit tersebut dengan yang double din atau monitor touchcreen. Tapi jika sobat tidak begitu mempedulikan penampakan audio system, tentunya hal ini bukanlah masalah.

5. Tidak ada Pengaturan Ketinggian Kursi Pengemudi

Sebenarnya ini bukanlah masalah yang besar, karena New Picanto merupakan mobil kecil yang sudah memiliki fitur tilt steering. Namun bagi orang dengan postur tubuh di bawah 155cm, tidak dapat menambah ketinggian posisi duduknya tanpa seat adjuster.

6. Tidak Ada Cup Holder pada Door Trim Pintu Baris Kedua

Kepraktisan baris kedua masih kurang sempurna karena tidak ada cup holder pada doortrim pintu baris kedua. Penumpang belakang hanya memiliki satu cup holder di konsol tengah. Namun sebenarnya hal ini tidak dapat dikatakan sebagai kekurangan New Picanto, jika dibandingkan dengan Kompetitor-kompetitornya, karena semua small hatchback di Indonesia tidak dilengkapi cup holder pada baris kedua.

7. Tombol Klakson Keras pada Beberapa ANP

Beberapa pengguna KIA All New Picanto mengelukan tombol klakson pada bagian tengah lingkar kemudi cukup keras, sehingga menyulitkan untuk mengatur suara klakson. Misalnya pada saat ingin menyapa pengemudi lain dengan sopan, karena tombol yang keras menjadi terlalu kuat menekan dan klakson berbunyi terlalu kencang. Sehingga kesan yang timbul bukannya ramah, tapi marah.
Yang kami rasakan juga demikian saat mencoba All New Picanto. Mobil-mobil Toyota lebih baik dalam hal ini, karena tombol klaksonnya dapat ditekan hanyak dengan jempol sekalipun sehingga memudahkan pengemudi untuk mengatur seberapa pelan dia ingin membunyikan klakson.

8. Harga Jual Kembali

Salah satu hal yang membuat masyarakat kurang berminat membeli mobil ini adalah pertimbangan harga jual kembali. Memang cukup aneh karakter konsumen otomotif di Indonesia, baru membeli mobil, sudah memikirkan untuk menjualnya kembali. Harga jual kembali yang anjlok tentunya merupakan mata rantai dari kurang luasnya jaringan dealer dan service.
Namun disisi lain, hal ini bisa dianggap hal yang menguntungkan bagi mereka yang suka membeli mobil bekas dengan kondisi baik dan tidak memikirkan harga jual kembali. Karena toh mobil apapun brandnya pasti akan sangat turun harga jual kembalinya.
Namun jika diperhatikan, harga jual kembali mobil-mobil KIA menunjukkan kenaikkan yang signifikan, karena membaiknya image KIA sebagai mobil mewah yang bernuansa eropa. Jika dibandingkan pada awal tahun 2014, harga KIA Picanto bekas keluaran tahun 2012 bisa hanya dihargai sekitar 80-90jutaan, maka pada tahun 2016 ini Picanto bekas tahun 2012 berada di kisaran harga 100jutaan.

Hal yang menarik terjadi pada KIA Rio, jika pada awal tahun 2014, Rio keluaran 2012 dijual dengan harga sekitar 110-140 jutaan, pada tahun 2016 ini, KIA Rio 2012 berharga 150-170jutaan. Hal ini menunjukkan kian baiknya persepsi masyarakat otomotif akan kualitas dan makin banyaknya peminat mobil-mobil Korea Selatan.

9. Jaringan Service yang Belum Luas

Jaringan service dan dealer yang luas dapat meningkatkan kepercayaan diri konsumen otomotif untuk memiliki mobil dengan brand tertentu. Hal ini mungkin sudah dipikirkan oleh setiap jaringan pemasaran mobil. Namun KIA cukup lambat dalam hal ini, sehingga tidak dapat dipungkiri lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan spare part dan aksesoris dari bengkel resmi banyak membuat pengguna mobil-mobil KIA mengeluh.

KESIMPULAN REVIEW

Dari ulasan panjang kami di atas mengenai kelebihan dan kekurangan KIA All New Picanto, kami menyimpulkan bahwa KIA New Picanto layak dipertimbangkan pembeli mobil pemula, khususnya kaum muda yang dinamis dan ingin tampil stylist. Jika dibandingkan mobil-mobil LCGC, KIA New Picanto bekas keluaran tahun 2012 – 2015 jauh lebih baik, karena memiliki fitur yang lebih lengkap dan kualitas yang baik. KIA All New Picanto adalah small hatchback yang paling cantik dikelasnya baik design eksterior maupun interiornya.

Strong Points:   eksterior yang cantik, kualitas interior yang sangat baik, tenaga yang besar, fitur-fitur brilian, Harga yang terjangkau (Value for Money).

Weak Points: Fitur Keselamatan minus air bags dan ABS, Jaringan Service yang belum luas.

Demikian ulasan kami, semoga artikel ini memberikan informasi yang akurat sesuai kebutuhan sobat dalam membuat keputusan untuk membeli KIA All New Picanto. Jika sobat pembaca menemukan informasi yang kami tulis ada yang kurang tepat, silahkan sampaikan pada kolom komentar artikel ini.

Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

20 thoughts on “Kelebihan dan Kekurangan KIA All New Picanto – Review Detail dan Lengkap

  • May 12, 2016 at 6:56 pm
    Permalink

    Cukup fair ulasannya, ada kelebihan picanto menurut saya pribadi yg sepertinya belum diulas:
    1. Fungsi auto up pada kaca sisi driver dilengkapi dengan sensor beban, sehingga akan kembali turun jika ada sesuatu yg mengganjal waktu kaca naik otomatis. Sedangkan kaca yg penumpang depan dan belakang, naiknya secara tombol manual karena tidak dilengkapi sensor, sehingga aman bagi yg punya anak kecil agar terhindar terjepit kaca pintu.
    2. Headlamp akan otomatis mati saat mesin dimatikan meskipun switch headlamp tetap dalam kondisi on, sehingga accu tidak terkuras hanya karena lupa mematikan headlamp.
    3. Compressor a/c hanya bekerja saat mesin hidup. Jadi saat starter mesin, meskipun swicth a/c on, kompressor belum bekerja sehingga beban accu saat starter tidak bertambah berat

    Reply
  • May 12, 2016 at 7:02 pm
    Permalink

    Terimakasih atas informasi tambahannya mas Joni Harjono. Semoga berguna bagi pembaca.

    Reply
  • September 22, 2016 at 4:09 am
    Permalink

    mau tambahin aja soal keluhan suara ban berisik padahal mobil sudah kedap, penyebab nya adalah ban bawaan yang dipakai biasa nya merk kumho atau forceum.. rata2 kia hyundai ban bawaan nya kumho.. ban nya sangat berisik, bahkan pada kecepatan rendah pun sudah mulai bergemuruh.. tapi kelebihan dari ban ini sangat awet..

    saran saya, ganti aja ban nya walaupun msh tebal ato apapun alasan nya.. saya waktu beli grand avega lgsg ganti ban krn ga tahan sm suara nya.. ban bekas nya lempar di kaskus lgsg ada yg beli hehehe..

    Reply
  • September 22, 2016 at 4:12 am
    Permalink

    Ya, Bang Samuel benar. Saya juga merasakan perbedaan yang signifikan setelah mengganti ban Forceum bawan Picanto. Memang Forceum sangat awet karena lebih keras, tapi lebih keras itulah yang bikin suara gemuruh. Setelah diganti dengan ban yang lebih lunak, selain suara gemuruh berkurang, hentakan saat di jalan tidak rata juga berkurang.

    Reply
  • September 29, 2016 at 1:59 am
    Permalink

    Tambahan pak, di balik kaca spion ANP sdh dilengkapi heater untuk menghindari fogging saat hujan. Jd spion tetap bersih, tdk mengembun…

    Reply
  • September 29, 2016 at 2:06 am
    Permalink

    Makasih tambahan infonya Mas Jauhar, masih banyak kelebihan yang belum saya update, antara lain:
    1. Pengatur suhu dalam kabin Picanto tidak hanya pendingin, tapi juga ada heater yang memanaskan ruangan. cocok untuk yang tinggal di daerah puncak, malang, lembang, dll.
    2. Ada side beam impact buat menahan benturan keras jika ditabrak dari samping, pada mobil-mobil jepang baru di era tahun 2015 fitur ini ada pada mobil2 kelas menengah ke bawah.
    3. Engine mounting yang menghubungkan mesin dengan sasis sudah pake system hydrolik, sehingga getaran mesin nyaris tak terasa di kabin. Halus banget.. sering yang numpang bengong, mesin kaya belum hidup, kok mobilnya udah bias jalan..hehehe.. dll dll..

    keep update jika ada info terbaru yah..

    Reply
  • January 1, 2017 at 3:24 am
    Permalink

    Selamat siang,
    Saya mau tanya pendapatnya pa
    Rencana saya ingin membeli mobil , tapi saya masih kebingungan antara mobil kia all new picanto 2012 dan nissan march 2011 , kira2 mana yang lebih baik ? Terimakasih

    Reply
  • January 1, 2017 at 3:37 am
    Permalink

    Siang..
    Saya tidak bisa katakan mana yg lebih baik. Tergantung preferensi mbak sofia sendiri.
    Mungkin saya bisa kasih perbandingan gini:
    Kelegaan kabin dan bagasi: march lebih baik.
    mesin: picanto lebih baik, cc lebih besar, lebih bertenaga, lebih besar torsi, getsran sgt halus krn 4 silinder n pake hydrolic engine mounting. Sedangkan march cuma 3 silinder, jadi terasa kasar.
    Kalo desain, itu tergantung selera, tapi saya lebih suka picanto. Krn interior Quality jauh lebih bagus dari march. Eksterior jg tapi, plat lebih tebal dan rigit.
    Kalo fifur keselamatan samalah, Picanto n march gk punya airbags pada tipe bawah n menengah.

    Kelemahan mobil kia adalah masalah jaringan service yg blm luas dan susah sparepartnya, indennya lama sekali. Sedangkan Nissan relatif lebih mudah spartnya.

    Kalo kenyamanan march lebih empuk suspensinya n lebih empuk kursi nya. Tapi march jauh lebih berisik dari Picanto, krn suara mesin yg kasar dan peredaman suara dr luar yg buruk. Suspensi Picanto sbenernya tergolong empuk n enak.

    Jadi tergantung mba sofia pilih berdasarkan apa.

    Reply
  • January 21, 2017 at 11:51 pm
    Permalink

    Ada solusi untuk suara kaki" depan kiri? Terutama waktu kena gundukan/polisi tidur seperti loncat ,suara jedog!!

    Reply
  • January 22, 2017 at 12:20 am
    Permalink

    Jika melewati poldur ada bunyi pada kaki2 tertentu saja, kemungkinan ada masalah mekanis. Sebsiknya, di bawa ke bengkel mas.

    Reply
  • June 12, 2017 at 12:24 am
    Permalink

    Ada ga caranya bongkar tombol klakson. Bisa diatur supaya klaksonnya mudah dipencet

    Reply
  • June 12, 2017 at 4:47 am
    Permalink

    kami belum tahu mas Ibnu. mungkin bisa ditanyakan ke bengkel mobil atau bengkel resmi.

    Reply
  • June 12, 2017 at 9:13 am
    Permalink

    Ada ga caranya bongkar tombol klakson. Bisa diatur supaya klaksonnya mudah dipencet

    Reply
  • August 7, 2017 at 2:22 am
    Permalink

    Terima Kasih mas Yayan yg Sudah mereview Kia Picanto 2012-2015, dan saya jadi kukuh untuk ambil Kia Picanto 2013 yg mengalahkan keinginan saya terhadap Nissan March 2012 dengan harga yg lebih mahal namun kualitas March yg lebih rendah (3 silinder) menurut saya (apalagi Plat Bodi nya terkesan murah).

    Mohon info jika ada inovasi2 Picanto ya mas Yayan yg bisa meningkatkan Kualitas sehingga dapat bersaing dengan kompetitornya di tahun 2017 keatas.

    Kalau masalah Spare part yg indenlama datangnyaagak susah, menurut saya itu hanya masalah waktu mas.. (Manner of Time aja..) Kia pasti akan kembangkan sayap terhadap Service Center dan Dealer nya.. 😊😊😊 percaya lah..!!

    😊😊😊😊😀😀😀

    Thanks Mas Yayan.

    Reply
  • August 7, 2017 at 2:30 am
    Permalink

    sama-sama bang Athur.. senang bisa membantu banyak orang.
    Ya, All New Picanto memang worth banget, kualitas eksterior interior menurut saya terbaik di kelasnya. desainnya juga unik.
    Belum lagi powertrainnya mantab, mesin bertenaga, torsi gede dan mesin halus sekali. banyak pengguna baru picanto yang mengira mesinnya belum hidup setelah start mobil, apalagi yang sudah biasa pake mobil mainstream seperti agay atau AvXen.

    Kalo ide modif, paling yang cepet bikin pica nya keren adalah ganti head unit 2DIN atau touchscreen. Trus kalo berduit, beli headlamp dan rear lamp pica platinum yang sudah pake LED-DRL keren abis. Ganti pembalut kursi dengan kulit, pasang audio steering switch punya tipe platinum. Sama ganti velg jadi 15' dengan ukuran ban yang lebih tipis.

    Selamat atas mobil barunya bang. Semoga puas..

    Reply
  • August 16, 2017 at 9:17 am
    Permalink

    saya baru ambil ANP 2013 walaupun beli second setelah test drive memang ini menurut saya best city car "value of money" jika ada kenalan bengkel non resmi handal dlm merk KIA mohon infonya biar bisa modif dll

    Reply
  • August 16, 2017 at 9:19 am
    Permalink

    Selamat atas mobil baru-nya mas/mbak cuf. (baru beli maksudnya..hehe). Mohon informasi lokasinya mas/mbak. biar teman-teman pembaca blog ini bisa menjawab permohonan sarannya.

    Reply
  • Pingback: Rangka Body KIA All New Picanto Merupakan Fitur Keselamatan Pasif - CaruserMagz.com

  • Pingback: Penampakan Daihatsu Sirion Generasi Baru Terungkap melalui Brosur - CaruserMagz.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *