Kelebihan Kekurangan Hyundai Santa Fe Indonesia, Facelift 2016

CaruserMagz.com – Hyundai Santa Fe adalah SUV 7 Seater global asal Korea Selatan. Meskipun berkonfigurasi 7 seater, Hyundai Santa Fe sering diulas dalam perbandingan dengan Medium SUV seperti Honda CR-V dan Mazda CX-5, karena di luar sana, Santa Fe tergolong SUV mewah yang kaya dengan fitur canggih dan kemewahan mobil premium Eropa.

 

Santa Fe adalah nama ibu kota Negara bagian terbesar ke-4 di Amerika Serikat, yaitu New Mexico. Hyundai memang banyak menamai mobilnya dengan nama-nama kota, baik di Amerika Serikat maupun Amerika Selatan. Hal ini mungkin karena Hyundai dulunya lebih memfokuskan menjual produknya di benua Amerika.

 

Santa Fe adalah SUV pertama keluaran Hyundai yang generasi awalnya dirilis pada tahun 2000. Dengan cepat Hyundai Santa Fe menjadi mobil SUV best seller di Amerika, walau pada awalnya banyak mendapat kritikan dari jurnalis otomotif, karena bentuknya yang kurang menarik.

 

Seiring berkembangnya Hyundai menjadi raksasa otomotif dunia, kemajuan desain Santa Fe makin atraktif. Hingga menjadi pilihan peminat premium SUV di Amerika dan Eropa. Bukan hanya karena desainnya yang makin ganteng, tapi juga karena kualitas dan fiturnya yang berlimpah.

 

Hyundai Santa Fe ini juga menjadi salah satu pilihan SUV 7 seater di Indonesia. Namun demi menjangkau daya beli konsumen Indonesia, SUV Korea ini tidak dijual sebagai premium SUV layaknya mobil-mobil Eropa, tapi diperuntukan bagi konsumen menengah, hingga bersaing dengan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan X-Trail dan KIA Sorento.

 

Dengan tetap mengusung desain yang atraktif dan kualitas eksterior dan interior berkelas serta tetap dengan kenyamanan superior ala mobil Eropa, Hyundai melakukan beberapa downgrade dalam hal fitur untuk membuat harga mobil ini mampu bersaing dengan SUV Jepang di Indonesia.

 

Lalu apa saja keunggulan dan kelemahan yang bisa jadi pertimbangan calon pemilik mobil ini? Mari kita ulas lebih detail, kelebihan dan kekurangan SUV mewah asal Korea Selatan ini.

 

KELEBIHAN / KEUNGGULAN

 

1. Desain yang Menawan

Banyak reviewer otomotif yang mengagumi desain Hyundai Santa Fe ini, baik tampilan eksterior maupun Interiornya. Desain eksterior Santa Fe disebut sebagai Fluidic Sclupture Design yang artinya kira-kira adalah guratan aliran fluida. Sehingga desain ini memberi aura aerodinamis yang kuat sekaligus sangat stylist.

 

Desain Santa Fe yang sangat macho ini banyak dipuji sebagai lonjakan atau revolusi desain Hyundai yang luar biasa. Santa Fe yang sebelumnya nampak cupu, kini menjadi sangat ganteng, modern, stylist dan maskulin sehingga memberi kebanggaan pada pemiliknya.

Dimensi Santa Fe lebih rendah dari KIA Sorento, Pajero Sport atau Toyota Fortuner, sehingga penampakannya terlihat lebih sporty dan bertenaga membelah udara. Desain lampu depan, grill lebar, foglamp housing dan bumper terlihat sangat stylist. Ini adalah tampilan yang maskulin dan berkesan gagah. Meskipun SUV jepang telah banyak kemajuan dalam hal desain, tapi menurut kami, desain Santa Fe ini seperti melewati zamannya, sehingga sulit dikalahkan kompetitornya.

Pada Hyundai Santa Fe facelift 2016, desain wajahnya makin menggoda, seperti: lampu HID-DRL-LED yang terkombinasi dengan aksen chrom di dalamnya, sehingga seperti mata robot transformer. Desain rumahan foglamp yang dihiasi LED-DRL di atasnya serta aksen chrom seperti huruf C disekelilingnya berbeda dari versi lama yang flat tanpa hiasan apa-apa. Grill lebar dengan garis-garis chrom yang proporsional membuat kegantengan Santa Fe menjadi lebih elegan.

Pada bagian belakang, tampilan stylistnya dipercantik dengan bumper protector bermotif silver dan dual muflers yang sporty. Lampu kombinasi LED pada lampu utama belakang juga memberi kesan modern dan mewah. Desain velg 18 dan 19 inchi yang sporty juga membuat penampakan samping SUV ini makin gagah.
Secara keseluruhan, desain eksterior Hyundai Santa Fe ini menurut kami lebih sedap dipandang dibanding kompetitornya seperti Nissan X-Trail, Mazda CX-5 dan Honda CR-V, dan juga lebih ganteng dibanding SUV bongsor seperti Mitsubishi Pajero Sport yang banyak dikritik desain bokongnya dan Toyota Fortuner yang biasa-biasa saja.

Masuk ke interior, penumpang SUV 7 seater ini akan disuguhi tampilan dashboard yang terasa mewah, baik dari desainnya maupun bahannya yang lembut, tebal dan kokoh. Desain doortrim dan kursinya yang memanjakan mata, membuat mobil ini berada pada level yang sama dengan mobil-mobil premium Eropa. Full panoramic sunroof pada bagain atapnya juga menambah nuansa modern yang mewah pada interior Santa Fe.

 

2. Kualitas Eksterior dan Interior yang Sangat Bagus

Build quality Hyundai Santa Fe benar-benar berkelas. Plat body yang tebal dan pemasangan yang presisi membuat mobil ini tampak benar-benar rapi pada detailnya. Pada bagian interior, bahan dashboar dan doortrim dibuat dari plastic berkualitas tinggi dan soft touch pada permukaannya, sehingga benar-benar terasa ini adalah mobil mewah. Menurut kami, build quality Hyundai Santa Fe lebih baik dari SUV Jepang terlaris seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

 

Santa Fe 2016 Indonesia-Interior
Santa Fe 2016 Indonesia-Interior

 

3. Performa Mesin Tersangar di Kelasnya

Jika sobat mencari mobil SUV yang besar tenaganya, maka Hyundai Santa Fe adalah rajanya. Ini adalah SUV yang paling sangar tenaga dan torsinya, bahkan lebih besar dari Pajero Sport dan Fortuner yang berbadan lebih bongsor. Sehingga bagi sobat penikmat torsi dan tenaga, akan merasakan perbedaan signifikan saat mengendarai Santa Fe, tarikannya terasa lebih instan dibanding SUV 7 seater lainnya.

 

Tenaga dan torsi besar itu ada pada tipe bermesin Diesel, yaitu CRDI 2.2 liter, 4-silinder dengan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang mampu menyemburkan tenaga buas hingga 197 PS pada 3800 rpm dan torsi raksasa hingga 445 Nm pada 2500 rpm. Tenaga Santa Fe ini jauh mengungguli para kompetitornya seperti Pajero Sport diesel yang hanya bertenaga 181 PS dan Torsi 430 Nm, padahal dengan tenaga itu, Pajero Sport sudah terasa bengis saat dipacu.

 

Sedangkan Santa Fe bermesin bensin, tenaga yang bisa dihasilkan dapurpacunya adalah 176 PS pada 6000 rpm dan torsi 225 Nm pada 3750 rpm. Hentakan tenaga Santa Fe bensin terasa lebih kalem dibanding versi CRDi yang garang sejak putaran bawah.

 

4. Pengendalian yang Mantap

Meskipun tidak dilengkapi fitur stability control, Hyundai Santa Fe terasa mantap saat dikendarai pada kecepatan tinggi. Hal ini terjadi berkat frame monokok yang rigit dan dimensinya yang rendah serta desain aerodinamis. Rasa mengendarai sedan masih ada, walau ini adalah seekor SUV dengan body yang bongsor.

 

5. Kenyamanan Superior

Hyundai mengklaim bahwa SUV terlarisnya ini memberikan kenyamanan sekelas mobil sedan pada interiornya. Bentuk yang gagah dan dimensi yang besar, tidak lantas membuat mobil ini terasa mobil yang berat layaknya SUV ladder frame seperti Toyota Fortuner dan Pajero Sport. Hal itu terjadi berkat tenaga dan torsinya yang besar, sehingga daya geraknya terasa lebih dari cukup.

Kursi Santa Fe yang didesain sangat ergonomis dan sudah dibalut pelapis kulit memberikan kenyamanan yang superior sekaligus citarasa kemewahan mobil premium Eropa.

Suspensi yang empuk khas Hyundai juga memberi citarasa kenyamanan mobil-mobil Eropa, karena memang mobil-mobil Hyundai didesain oleh para desainer Eropa yang merupakan mantan desainer-desainer kawakan brand terkenal seperti Volkswagen, BMW dan lain sebagainya.

kelegaan kabin Santa Fe juga terbilang lega, meskipun pada baris ketiga tidak selega milik SUV ladder frame, tapi disbanding kompetitornya yang lebih sepadan seperti Nissan X-Trail, kelegaan kabin Hyundai Santa Fe lebih baik.

Analogi perbandingan kenyamanan Hyundai Santa Fe dari SUV ladder frame seperti Pajero Sport dan Fortuner adalah seperti nyamannya Innova dibanding Avanza. Jadi, jika sobat bisa membayangkan kenyamanan berkendara di dalam Fortuner, maka Hyundai Santa Fe akan jauh lebih nyaman.

 

6. Full Panoramic Sunroof

Panoramic sunroof merupakan fitur mewah untuk mobil di Indonesia, sehingga keberadaannya menjadi identitas bahwa mobil tersebut adalah mobil mewah. Namun sunroof Hyundai Santa Fe melebihi standar kemewahan mobil dengan fitur ini pada umumnya, yaitu full panoramic sunroof dari bagian depan hingga kabin paling belakang.

 

Semua penumpang Santa Fe di ketiga baris kursi bisa menikmati pemandangan langit saat dalam perjalanan dan ruang kabin yang terang benderang pada siang hari. Atap kaca pada bagian depan dapat dibuka, jika ingin menikmati udara luar, dengan bukaan yang cukup lebar hingga sebagian dari keseluruhan atap. Sedangkan SUV Jepang 7 penumpang yang memiliki fitur sunroof hanya Pajero Sport, itu pun berukuran kecil di atas kabin depan. Satu-satunya SUV yang memiliki fitur yang sama adalah saudara Santa Fe dari KIA, yaitu Sorento.

 

7. Kabin yang Lapang

Kabin Hyundai Santa Fe sangat lapang, khususnya pada baris pertama dan kedua. Pada baris ketiga memang tidak selapang Pajero Sport, namun jika dibandingkan dengan Nissan X-Trail, kabin baris ketiga Santa Fe terasa lebih lega bagi orang dewasa.

 

Head room dan leg room Santa Fe snagat mencukupi dan memberi kenyamanan untuk perjalanan jauh, walau dimensi SUV ini sebenarnya cukup rendah. Frame monokok dan suasana interior sedan memberi kemiringan posisi duduk yang santai pada penumpang.

 

8. Bird View Cammera

Pada Hyundai Santa Fe facelift 2016 tipe tertinggi, head unit sudah berbentuk monitor layar sentuh yang juga menampilkan visualisasi dari kamera parkir dan bird view, sehingga memudahkan pengemudi memarkir kendaraan. Fitur ini tidak ada pada Pajero Sport dan Fortuner, tapi ada pada Nissan X-Trail.

 

KEKURANGAN / KELEMAHAN

 

1. Fitur Tidak Selengkap Versi Eropa

Hyundai Santa Fe dijual di Indonesia secara Completely Build Up (CBU) layaknya mobil-mobil mewah dari Eropa. Santa Fe diimpor langsung dari Korea Selatan dalam bentuk utuh, sehingga harganya menjadi cukup mahal.

 

Untuk menekan harga jual agar tetap kompetitif di Indonesia, sehingga mampu bersaing dengan SUV sejuta umat seperti Fortuner dan Pajero Sport, mau tidak mau Hyundai harus melakukan strategy mengurangi biaya produksi.

 

Hal yang paling logis dan tidak kentara secara visual adalah mengurangi fitur-fitur yang berbiaya tinggi, seperti airbags pada semua kabin, fitur Hill Start Assist, Stability Control, Traction Control, fitur-fitur canggih pengereman dan keamanan yang ada pada Santa Fe versi Eropa dan Amerika, dan lain sebagainya.

 

2. Harga yang Masih Tergolong Mahal

Meskipun sudah melakukan berbagai pengurangan fitur, harga jual Santa Fe tetap tergolong mahal. Status sebagai barang mewah impor tetap memberi konsekuensi harga jual on the road yang mahal. Memang sudah mampu bersaing dengan Pajero Sport dan Fortuner, tapi untuk tipe tertinggi tetap terbilang mahal.

 

Namun sebenarnya bagi sobat pecinta kenyamanan mengemudi dan menyukai impresi kenyamanan sedan dalam seekor SUV besar, harga yang ditebus cukup sepadan. Karena kenyamanan tersebut tidak akan sobat temukan di SUV Jepang dengan harga 500 jutaan, kenyamanan superior Hyundai Santa Fe harus ditebus mahal dengan SUV Eropa seperti Mercedes atau BMW.

 

3. Visibilitas di Kabin Belakang kurang Bagus

Desain fluidic Sclupture pada kaca samping membentuk kaca yang makin lancip ke bagian belakang, sehingga penumpang belakang tidak memiliki view yang luas pada kaca samping. Jadi duduk di kabin baris ketiga memang akan terasa cukup terisolasi dari lingkungan luar mobil, jika sunroof tidak dibuka.

 

4. Kursi baris kedua tidak dapat dilipat penuh

 Akses ke kabin belakang cukup sulit bagi orang dengan postur tubuh besar atau gemuk. Kursi baris kedua Hyundai Santa Fe hanya bisa dilipat sandarannya saja, sedangkan tempat duduknya tidak dapat dilipat. Hal ini menyebabkan sulitnya akses ke baris ketiga. Untuk masuk ke baris ketiga, kursi baris kedua bisa dilipat setengah dan kemudian disliding penuh ke depan, hingga ada celah untuk masuk ke kabin baris ketiga.Hal ini sama dengan akses ke baris belakang Suzuki Ertiga. Jadi baris ketiga lebih cocok untuk anak-anak saja yang bertubuh kecil dan lincah. Jika dipaksa untuk orang dewasa, sebenarnya bisa saja untuk orang berpostur 170an cm.

Baca juga: Pilihan SUV Besar 7 Penumpang di Indonesia

Demikianlah beberapa keunggulan dan kelemahan Hyundai Santa Fe yang dijual di Indonesia. Semoga informasi ini berguna bagi sobat yang ingin membeli Hyundai Santa Fe. Sehingga memahami apa saja kelebihan yang akan dinikmati dan kekurangan yang harus dimaklumi.

Menurut kami, Hyundai Santa Fe adalah mobil SUV yang layak dijadikan mobil impian. Karena mobil ini dibuat untuk memberikan kenyamanan yang superior, tampilan yang stylist modern dan juga tenaga yang berlimpah. Santa Fe cocok dijadikan mobil keluarga, karena akan memanjakan penumpangnya dengan kenyaman, suasana interior yang mewah dan modern, serta full panoramic sunroof yang membuat suasana interior terasa terkoneksi dengan lingkungan luar mobil.

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *