Belanda Larang Mobil Diesel dan Bensin pada 2030, Lebih Cepat dari Inggris dan Prancis

CaruserMagz.com – Pemerintah Belanda telah mengajukan rencana untuk melarang penjualan mobil bermesin bakar, baik diesel maupun bensin mulai tahun 2030. Ini merupakan salah satu usaha untuk mengurangi emisi CO2 di negara tersebut.

 
Koalisi partai-partai politik yang mendukung pemerintah Belanda menyepakati untuk menargetkan penurunan 49% emisi C02. Mereka meyakini bahwa salah satu langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut adalah melarang perederan mobil bermesin bakar seperti diesel dan petrol engine.

 
Belanda menargetkan waktu mulai pelarangan lebih cepat dari beberapa Negara Eropa lainnya. Negara lain yang sudah mendeklarasikan niatnya adalah Prancis dan Inggris yang berniat menghentikan penjualan kendaraan bensin dan solar pada tahun 2040.

 
Di Asia, China dan Indonesia juga ingin mengikuti tren tersebut dengan menyatakan pelarangan mobil bermesin bakar beberapa dekade ke depan. Di Amerika, baru Negara bagian California yang menyatakan niatnya untuk menerapkan rencana serupa.

 
Langkah lain yang direncanakan Pemerintah Belanda adalah menutup semua pabrik yang membakar batubara di perbatasannya pada tahun 2030.

 
Dengan demikian, Belanda akan mengubah mode transportasinya ke kendaraan full elektrik. Kondisi terkini, baru sekitar 6,4% dari mobil-mobil di Belanda yang bertenaga full elektrik. Penjualan kendaraan bertenaga listrik terus meningkat berkat subsidi yang diberikan Pemerintah, yaitu sebesar 47% pada tahun 2016.

 
Negara-Negara di Eropa merupakan wilayah yang cukup parah polusi udara akibat emisi kendaraan bermotor. Dapat kita bayangkan dengan luasan wilayah tidak sebesar benua lain, Eropa merupakan area yang paling banyak penjualan mobilnya di dunia. Hal itu terlihat dari brand Volkswagen yang mengantongi angka penjualan tertinggi selama bertahun-tahun, ternyata paling banyak di beli oleh konsumen Eropa.

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *